Melestarikan Tarian Betawi di Setu Babakan 2.jpg

Berita Kawasan

Melestarikan Tarian Betawi di Setu Babakan

Pemerintah daerah telah menetapkan Setu Babakan sebagai Cagar Budaya untuk melestarikan kebudayaan Betawi. Di tempat ini, berbagai kegiatan dengan nuansa Betawi kerap ditampilkan. Termasuk penampilan dari sanggar tari Setu Babakan. Salah satu sosok yang mendorong kesenian Betawi agar tetap terjaga eksistensinya adalah Andi Supardi atau yang dikenal dengan panggilan Andi Kubil.

Dilansir dari laman beritajakarta.id (07/03/2019) Andi Kubil, sejak tahun 2001 telah berkiprah menjadi instruktur tari Betawi. Pada tahun 2004, Andi menekuni kegiatannya di Sanggar Tari Setu Babakan, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Andi Kubil Melestarikan Tarian Betawi di Setu Babakan

Andi menuturkan, saat ini terdapat 60 peserta yang mengikuti pelatihan di Sanggar Tari Setu Babakan. "Situasinya sangat dinamis. Minat masyarakat, khususnya remaja dan anak-anak yang ingin berlatih cukup tinggi," ujarnya.

Ia berharap, melalui sanggar tersebut eksistensi dan kreativitas dalam melestarikan serta mengembangkan seni budaya Betawi dapat terus dilakukan."Saya akan terus berjuang agar seni budaya Betawi bisa terus lestari dan dicintai generasi muda," terangnya.

Andi menjelaskan, pelatihan yang diberikan di sanggar di antaranya, Tari Topeng, Tari Cokek, Tari Lenggang Nyai, dan Tari Sirih Kuning.

[Baca Juga: Silat Beksi Haji Hasbullah Atraktif dan Energik]

Pengunjung yang datang ke Setu Babakan, bisa ikut melihat mereka latihan menari setiap hari Rabu dan Minggu pada pukul 10.00. Selain latihan menari, anak-anak yang berlatih juga diajarkan bermusik, gelaran lenong dan silat. "Selain tari, kami juga memberikan pelatihan gambang kromong, lenong, silat, keroncong dan kasidah," ungkapnya.

Menurutnya, pelatihan terbuka bagi siapa saja dan untuk berbagai kalangan usia. Bagi yang ingin mengikuti pelatihan bisa datang langsung dan mendaftar di sanggar. "Ada iuran per bulan yang sangat murah, hanya Rp15.000," ucapnya.

[Baca Juga: Makanan Khas Betawi Sebagai Oleh-oleh dari Jakarta]

Ia menambahkan, bagi peserta yang sudah dinilai mahir maka akan diajak mengikuti pentas-pentas maupun festival. Sehingga, mereka juga bisa semakin mengasah kemampuannya.

Andi mengapresiasi peran dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang semakin memberikan ruang bagi penggiat maupun pelaku seni budaya Betawi untuk berkarya dan berkreativitas. "Kami sering dilibatkan untuk mengisi acara yang diselenggarakan Pemprov DKI. Semoga sangar-sangar di Jakarta bisa terus tumbuh dan eksis," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dunia Usaha dan Pariwisata di Kota Batu, Bantu Cegah COVID-19

Berita Kawasan

Banyak Bendera Hijau di Kota Batu, Libur Lebaran akan Ramai

16 April 2021, 12:01

Tren angka terjangkit COVID-19 di Kota Batu dapat dikendalikan dengan baik. Hal ini menjadi salah satu dasar bagi tempat wisata untuk tetap buka ketika libur Lebaran 2021.

Pemkot Bogor Sambut Baik Perpanjangan SIM Secara Online.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Sambut Baik Perpanjangan SIM Secara Online

16 April 2021, 11:17

Wali Kota Bogor bersama dengan Kapolresta Bogor Kota mengikuti launching aplikasi SIM Nasional Presisi atau SINAR untuk pembuatan SIM baru serta perpanjangan SIM A dan C oleh Kapolri secara virtual di Mako Polresta Bogor Kota, Selasa (13/4/2021).

safari-ramadan.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Medan Ajak Jamaah dan Alim Ulama Dukung Program Masjid Mandiri

16 April 2021, 10:28

Ajakan ini disampaikanya saat melakukan Safari Ramadan di Masjid Al Furqon, Jalan Pasar I, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, (15/4/2021) sore.

Akuakultur

Pendidikan

Mengenal Prodi Akuakultur FPIK UNDIP, Mimpi Perikanan Masa Depan

16 April 2021, 10:15

“Saat ini dunia akuakultur mengalami perkembangan yang sangat signifikan termasuk pula industrinya,” kata Dr Ir Sarjito MappSc selaku Ketua Departemen Akuakultur.


Comments


Please Login to leave a comment.