BEKASI-KAWASAN-MELIHAT KEINDAHAN BATIK KHAS BEKASI YANG JARANG DIKENAL-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Melihat Keindahan Batik Khas Bekasi yang Jarang Dikenal

Bekasi merupakan salah satu daerah di Jawa Barat. Karena berbatasan langsung dengan wilayah DKI Jakarta, kebudayaan Bekasi lebih beragam. Budaya Bekasi kental dengan campuran budaya betawi dan sunda, salah satu bentuk percampuran budaya ada pada batik khas Bekasi. Siapa yang sangka kalau kota industri ini memiliki batik tersendiri? Batik khas Bekasi ini menggambarkan keberagaman budaya yang ada di Kota Patriot ini.

[Baca Juga: Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Bekasi Siap Fasilitasi Promosi UMKM]

Biasanya motif batik khas Bekasi menggambarkan perjuangan Kota Patriot ketika berusaha merebut kemerdekaan dari penjajah. Maka dari itu, dalam motif batik khas Bekasi terdapat gambar Tugu Bekasi, Rawa Pasung, ikan lele, bunga telang, dan bunga tunjung. Warna batik khas Bekasi identik dengan warna-warna cerah, bukan warna alam seperti kebanyakan batik Jawa Tengah. Warna merah melambangkan tanah dan hijau melambangkan pucuk daun pisang. Motif tersebut dibuat demi mengenang sejarah dan perjuangan rakyat saat masa perjuangan kemerdekaan.

Dilansir dari pikiran-rakyat.com, batik khas Bekasi ini bisa Anda temukan di beberapa tempat di wilayan Kota Bekasi, salah satunya berada di Jalan KH. Agus Salim, Bekasi Timur. Biasanya yang memproduksi Batik Bekasi merupakan pengrajin binaan. Para pengrajin ini biasanya menghasilkan batik tulis maupun cap.

Batik Bekasi tentunya juga mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah. Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi H. Peno Suyatno menyatakan, pemerintah akan terus berupaya untuk melakukan berbagai program guna melestarikan batik Bekasi. “Batik merupakan salah satu kekayaan bangsa, pasalnya batik sudah terdaftar di lembaga budaya PBB UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia,” katanya.

[Baca Juga: Ini Tempat Belanja dan Belajar Batik di Tebet]

Mengingat pentingnya kehadiran Batik Bekasi ini, dilansir dari bekasikab.go.id, Pemda Bekasi mendorong adanya program dan pengembangan pelestarian batik. Pihaknya sendiri ingin lebih memperluas promosi batik agar lebih dikenal pasar. Kurang optimalnya usaha pemerintah memang diakui Peno. Namun ke depannya pemda akan terus mengembangkan usaha promosi Batik Bekasi agar mampu meningkatkan pendapatan UMKM. Sebagai upaya pelestarian, Perangkat Daerat di Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah diharuskan menggunakan Batik Bekasi di hari yang sudah ditentukan.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.