Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah

Kesehatan

Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah

Seperti yang Anda tahu, ada empat tipe golongan darah yang ada di dunia yakni A, B, AB, atau O. Dari keempat golongan darah itu, Anda tidak bisa mengubah atau memilihnya. Hal itu dikarenakan golongan darah yang Anda miliki merupakan turunan dari darah orangtua. Baru-baru ini, beberapa peneliti ternyata menemukan korelasi antara sejumlah penyakit dengan tipe golongan darah tertentu.

[Baca Juga: Mengenal Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah]

Meski penelitian yang dilakukan belum bisa ditarik kesimpulannya, dan para ahli juga belum berhasil menemukan penjelasan yang pasti mengenai korelasi tersebut, namun Anda bisa meminimalisir potensi risiko yang bakal terjadi dengan melihatnya dari golongan darah Anda.

Berikut beberapa korelasi antara penyakit dengan golongan darah.

Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah A

1) Golongan Darah Tipe A

Golongan darah A berisiko terkena penyakit perut. Bahkan, pemilik golongan darah A 20 persen lebih tinggi terkena kanker perut dibandingkan golongan darah B atau O.Kanker perut sendiri disebabkan oleh bakteri H. pylori. Besar kemungkinan, orang-orang dengan golongan darah A memiliki reaksi sistem imun yang lebih sensitif terhadap bakteri penyebab kanker tersebut. Untuk mencegahnya, Anda harus membatasi konsumsi daging olahan atau daging yang diawetkan seperti sosis, kornet, dan bacon.

Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah B

2) Golongan Darah Tipe B

Bagi pemilik golongan darah B, waspadai penyakit Hipertensi dan jantung yang rentan muncul. Bahkan, dibandingkan golongan darah O, tipe darah B lebih rentan 20 persen terkena diabetes tipe 2. Studi dari Harvard School of Public Health menyatakan, selain pemilik golongan darah O, semuanya memiliki risiko 60 persen sampai 80 persen lebih tinggi mengalami penggumpalan darah fatal yang bisa pecah dan menyebar ke paru-paru. Untuk mencegahnya,cobalah untuk selalu melakukan gaya hidup sehat dengan berolahraga dan juga mengonsumsi sayur serta buah-buahan.

Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah AB

3) Golongan Darah Tipe AB

Pemilik golongan darah AB termasuk langka di dunia. Bahkan hanya sekitar 10 persen populasi di seluruh dunia yang memilikinya. Mereka umumnya berisiko lebih tinggi mengalami gangguan kognitif dibanding tipe darah lainnya. Cara pencegahannya tentu saja dengan olahraga rutin yang bisa berdampak positif bagi kognitif Anda. Selain itu, rajinlah untuk mempelajari hal-hal baru seperti membaca buku yang sulit, bermain teka-teki, dan hal-hal lainnya yang mengharuskan otak agar terus bekerja dan terasah.

Melihat Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah 0

4) Golongan Darah Tipe 0

Menurut peneliti dari Harvard School of Public Health, golongan darah O memiliki kekebalan terhadap penyakit jantung hingga 23 persen dibandingkan dengan golongan darah lain. Selain itu, pemilik golongan darah tipe O ini juga lebih kebal terhadap kanker pankreas hingga 37 persen. Meski begitu, ternyata golongan darah ini rentan terhadap penyakit tukak lambung. Untuk mencegahnya, cobalah hindari berbagai faktor risiko umum penyakit, seperti merokok, konsumsi alkohol berlebih, dan kelebihan berat badan.

[Baca Juga: Tips Diet Sesuai Dengan Golongan Darah]

Meski begitu, tetaplah untuk terus menjalani gaya hidup sehat serta makan makanan yang bergizi agar terhindar dari berbagai macam penyakit.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.