BEKASI-KAWASAN-MELIHAT KEINDAHAN BATIK KHAS BEKASI YANG JARANG DIKENAL-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Melihat Keindahan Batik Khas Bekasi yang Jarang Dikenal

Bekasi merupakan salah satu daerah di Jawa Barat. Karena berbatasan langsung dengan wilayah DKI Jakarta, kebudayaan Bekasi lebih beragam. Budaya Bekasi kental dengan campuran budaya betawi dan sunda, salah satu bentuk percampuran budaya ada pada batik khas Bekasi. Siapa yang sangka kalau kota industri ini memiliki batik tersendiri? Batik khas Bekasi ini menggambarkan keberagaman budaya yang ada di Kota Patriot ini.

[Baca Juga: Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Bekasi Siap Fasilitasi Promosi UMKM]

Biasanya motif batik khas Bekasi menggambarkan perjuangan Kota Patriot ketika berusaha merebut kemerdekaan dari penjajah. Maka dari itu, dalam motif batik khas Bekasi terdapat gambar Tugu Bekasi, Rawa Pasung, ikan lele, bunga telang, dan bunga tunjung. Warna batik khas Bekasi identik dengan warna-warna cerah, bukan warna alam seperti kebanyakan batik Jawa Tengah. Warna merah melambangkan tanah dan hijau melambangkan pucuk daun pisang. Motif tersebut dibuat demi mengenang sejarah dan perjuangan rakyat saat masa perjuangan kemerdekaan.

Dilansir dari pikiran-rakyat.com, batik khas Bekasi ini bisa Anda temukan di beberapa tempat di wilayan Kota Bekasi, salah satunya berada di Jalan KH. Agus Salim, Bekasi Timur. Biasanya yang memproduksi Batik Bekasi merupakan pengrajin binaan. Para pengrajin ini biasanya menghasilkan batik tulis maupun cap.

Batik Bekasi tentunya juga mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah. Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi H. Peno Suyatno menyatakan, pemerintah akan terus berupaya untuk melakukan berbagai program guna melestarikan batik Bekasi. “Batik merupakan salah satu kekayaan bangsa, pasalnya batik sudah terdaftar di lembaga budaya PBB UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia,” katanya.

[Baca Juga: Ini Tempat Belanja dan Belajar Batik di Tebet]

Mengingat pentingnya kehadiran Batik Bekasi ini, dilansir dari bekasikab.go.id, Pemda Bekasi mendorong adanya program dan pengembangan pelestarian batik. Pihaknya sendiri ingin lebih memperluas promosi batik agar lebih dikenal pasar. Kurang optimalnya usaha pemerintah memang diakui Peno. Namun ke depannya pemda akan terus mengembangkan usaha promosi Batik Bekasi agar mampu meningkatkan pendapatan UMKM. Sebagai upaya pelestarian, Perangkat Daerat di Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah diharuskan menggunakan Batik Bekasi di hari yang sudah ditentukan.


Read More

Artikel Lainnya

IMG_03122021_102258_(1100_x_600_piksel).jpg

Bisnis

Dari Usaha Rumahan, Sirup Markisa Noerlen Jadi Oleh-oleh Khas Medan

03 December 2021, 22:09

Sirup markisa Noerlen menggunakan bahan baku buah markisa segar dan berkualitas dari Berastagi, Karo, Sumatera Utara, tanpa pengawet dan pewarna dan sangat menyehatkan."

IMG_03122021_105549_(1100_x_600_piksel).jpg

Kecantikan dan Fashion

Tetap Tampil Fashionable Meski Pakai Sepatu Bekas

03 December 2021, 21:09

Seperti yang ada di Pasar Melati Medan. Di sini merupakan pusatnya penjualan sepatu bekas murah namun bermerk di Kota Medan.Pasar ini berada Jalan Flamboyan Medan Tuntungan, Sumatera Utara.

IMG_03122021_184213_(1100_x_600_piksel).jpg

Bisnis

Aplikasi Kuncie dan Fita dari Telkomsel Raih Google Play Awards 2021

03 December 2021, 20:04

Walau belum genap setahun kedua aplikasi tersebut dihadirkan, tapi sambutan khususnya dari pengguna OS Android sudah semakin meningkat.

Catat! Ganjl-Genap di Jalan Margonda Siap Diuji Coba 4 Desember 202 1.jpg

Berita Kawasan

Catat! Ganjl-Genap di Jalan Margonda Siap Diuji Coba 4 Desember 2021

03 December 2021, 19:07

Pemkot Depok siap memulai kebijakan ganjil-genap di kawasan Jalan Margonda Raya mulai besok siang!


Comments


Please Login to leave a comment.