Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah

Kesehatan

Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah

Seperti yang Anda tahu, ada empat tipe golongan darah yang ada di dunia yakni A, B, AB, atau O. Dari keempat golongan darah itu, Anda tidak bisa mengubah atau memilihnya. Hal itu dikarenakan golongan darah yang Anda miliki merupakan turunan dari darah orangtua. Baru-baru ini, beberapa peneliti ternyata menemukan korelasi antara sejumlah penyakit dengan tipe golongan darah tertentu.

[Baca Juga: Mengenal Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah]

Meski penelitian yang dilakukan belum bisa ditarik kesimpulannya, dan para ahli juga belum berhasil menemukan penjelasan yang pasti mengenai korelasi tersebut, namun Anda bisa meminimalisir potensi risiko yang bakal terjadi dengan melihatnya dari golongan darah Anda.

Berikut beberapa korelasi antara penyakit dengan golongan darah.

Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah A

1) Golongan Darah Tipe A

Golongan darah A berisiko terkena penyakit perut. Bahkan, pemilik golongan darah A 20 persen lebih tinggi terkena kanker perut dibandingkan golongan darah B atau O.Kanker perut sendiri disebabkan oleh bakteri H. pylori. Besar kemungkinan, orang-orang dengan golongan darah A memiliki reaksi sistem imun yang lebih sensitif terhadap bakteri penyebab kanker tersebut. Untuk mencegahnya, Anda harus membatasi konsumsi daging olahan atau daging yang diawetkan seperti sosis, kornet, dan bacon.

Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah B

2) Golongan Darah Tipe B

Bagi pemilik golongan darah B, waspadai penyakit Hipertensi dan jantung yang rentan muncul. Bahkan, dibandingkan golongan darah O, tipe darah B lebih rentan 20 persen terkena diabetes tipe 2. Studi dari Harvard School of Public Health menyatakan, selain pemilik golongan darah O, semuanya memiliki risiko 60 persen sampai 80 persen lebih tinggi mengalami penggumpalan darah fatal yang bisa pecah dan menyebar ke paru-paru. Untuk mencegahnya,cobalah untuk selalu melakukan gaya hidup sehat dengan berolahraga dan juga mengonsumsi sayur serta buah-buahan.

Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah AB

3) Golongan Darah Tipe AB

Pemilik golongan darah AB termasuk langka di dunia. Bahkan hanya sekitar 10 persen populasi di seluruh dunia yang memilikinya. Mereka umumnya berisiko lebih tinggi mengalami gangguan kognitif dibanding tipe darah lainnya. Cara pencegahannya tentu saja dengan olahraga rutin yang bisa berdampak positif bagi kognitif Anda. Selain itu, rajinlah untuk mempelajari hal-hal baru seperti membaca buku yang sulit, bermain teka-teki, dan hal-hal lainnya yang mengharuskan otak agar terus bekerja dan terasah.

Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah 0

4) Golongan Darah Tipe 0

Menurut peneliti dari Harvard School of Public Health, golongan darah O memiliki kekebalan terhadap penyakit jantung hingga 23 persen dibandingkan dengan golongan darah lain. Selain itu, pemilik golongan darah tipe O ini juga lebih kebal terhadap kanker pankreas hingga 37 persen. Meski begitu, ternyata golongan darah ini rentan terhadap penyakit tukak lambung. Untuk mencegahnya, cobalah hindari berbagai faktor risiko umum penyakit, seperti merokok, konsumsi alkohol berlebih, dan kelebihan berat badan.

[Baca Juga: Tips Diet Sesuai Dengan Golongan Darah]

Meski begitu, tetaplah untuk terus menjalani gaya hidup sehat serta makan makanan yang bergizi agar terhindar dari berbagai macam penyakit.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.