Songgo 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Melihat Sepotong Perjalanan Ken Arok di Pasar Songgoriti

Pasar Songgoriti menjadi saksi kebudayaan yang terbangun sejak Kerajaan Singosari berjaya di Nusantara. Kerajaan yang mengisahkan pilunya harkat manusia yang dipandang dari kasta itu sempat terkenal dengan kemampuannya memukul mundur tentara Mongol yang hendak memperluas wilayahnya di Indonesia. Kisah yang menyelimuti perjalanan kasih politis antara Ken Arok dan Ken Dedes, serta kematian tujuh generasi yang disumpahkan dalam sebuah keris, menjadi sejarah yang tak bisa diabaikan di Indonesia. Kisah ini juga menjadi landasan naratif yang digunakan oleh Pramodya Ananta Toer untuk menulis salah satu novel besarnya yang berjudul Arok Dedes.

Songgo 1.jpg

Kebesaran Kerajaan Singosari di Nusantara menjadi salah satu modal sosial yang dimiliki oleh Malang Raya untuk mengenalkan pariwisatanya ke seluruh Indonesia, bahkan seluruh dunia. Bermula dari pergerakan hegemonik sebuah kerajaan dengan membangun candi bernama Candi Songgoriti di daerah Songgokerto, maka sebuah perluasan kekuasaan wilayah pun terjadi. Adanya perluasan kekuasaan ini melahirkan perluasan pergerakan ekonomis. Salah satu bentuk pergerakan ekonomis itu adalah dibangunnya Pasar Songgoriti.

[Baca Juga: Lewat Workshop Recovery Ekonomi, IKM Kota Malang Siap Tembus Pasar Internasional]

Pasar Songgoriti kini menjadi sebuah destinasi wisata belanja di Kota Batu. Meskipun letaknya tidak dipinggir jalan raya, melainkan perlu memasuki area hutan kota di daerah Songgokerto, pasar ini menjadi rujukan wisatawan untuk berbelanja oleh-oleh di Kota Batu. Oleh-oleh yang biasa dibeli oleh wisatawan di pasar ini adalah berbagai kerajinan berupa gerabah, ukulele, dan berbagai peralatan dapur kayu, yang mana dikerjakan oleh pengrajin Kota Batu.

“Kemarin tiba-tiba sempet mau gak jadi karena mobil ada-ada aja, tapi terus setelah dipikirkan panjang akhirnya dibelain naik mobil pick up dong,” ungkap Rinca salah satu wisatawan yang pernah Pasar Songgoriti. Ia merupakan seorang Ibu asal Surabaya yang kala itu sedang mengidam ke suaminya untuk diantarkan berbelanja ke Pasar Songgoriti. "Pergi ke Kota Batu cuma mau ke Pasar Songgoriti sama Susu Ganesha,” tambahnya ketika dikonformasi soal apa keperluannya ke Pasar Songgoriti.

Songgo 3.jpg

Rinca dalam hal ini menunjukkan bahwa Pasar Songgoriti dapat menjadi sebuah tujuan berbelanja atau sekadar window shopping. Sajian tradisi yang digabung dengan panorama wisata Kaki Gunung Arjuno menjadi salah satu keindahan yang melekat bagi pengunjung pasar ini.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.