DEPOK-KAWASAN-MELESTARIKAN PENINGGALAN SEJARAH KOTA DEPOK BERSAMA, DPOK HERITAGE COMMUNITY-KIKI-1100 px X 600 px-03.jpg

Berita Kawasan

Melestarikan Peninggalan Sejarah Bersama Depok Heritage Community

Depok merupakan kota yang berada di tengah-tengah Kota Jakarta dan Kota Bogor. Daerah Depok masuk menjadi wilayah administratif Jawa Barat, lokasinya diapit oleh dua daerah yang penuh dengan sejarah membuat Depok, Jawa Barat juga memiliki sejarahnya sendiri. Hal ini mendorong beberapa masyarakat membuat komunitas yang dinamakan Depok Heritage Community.

Komunitas ini berdiri sejak 5 Juli 2011 dengan mengawali kegiatannya dengan berkeliling Kota Depok dengan sepeda ontel. Dikutip dari komunita.id, saat berkeliling kota, komunitas ini banyak menemukan bangunan tua yang memiliki nilai sejarah di Depok, khususnya daerah Depok Lama. Karena temuan ini, membuat mereka ingin mengorek sejarah Kota Depok lebih dalam.

Depok Heritage Community

Depok Heritage Community bertujuan untuk melestarikan sejarah Kota Depok. Dikutip dari republika.com, komunitas ini khawatir jika sejarah Kota Depok akan hilang dan terlupakan. Terlebih lagi, banyak situs-situs bernilai sejah yang hilang karena kepentingan bisnis semata.

Komunitas ini memiliki berbagai macam aktivitas diantaranya mempromosikan sejarah Depok kepada pelajar dan guru di sekolah yang ada di Depok. Selain itu, komunitas ini juga aktif menginformasikan sejarah Kota Depok ke komunitas lain agar pengetahuan tentang sejarah Kota Depok makin diketahui banyak orang. Para anggota juga rutin melihat lokasi bersejarah ayng masih tersisa di daerah Depok. Biasanya setiap minggu kedua dan keempat, para anggota komunitas ini berkumpul di Kantor Pos Depok.

[Baca Juga: Tol Cinere Jagorawi Tingkatkan Investasi Kota Depok]

Kantor Pos di Depok merupakan kantor pos pertama yang ada di Kota Depok. Komunitas ini juga turut mendesak pemerintah Kota Depok untuk menyelamatkan peninggalan sejarah dan mengangkat aset budaya yang masih ada di Depok. Menurut, Ratu Farah Diba, Ketua Depok Heritage Community, jumlah peninggalan sejarah di Kota Depok sebenarnya cukup banyak, terlebih lagi peninggalan dari masa kolonial. Namun, tanpa sadar pembangunan infrastruktur yang pesat di Kota Depok merusak asset bersejarah di Depok.

#SaveTheHeritage Depok Heritage Community

Komunitas ini ingin menghindari kejadian pembangunan yang harus mengorbankan aset bersejarah. Pada 2013, Depok harus rela kehilangan Pabrik Pembakaran Kapur yang jadi asal usul nama Jalan Pekapuran. Lalu, demi digunakan sebagai SPBU, Kota Depok juga rela harus kehilangan rumah tertua dari keluarga budak penguasa pertama Depok Cornelis Chastelein. Padahal rumah ini diduga sebagai rumah pertama masyarakat Depok.

[Baca Juga: Komunitas Salihara, Ruang Ekspresi Seniman di Jakarta Selatan]

Anda yang menggemari sejarah, bisa bergabung dengan komunitas ini dengan datang ke Perumahan Pondiok Sukatani Permai, Jl. Ceri III Blok CC6 No.18, Tapos, Depok, Jawa Barat. Dikutip dari depok.go.id, Depok Heritage Community berharap kedepannya mereka bisa mendapat pengakuan dan keberadaannya dikukuhkan sebagai mitra dalam sosialisasi sejarah Kota Depok. Selain itu mereka juga berharap kawasan Depok Lama bisa dilestarikan dan dijadikan Kawasan Wisata Sejarah dan dijadikan cagar budaya.

Read More

Artikel Lainnya

Sensus Penduduk Tetap Berjalan Secara Daring Selama Pandemi COVID-19

Berita Kawasan

Sensus Penduduk Tetap Berjalan Secara Daring Selama Pandemi COVID-19

07 April 2020, 11:00

Menurut data Disdukcapil Kota Tangerang, per 2 April, sejumlah 103.667 keluarga Kota Tangerang telah berpartisipasi sensus penduduk online 2020.

Kemendikbud Akan Beri Sertifikat Penghargaan 15.000 Relawan Mahasiswa

Pendidikan

Kemendikbud Akan Beri Sertifikat Penghargaan 15.000 Relawan Mahasiswa

07 April 2020, 10:00

Relawan mahasiswa kesehatan yang membantu menangani COVID-19 ini akan diberikan sertifikat yang dapat dikonversikan menajdi SKS.

4 Rekomendasi Film Romantis Selama Isolasi Diri

Berita Kawasan

4 Rekomendasi Film Romantis Selama Isolasi Diri

07 April 2020, 09:00

Film-film romantis berikut bisa temani Anda isolasi diri di rumah. Ada empat film pilihan kami yang bisa ditonton dari beberapa aplikasi streaming film.

Terminal Giwangan Rajin Disinfeksi untuk Antisipasi Covid-19

Berita Kawasan

Terminal Giwangan Rajin Disinfeksi untuk Antisipasi COVID-19

07 April 2020, 08:00

Sebagai salah satu upaya untuk mencegah menyebarnya Virus Corona, Terminal Giwangan rajin didisinfeksi per tiga hari.


Comments


Please Login to leave a comment.