RKC 3.jpeg

Hobi dan Hiburan

Melihat Ruang Kreatifitas di Rumah Kreatif Cibodas

Melihat kesempatan dan potensi yang ada, kini Kecamatan Cibodas dikenal masyarakat luas sebagai salah satu kecamatan di Kota Tangerang yang menjunjung tinggi potensi kreatifitas bagi warga lokal, khususnya anak muda. Pengembangan dan pemberdayaan anak-anak muda untuk terus melakukan produksi kreatif difasilitasi secara swadaya dan semangat kerja sama. Melalui ruang kreatifitas kecil dan sederhana, beragam ide kreatif tumbuh di Rumah Kreatif Cibodas.

Berdiri sejak tahun lalu, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 2020, Rumah Kreatif Cibodas mulai membuka kegiatan dan terus berkembang sampai sekarang. Tak hanya sebagai tempat kumpulnya anak-anak muda untuk berdiskusi dan mengembangkan ide-ide kreatif, kini di Rumah Kreatif Cibodas juga sudah mulai menghasilkan produk-produk bernilai ekonomis yang dihasilkan lewat proses kerja kreatif yang dikembangkannya.

Sebagai tempat berkarya bagi anak-anak muda lokal, tentu Rumah Kreatif Cibodas tumbuh dengan usaha yang luar biasa. Jauh dari akses modalitas dan pusat perkembangan dunia kreatifitas baik di tingkat nasional – Ibu Kota, atau di lingkup Kota Tangerang sendiri, Rumah Kreatif Cibodas terus tumbuh dengan baik melalui komitmen lingkungan sekitar dan pendayagunaan potensi yang tersebar di sekitar Kecamatan Cibodas.

RKC 1.jpeg

Mulai dari pemanfaatan limbah yang terbilang banyak dan tersebar tanpa ada pendayagunaan, kini Rumah Kreatif Cibodas mengembangkan produk pot kain perca yang bernilai ekonomis, serta tempat kampanye digitalisasi bagi anak-anak muda Cibodas khususnya, dan Kota Tangerang pada umumnya untuk turut menceburkan diri di jaringan peluang yang tersebar melalui perkembangan media dan teknologi.

“Untuk kegiatan di sini ada pemanfaatan limbah pipa, pembuatan pot bunga dari kain perca dan semen untuk ukuran besar. Serta yang paling seru sih pembuatan konten yang biasa kita upload di media sosial,” ungkap Tubagus Muhammad Jamhari, Ketua Rumah Kreatif Cibodas sekaligus Ketua Karang Taruna Kecamatan Cibodas, Rabu (29/9/2021).

Berawal dari program Karang Taruna setempat, kini berbagai kegiatan yang diadakan Rumah Kreatif Cibodas digerakkan dan terbuka untuk masyarakat umum. Tak hanya pengembangan ide kreatifitas secara otodidak, Rumah Kreatif Cibodas juga terbuka dan mendapat banyak bantuan dari berbagai pihak. Mulai pemerintah setempat, perorangan ataupun komunitas yang satu visi, sampai perusahaan-perusahaan yang mulai mendistribusikan dana CSR-nya untuk perkembangan ruang kreatifitas lokal ini.

RKC 2.jpeg

“Awal didirikan memang semangat Karang Taruna untuk membuat wadah yang bisa menuangkan pemikiran-pemikiran kreatif para anak muda. Cuma seiring berjalannya waktu, kita juga membuka bagi pemuda ataupun masyarakat luas untuk sama-sama menuangkan ide kreatif dan berkolaborasi.” Lanjutnya.

Sekarang Rumah Kreatif Cibodas terus berkembang seiring antusias anak muda dan lingkungan sekitar yang mendukung penuh melalui program-program yang diadakan. Tak hanya dapat didatangi secara langsung di Jalan Mualim KH. Asnawi, alamat Rumah Kreatif Cibodas, segala bentuk produksi kreatifitas juga dapat dilihat di akun media sosialnya, yakni Instagram @rumah_kreatif_cibodas dan channel Youtube di RKC Channel.


Read More

Rumah Kreatif Cibodas

Wadah Kolaborasi Warga Tangerang

+6282114979000
None

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.