BOGOR-KAWASAN-MELESTARIKAN PUSAKA BERSAMA KAMPOENG BOGOR-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Melestarikan Pusaka Bogor Bersama Kampoeng Bogor

Mencintai peninggalan budaya dan sejarah yang ada di suatu daerah merupakan sebuah keharusan. Jika tidak dikenal, dilestarikan, maka peninggalan yang berharga tersebut akan dengan mudah hilang ditelan zaman. Berbagai upaya dilakukan pemerintah dan masyarakat berbondong-bondong untuk melestarikan peninggalan sejarah yang ada. salah satu daerah yang memiliki peninggalan sejarah yang cukup banyak adalah Bogor, Jawa Barat. Saat memasuki Kota Hujan, Anda mungkin akan langsung merasakan dan melihat berbagai peninggalan sejarah yang ada di sana.

Untuk membantu kinerja pemerintah melestarikan pusaka Bogor, sebuah komunitas fokus membangun pengetahuan dan gagasan tetang Bogor melalui studi dan kegiatan yang bermanfaat. Komunitas yang melestarikan budaya dan pusaka Kota Bogor, Jawa Barat, itu bernama Kampoeng Bogor.

[Baca Juga: The Climbing Tree Indonesia Nikmati Alam dari Atas Pohon]

Kampoeng Bogor dibentuk sejak Februari 2007. Awalnya komunitas ini sering berkumpul rutin untuk unjuk bakat dan melakukan hobi dan aktivitas bersama. Namun seiring berjalannya waktu, mereka memilih untuk fokus melestarikan Kota Bogor. Tujuannya menjadikan Bogor sebagai rumah yang nyaman dan aman bagi para penghuninya.

Dilansir dari lifestyle.kontan.co.id (13/11/2018), Kampoeng Bogor memiliki tiga tujuan, yaitu mengetahui informasi, asal-usul tempat dan bangunan yang ada di Kota Bogor. Kampoeng Bogor juga ingin membuat media mengenai Kota Bogor, dan yang terakhir, ingin menyebarkan informasi mengenai kota hujan ini secara lebih luas.

Dilansir dari laman resminya, Kampoeng Bogor memiliki tiga program utama yaitu Melek Bogor, Cerita Kota, dan Kerja Gambar. Melek Bogor adalah direktori aset pusaka kota berbasis data spasial, Cerita Kota adalah upaya mengumpukan narasi-narasi kecil tentang Bogor dalam bentuk kontribusi dari warga maupun kumpulan berita yang termuat dalam media daring, lalu Kerja Gambar adalah bentuk demontrasi bagaimana metode visual dapat digunakan utnuk memproduksi dan mengkomunikasikan pengetahuan tentang budaya dan masyarakat melalui bekerja sama dengan seniman foto dan video.

[Baca Juga: Belajar Sejarah di Museum Perjoangan Bogor]

Jika Anda ingin bergabung menjadi salah satu bagian Kampoeng Bogor, Anda bisa langsung mengunjungi sekertariat yang berlokasi di Perumnas Bantar Jari Gang Kalam, Jl. Arzimar RT03 RW10, Tegal gundil, Bogor, Jawa Barat.

Read More

Artikel Lainnya

Tips Menambah Jaringan Bisnis Selama Pandemi COVID-19

Bisnis

Walau Pandemi, Jalani Tips ini untuk Menambah Jaringan Bisnis

29 November 2020, 18:11

Meskipun tidak bertemu langsung, ada banyak peluang untuk memperluas jaringan bisnis dan membangun hubungan profesional baru.

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

Kecantikan dan Fashion

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

29 November 2020, 12:01

Koleksi T-shirt Bogart ini akan disajikan sebagai penjualan pribadi bersamaan dengan lelang online barang-barang Supreme langka lainnya.

Tentang Bulimia, Gangguan Makan yang Diderita Putri Diana

Kesehatan

Kenali Bulimia, Gangguan Makan Putri Diana

28 November 2020, 17:08

Alur cerita The Crown Season 4 telah menghidupkan kembali pembicaraan tentang gangguan makan tersebut dalam kehidupan nyata Putri Diana, Princess of Wales.

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

Kuliner

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

28 November 2020, 10:08

Orang Sunda mengenal kemangi dengan sebutan seraung atau lampes. Lampes juga nama yang dikenal bagi orang Jawa. Selain di Pulau Jawa, daun kemangi juga banyak dipakai dalam masakan di Indonesia bagian timur.


Comments


Please Login to leave a comment.