MELIHAT CERUK PASAR SEKTOR PROPERTI DI TEBET

Properti dan Solusi

Melihat Ceruk Pasar Sektor Properti di Tebet

Meski diklaim memiliki lahan yang semakin terbatas, namun nyatanya perkembangan properti di Jakarta terus berjalan. Seperti di kawasan Tebet Jakarta Selatan yang mulai ramai dengan apartemen, perkantoran, dan pusat bisnis. Berdirinya beragam properti di Tebet ini pun menjadi tanda dari pertumbuhan properti di kawasan ini. Dukungan fasilitas dan sarana aksesibilitas yang lengkap kian membuat kawasan ini semakin profitable.

Sebut saja deretan apartemen Samara Suite, Signature Park, dan Bellevue Place. Sedangkan untuk perkantoran ada Menara MTH dan SOHO Pancoran. Tidak hanya sebatas apartemen dan perkantoran, properti di Tebet juga kian menggoda banyak investor sebagai sektor yang prestisius. Infrastruktur di kawasan ini terbilang sangat memadai, khususnya akses dan sarana transportasi publiknya.

Potensi pertumbuhan properti di tebet ini tidak bisa dilepaskan dengan perkembangan wilayah lainnya. Potensi itu bisa dilihat dari daerah komersial, perkantoran, dan apartemen di kawasan Tebet yang menarik minat banyak investor dan pelaku bisnis untuk menginvestasikan dana ke kawasan ini. Jika melihat peluang ini, Tebet cukup bisa dikatakan berpotensi menjadi pusat bisnis (central business district) kedua di Jakarta.

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda pada diskusi Ready to Take Off 2018 pada 1 Maret 2018 menilai, sejak awal 2018, ada kenaikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di kawasan sekitar Tebet, MT Haryono hingga Cawang berkisar antara Rp30 juta sampai Rp40 juta per meter persegi. Sementara penawaran dari pemilik lahan (asking price) di pasar mencapai Rp60 juta - Rp70 juta per meter persegi.

Kawasan ini juga dinilai Ali Tranghanda akan menjadi perluasan area segitiga pusat bisnis atau central business distric (CBD) Sudirman - Thamrin - Kuningan - Gatot Subroto. Alasannya, lokasi ini paling dekat dan terkoneksi langsung, selain menjadi hub berbagai moda transportasi massal termasuk jalan tol layang Jakarta - Cikampek dan Jalan Tol Radial Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu).

Ke depannya, dengan semakin langkanya stok tanah dan padatnya populasi kota, hunian dengan konsep transit oriented development (TOD) akan naik daun. Artinya, hunian yang lebih dekat dengan CBD memiliki prospek lebih cerah ketimbang yang hanya menumpuk di satu lokasi.

Contohnya adalah proyek terpadu (mixed use) Synthesis Square yang dibangun di atas lahan seluas 1,6 hektare di Jalan Gatot Subroto, Pancoran, Tebet, Jakarta Selatan. Properti ini menggabungkan apartemen dengan perkantoran, pusat ritel dan hotel. Salah satunya yang ada didalamnya adalah apartemen bisnis Samara Suites yang terdiri dari 292 unit.

Apartemen yang menggabungkan konsep apartemen konvensional dengan apartemen servis itu membuat penghuninya bisa tinggal di apartemen dengan pelayanan layaknya di hotel bintang lima. Bila ingin disewakan, pemiliknya juga bisa menyewakannya melalui manajemen pengelola apartemen. Harga yang ditawarkan berdasarkan www.samarasuites-synthesis.com pada 23 Agustus 2018, untuk tipe 1 bedroom mulai Rp1,9 miliaran, 2 bedroom mulai Rp2,6 miliaran, dan 3 bedroom mulai dari Rp4,1 miliaran .

Untuk fasilitas, Samara Suites menyediakan co-working space, business center, dan meeting room, selain fasilitas lain seperti kolam renang, fitness center, barbeque area, coffee shop, reflection garden, sauna, dan convenience store. Samara Suites menyediakan komposisi hunian dengan tipe unit 1 bedroom, 2 bedroom dan 3 bedroom, dilengkapi fasilitas mewah dan parkir 5 basement.

Kemudian ada SOHO Pancoran yang dibangun oleh PT. Cipta Pesona Karya (CPK) dan dikembangkan oleh Agung Podomoro Land (APL). SOHO Pancoran berdiri di atas lahan seluas 7.700 meter persegi yang berlokasi di Jalan MT Haryono, Tebet, Jakarta Selatan. Dengan menerapkan konsep Small Office Home Office, SOHO Pancoran terdiri dari 346 unit yang terdiri dari 2 tower, yakni Splendor Wing dengan tinggi 30 lantai dan Noble Wing setinggi 20 lantai.

Selain sebagai kantor, unit yang ada di SOHO Pancoran juga bisa digunakan sebagai hunian dengan berbagai pilihan tipe unit, mulai dari 96 meter persegi hingga 132 meter persegi, dan ketinggian 5.8 meter serta balkon di setiap unitnya. Ada banyak jenis tipe yang ditawarkan mulai dari Avenue, Manhattan & York, Vermont, Astoria, Newport, Dover, Melrose, Maple, Dakota, Ebony, Brighton, dan Hampton.

Harga jual berdasarkan www.jual-apartemen.com pada 23 Agustus 2018 untuk tipe bedroom loft dengan 2 kamar mandi seluas 102 meter persegi dipasarkan seharga Rp3,1 miliar atau harga sewa senilai Rp200 juta per tahun.

SOHO Pancoran juga memiliki fasilitas lengkap dan mewah. Seperti kolam renang dan kolam renang anak-anak, fitness center, sky lobby, hall yang multifungsi, sky garden, sky terrace, taman bermain untuk anak-anak, supermarket, pusat lifestyle, akses internet, dan pengawasan dengan CCTV 24 jam nonstop.

Read More

Artikel Lainnya

Sejumlah Peserta Ikut Aksi Global Climate Strikes

Berita Kawasan

Greta Thunberg Inspirasi Aksi Global Climate Strikes di Jakarta

20 September 2019, 18:00  |  4 Views

Aksi Global Climate Strikes yang digagas Greta Thunberg diikuti pula oleh sejumlah anak-anak muda di Indonesia. Siapakah dia?

Sony Indonesia Umumkan Juara Sony Eco Shopping Bag Contest

Bisnis

Sony Indonesia Umumkan Juara Sony Eco Shopping Bag Contest

20 September 2019, 17:00  |  10 Views

Sony Eco Shopping Bag Design Contest menjadi salah satu langkah untuk upaya memelihara lingkungan hidup. Seorang mahasiswa di Jakarta berhasil memenangkan kontes yang diadakan Sony Indonesia tersebut.

Bank DBS Indonesia Kembali Hadirkan SE Bootcamp 2019

Bisnis

Bank DBS Indonesia Kembali Hadirkan SE Bootcamp 2019

20 September 2019, 16:00  |  13 Views

Sebagaimana bentuk kepedulian DBS Foundation terhadap wirausaha sosial di Indonesia, SE Bootcamp kembali hadir.

Kabupaten Bekasi Resmikan Rawa Binong Sebagai Tempat Wisata

Berita Kawasan

Kabupaten Bekasi Resmikan Rawa Binong Sebagai Tempat Wisata

20 September 2019, 15:00  |  8 Views

Usai diresmikan Rawa Binong bahkan direncanakan menjadi pusat oleh-oleh dan cenderamata Kabupaten Bekasi. Sudah pernah ke sana?


Comments


Please Login to leave a comment.