Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah

Kesehatan

Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah

Seperti yang Anda tahu, ada empat tipe golongan darah yang ada di dunia yakni A, B, AB, atau O. Dari keempat golongan darah itu, Anda tidak bisa mengubah atau memilihnya. Hal itu dikarenakan golongan darah yang Anda miliki merupakan turunan dari darah orangtua. Baru-baru ini, beberapa peneliti ternyata menemukan korelasi antara sejumlah penyakit dengan tipe golongan darah tertentu.

[Baca Juga: Mengenal Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah]

Meski penelitian yang dilakukan belum bisa ditarik kesimpulannya, dan para ahli juga belum berhasil menemukan penjelasan yang pasti mengenai korelasi tersebut, namun Anda bisa meminimalisir potensi risiko yang bakal terjadi dengan melihatnya dari golongan darah Anda.

Berikut beberapa korelasi antara penyakit dengan golongan darah.

Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah A

1) Golongan Darah Tipe A

Golongan darah A berisiko terkena penyakit perut. Bahkan, pemilik golongan darah A 20 persen lebih tinggi terkena kanker perut dibandingkan golongan darah B atau O.Kanker perut sendiri disebabkan oleh bakteri H. pylori. Besar kemungkinan, orang-orang dengan golongan darah A memiliki reaksi sistem imun yang lebih sensitif terhadap bakteri penyebab kanker tersebut. Untuk mencegahnya, Anda harus membatasi konsumsi daging olahan atau daging yang diawetkan seperti sosis, kornet, dan bacon.

Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah B

2) Golongan Darah Tipe B

Bagi pemilik golongan darah B, waspadai penyakit Hipertensi dan jantung yang rentan muncul. Bahkan, dibandingkan golongan darah O, tipe darah B lebih rentan 20 persen terkena diabetes tipe 2. Studi dari Harvard School of Public Health menyatakan, selain pemilik golongan darah O, semuanya memiliki risiko 60 persen sampai 80 persen lebih tinggi mengalami penggumpalan darah fatal yang bisa pecah dan menyebar ke paru-paru. Untuk mencegahnya,cobalah untuk selalu melakukan gaya hidup sehat dengan berolahraga dan juga mengonsumsi sayur serta buah-buahan.

Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah AB

3) Golongan Darah Tipe AB

Pemilik golongan darah AB termasuk langka di dunia. Bahkan hanya sekitar 10 persen populasi di seluruh dunia yang memilikinya. Mereka umumnya berisiko lebih tinggi mengalami gangguan kognitif dibanding tipe darah lainnya. Cara pencegahannya tentu saja dengan olahraga rutin yang bisa berdampak positif bagi kognitif Anda. Selain itu, rajinlah untuk mempelajari hal-hal baru seperti membaca buku yang sulit, bermain teka-teki, dan hal-hal lainnya yang mengharuskan otak agar terus bekerja dan terasah.

Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah 0

4) Golongan Darah Tipe 0

Menurut peneliti dari Harvard School of Public Health, golongan darah O memiliki kekebalan terhadap penyakit jantung hingga 23 persen dibandingkan dengan golongan darah lain. Selain itu, pemilik golongan darah tipe O ini juga lebih kebal terhadap kanker pankreas hingga 37 persen. Meski begitu, ternyata golongan darah ini rentan terhadap penyakit tukak lambung. Untuk mencegahnya, cobalah hindari berbagai faktor risiko umum penyakit, seperti merokok, konsumsi alkohol berlebih, dan kelebihan berat badan.

[Baca Juga: Tips Diet Sesuai Dengan Golongan Darah]

Meski begitu, tetaplah untuk terus menjalani gaya hidup sehat serta makan makanan yang bergizi agar terhindar dari berbagai macam penyakit.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.