IMG_04112021_085048_(1100_x_600_piksel).jpg

Kecantikan dan Fashion

Melihat Koleksi Batik Khas Sumatera Utara di Ardhina Batik

Batik menjadi produk yang digandrungi di Indonesia. Peminat batik bahkan dari dari berbagai negara karena keindahannya yang juga tersohor sampai ke mancanegara.

Mungkin banyak yang mengira selama ini batik hanya terkenal di Pulau Jawa, tapi ternyata Medan pun punya batik. Dan salah satu toko yng menjual batik khas Sumatera Utara adalah Ardhina Batik.

Ardhina Batik merupakan toko batik pengrajin dan penjual batik yang berlokasi di Jalan Bersama, No 2, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan.

Toko batik ini menawarkan berbagai macam jenis kain dan motif batik khas Indonesia dan berbagai daerah di Provinsi Sumatera Utara. Batik untuk pria dan wanita tersedia disini dengan berbagai jenis seperti batik formal, batik lengan panjang dan pendek, casual, baik tradisional dan batik modern, batik tulis, sogan, batik couple dan lainnya.

IMG_04112021_085307_(1100_x_600_piksel).jpg

Asisten Pemilik Ardhina Batik, Dina mengatakan usaha tersebut sudah ada sejak 2010. Produk kain batik yang dihasilkan di Ardhina Batik merupakan hasil dari batik cap dan tulis. Selain menjual kain, pihaknya juga menjual pakaian batik yang sudah dijahit menjadi baju.

Dina mengatakan, awalnya Ardhina Batik berdiri karena adanya pelatihan membatik dari pemerintah pada tahun 2008 silam. Selanjutnya, setelah disinyalir sudah bisa, selanjutnya beberapaa karya dari Ardhina Batik dipamerkan di Lapangan Merdeka Medan.

"Saat itu, banyak yang suka dan tertarik membeli. Karena pembeli saat itu tidak menyangka jika Kota Medan punya batik sendiri, yang hasilnya tidak kalah cantik dari batik-batik di Pulau Jawa," ujarnya kepada PingPoint.co.id (3/11/2021).

[Baca Juga: Menelusuri Nilai Bantengan Khas Kota Batu di Galeri Batik Anjani Binangun]

Selanjutnya kata Dina, Ardhina Batik mulai dilirik pasar saat melakukan pameran-pameran batik bersama beberapa dinas seperti Dinas Perdagangan, Pariwisata dan Koperasi di beberapa daerah termasuk di Pulau Jawa hingga ke Malaysia.

Dina mengatakan, perbedaan antara batik Medan dan batik Jawa terletak pada motif dan warnanya. Batik Medan di Ardhina Batik sangat kental dengan warna yang cerah khas Kota Medan berbeda dengan batik Jawa.

"Berbagai jenis batik kami jual di berdasarkan corak dari daerah di Sumut seperti dari Karo, Pakpak, Simalungun, Dairi, Melayu dan banyak lainnya," sebutnya.

Untuk produksi sendiri kata Dina, sebelum COVID-19, produksi batik di Ardhina Batik mencapai 1.000 potong per bulan. Namun, saat COVID hanya mencapai 50 potong per bulan.

IMG_04112021_085108_(1100_x_600_piksel).jpg

"Produksi sempat anjlok 70 persen saat pandemi. Namun, sekarang sudah membaik, saat ini kami dapat memproduksi 200 potong per bulan, tandasnya.

Untuk harga batik di Ardhina Batik sendiri mulai harga Rp150.000 hingga Rp800.000 untuk bahan. sedangkan untuk baju Rp250.000 sampai Rp1 juta tergantung motif dan kualitas batik.


Read More

Ardhina Batik

Toko Batik

None
None

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.