BOGOR-KAWASAN-MELESTARIKAN PUSAKA BERSAMA KAMPOENG BOGOR-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Melestarikan Pusaka Bogor Bersama Kampoeng Bogor

Mencintai peninggalan budaya dan sejarah yang ada di suatu daerah merupakan sebuah keharusan. Jika tidak dikenal, dilestarikan, maka peninggalan yang berharga tersebut akan dengan mudah hilang ditelan zaman. Berbagai upaya dilakukan pemerintah dan masyarakat berbondong-bondong untuk melestarikan peninggalan sejarah yang ada. salah satu daerah yang memiliki peninggalan sejarah yang cukup banyak adalah Bogor, Jawa Barat. Saat memasuki Kota Hujan, Anda mungkin akan langsung merasakan dan melihat berbagai peninggalan sejarah yang ada di sana.

Untuk membantu kinerja pemerintah melestarikan pusaka Bogor, sebuah komunitas fokus membangun pengetahuan dan gagasan tetang Bogor melalui studi dan kegiatan yang bermanfaat. Komunitas yang melestarikan budaya dan pusaka Kota Bogor, Jawa Barat, itu bernama Kampoeng Bogor.

[Baca Juga: The Climbing Tree Indonesia Nikmati Alam dari Atas Pohon]

Kampoeng Bogor dibentuk sejak Februari 2007. Awalnya komunitas ini sering berkumpul rutin untuk unjuk bakat dan melakukan hobi dan aktivitas bersama. Namun seiring berjalannya waktu, mereka memilih untuk fokus melestarikan Kota Bogor. Tujuannya menjadikan Bogor sebagai rumah yang nyaman dan aman bagi para penghuninya.

Dilansir dari lifestyle.kontan.co.id (13/11/2018), Kampoeng Bogor memiliki tiga tujuan, yaitu mengetahui informasi, asal-usul tempat dan bangunan yang ada di Kota Bogor. Kampoeng Bogor juga ingin membuat media mengenai Kota Bogor, dan yang terakhir, ingin menyebarkan informasi mengenai kota hujan ini secara lebih luas.

Dilansir dari laman resminya, Kampoeng Bogor memiliki tiga program utama yaitu Melek Bogor, Cerita Kota, dan Kerja Gambar. Melek Bogor adalah direktori aset pusaka kota berbasis data spasial, Cerita Kota adalah upaya mengumpukan narasi-narasi kecil tentang Bogor dalam bentuk kontribusi dari warga maupun kumpulan berita yang termuat dalam media daring, lalu Kerja Gambar adalah bentuk demontrasi bagaimana metode visual dapat digunakan utnuk memproduksi dan mengkomunikasikan pengetahuan tentang budaya dan masyarakat melalui bekerja sama dengan seniman foto dan video.

[Baca Juga: Belajar Sejarah di Museum Perjoangan Bogor]

Jika Anda ingin bergabung menjadi salah satu bagian Kampoeng Bogor, Anda bisa langsung mengunjungi sekertariat yang berlokasi di Perumnas Bantar Jari Gang Kalam, Jl. Arzimar RT03 RW10, Tegal gundil, Bogor, Jawa Barat.

Read More

Artikel Lainnya

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

Bisnis

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

19 February 2020, 21:00

Keluarga teranyar dari C Series dengan julukan Triple Camera, Game Monster akhirnya resmi diluncurkan di pasar Indonesia.

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Kamu Kapan

Berita Kawasan

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan?

19 February 2020, 20:00

Revolusi industri 4.0 hampir menyentuh di segala lini. Kemajuan zaman telah menghasilkan disrupsi atau inovasi, sistem lama yang serba fisik pun kini tergantikan sistem baru yang serba digital dan efisien.

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Berita Kawasan

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

19 February 2020, 19:00

Ternyata terdapat makna budaya yang kuat di dalam eksistensi dari Kampung Betawi Setu Babakan. Pembangunannya memang ditujukan untuk menguatkan akar budaya Betawi di Jakarta.

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

Berita Kawasan

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

19 February 2020, 18:00

Pemerintah Kota Jakarta Timur akan bangun gedung baru Kantor Kelurahan Kramat Jati. Pemerintah Kota Jakarta Timur sedang mempersiapkan proses lelang.


Comments


Please Login to leave a comment.