BEKASI-KAWASAN-MELIHAT KEINDAHAN BATIK KHAS BEKASI YANG JARANG DIKENAL-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Melihat Keindahan Batik Khas Bekasi yang Jarang Dikenal

Bekasi merupakan salah satu daerah di Jawa Barat. Karena berbatasan langsung dengan wilayah DKI Jakarta, kebudayaan Bekasi lebih beragam. Budaya Bekasi kental dengan campuran budaya betawi dan sunda, salah satu bentuk percampuran budaya ada pada batik khas Bekasi. Siapa yang sangka kalau kota industri ini memiliki batik tersendiri? Batik khas Bekasi ini menggambarkan keberagaman budaya yang ada di Kota Patriot ini.

[Baca Juga: Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Bekasi Siap Fasilitasi Promosi UMKM]

Biasanya motif batik khas Bekasi menggambarkan perjuangan Kota Patriot ketika berusaha merebut kemerdekaan dari penjajah. Maka dari itu, dalam motif batik khas Bekasi terdapat gambar Tugu Bekasi, Rawa Pasung, ikan lele, bunga telang, dan bunga tunjung. Warna batik khas Bekasi identik dengan warna-warna cerah, bukan warna alam seperti kebanyakan batik Jawa Tengah. Warna merah melambangkan tanah dan hijau melambangkan pucuk daun pisang. Motif tersebut dibuat demi mengenang sejarah dan perjuangan rakyat saat masa perjuangan kemerdekaan.

Dilansir dari pikiran-rakyat.com, batik khas Bekasi ini bisa Anda temukan di beberapa tempat di wilayan Kota Bekasi, salah satunya berada di Jalan KH. Agus Salim, Bekasi Timur. Biasanya yang memproduksi Batik Bekasi merupakan pengrajin binaan. Para pengrajin ini biasanya menghasilkan batik tulis maupun cap.

Batik Bekasi tentunya juga mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah. Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi H. Peno Suyatno menyatakan, pemerintah akan terus berupaya untuk melakukan berbagai program guna melestarikan batik Bekasi. “Batik merupakan salah satu kekayaan bangsa, pasalnya batik sudah terdaftar di lembaga budaya PBB UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia,” katanya.

[Baca Juga: Ini Tempat Belanja dan Belajar Batik di Tebet]

Mengingat pentingnya kehadiran Batik Bekasi ini, dilansir dari bekasikab.go.id, Pemda Bekasi mendorong adanya program dan pengembangan pelestarian batik. Pihaknya sendiri ingin lebih memperluas promosi batik agar lebih dikenal pasar. Kurang optimalnya usaha pemerintah memang diakui Peno. Namun ke depannya pemda akan terus mengembangkan usaha promosi Batik Bekasi agar mampu meningkatkan pendapatan UMKM. Sebagai upaya pelestarian, Perangkat Daerat di Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah diharuskan menggunakan Batik Bekasi di hari yang sudah ditentukan.

Read More

Artikel Lainnya

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

Kesehatan

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

22 January 2021, 18:09

Usai menjalani penetapan Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih, Sanusi menuturkan jika kebijakan swab massal ASN semata-mata untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun.jpg

Pendidikan

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun

22 January 2021, 17:12

Seorang mahasiswi UI berhasil meraih gelar doktornya hanya dalam kurun waktu 2,5 tahun saja dan disinyalir menjadi doktor termuda serta tercepat di universitas tersebut.

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

Berita Kawasan

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

22 January 2021, 17:09

Berbagai kantor kecamatan di daerah rawan banjir di Kabupaten Bekasi akan disiapkan jadi lokasi pengungsian warga korban banjir.

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19.jpg

Kesehatan

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19

22 January 2021, 14:04

Demi mempercepat proses vaksinasi COVID-19 di wilayahnya, Pemkot Surabaya menambah fasilitas kesehatan yang melayani penyuntikan vaksin Sinovac.


Comments


Please Login to leave a comment.