kopi.jpg

Bisnis

Melihat Keindahan Lukisan Berbahan Kopi dan Miniatur Unik Dari Goni

Selain enak dinikmati, siapa sangka ternyata kopi bisa jadi bahan buat lukisan yang indah dan mempunyai nilai jual tinggi. Hal ini yang dilakukan oleh pria asal Kota Medan bernama Rudi. Dengan kopi, Rudi menciptakan berbagai macam karya lukisan yang begitu menakjubkan.

Aneka kerajinan tangan dari limbah kopi tersebut, disulap Rudi menjadi lulisan beraneka ragam motif. Bahkan dia menyebut, dengan bahan kopi lukisan yang dibuat seperti hidup. Rudi menuangkan kreativitasnya sejak tahun 2014 silam. Sebelum melukis dari bahan kopi. Rudi terlebih dahulu membuat beragam miniatur. Miniatur-miniatur yang dibuatnya juga dari bahan yang cukup unik, yaitu goni.

Dari bahan goni, Rudi menciptakan berbagai macam miniatur seperti orang, tukang becak. Bahkan Rudi mengaku sempat menjadi pengrajin ulos. Namun seiringnya waktu, Rudi mengaku menyukai profesinya sekarang sebagai pelukis, dengan menggunakan bahan kopi.

“Sebelum melukis, saya jadi pengrajin miniatur dari goni. Kemudian beralih menjadi pelukis. Dulu saya tidak punya bakat sama sekali. Namun karena banyak kenal teman-teman pengrajin, lalu saya belajar hingga seperti sekarang ini,” jelas Rudi kepada PingPoint.co.id, (6/4/2021). Rudi mengungkapkan, miniatur dari goni yang dia buat banyak digemari masyarakat karena unik untuk dijadikan suvenir, merchandise, bahkan untuk pajangan di rumah.

“Saya jadi pengrajin ini karena sebelumnya tidak yakin bisa mendapatkan pekerjaan, lantaran saya hanya tamatan SMP,” kata Rudi saat ditemui di galeri miliknya di Jalan Sei Beras, No 5, Medan, Sumatera Utara. Untuk harga sendiri, Rudi menyebut, 1 miniatur dari bahan goni dijual dari harga Rp 50.000 hingga Rp 350.000. Harga sendiri tergantung karakter dan tingkat kerumitan pembuatan. Sedangkan untuk harga lukisan dari bahan baku air kopi dijual seharga Rp 1,5 juta sampai Rp 2,5 juta, tergantung besar ukuran lukisan.

[Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Kopi Hijau]

Dalam sehari, Rudi bisa membuat 5 karakter berbahan dasar goni, dan untuk bahan pengerjaan 1 lukisan bahan kopi memakan waktu 1 hingga 2 minggu.

miniatur-unik.jpg

Bicara omset, Rudi menyebutkan dalam sebulannya bisa mendapatkan Rp 3 jutaan dari miniatur goni, dan Rp 5 jutaan dari lukisan bahan kopi. Karya-karya Rudi sendiri sudah dibawa ke pameran-pameran UMKM, hingga mendapatkan penghargaan dari museum rekor dunia Indonesia atas rekor lukisan tersebut dari limbah sawit.

“Saya berharap ke depannya usaha ini semakin maju, banyak diminati masyarakat, dan buat anak-anak muda yang putus sekolah seperti saya jangan patah semangat, terus membangun kreativitas dan ciptakan karya hebat,” pungkas Rudy.


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.