PIK_PROPETY_MELIRIK-SISTEM-ANTI-BANJIR-ALA-PEMUKIMAN-PANTAI-INDAH-KAPUK-DUA_-EMIL_1100-X-600-px.jpg

Properti dan Solusi

Melirik Sistem Anti-Banjir ala Pemukiman Pantai Indah Kapuk 2

Banjir merupakan salah satu permasalahan yang kerap menjadi perhatian warga yang tinggal di DKI Jakarta ketika musim penghujan datang. Namun PT Agung Sedayu Group memiliki metode anti-banjir yang telah diterapkan di Pantai Indah Kapuk 1 dan saat ini direalisasikan di pemukiman Pantai Indah Kapuk 2 atau PIK 2. Nama sistem tersebut adalah sistem polder.

Sistem ini sebenarnya sudah diterapkan di Belanda semenjak dulu. Berdasarkan data yang dilansir dari fao.org, sistem polder tradisional sudah mulai diterapkan di Negeri Kincir Angin tersebut pada abad ke-12. Di mana warga setempat mengeringkan rawa-rawa dekat sungai terdekat untuk menciptakan lahan subur.

[Baca Juga: Dari Kantor Walikota Hingga Hutan Kota, 10 RTH di Kembangan]

Pada proses pengeringan tersebut, lahan gambut yang mengering pun mulai mengoksidasi sehingga tingkat tanah menurun dan tingkat air sungai pun ikut menurun. Petani pun terus menerapkan serta mengadaptasi sistem pertanian mereka agar dapat membanjiri lahan dengan polder yang jadi acuan. Kemudian mereka menciptakan sistem yang lebih moderen dengan membangun ratusan kincir angin untuk drainase serta stasiun pompa air yang berguna mempompa air dari polder menuju sungai dan laut agar Belanda terhindar dari banjir.

Prinsip sistem polder pun diterapkan di PIK 1 dan PIK 2. Berdasakan penelitian dari mahasiswa Universitas Indonesia mengenai Drainase Perkotaan dengan Sistem Polder, sistem yang diterapkan di Pantai Indah Kapuk 1 serta Pantai Indah Kapuk 2 menggunakan waduk, pompa dan tanggul-tanggul yang dapat ditambah ketinggiannya apabila terjadi penurunan permukaan tanah atau pasang air laut.

[Baca Juga: Cara Atasi Bahaya Nyamuk Pantai di Jakarta]

Dengan sistem ini, walau PIK 1 dan PIK 2 berbatasan langsung dengan Laut Jawa, pemukiman di Jakarta Utara ini dapat menghindari banjir di kala hujan atau ketika air laut pasang. Jadi sebagai gambaran singkatnya apabila mendadak terjadi perubaan tinggi permukaan air di waduk akibat peningkatan volume air maka pompa pengendali pun secara otomatis memompa air dari waduk dan dialirkan ke laut. Berdasarkan penjelasan di sedayuindocitypik2.com, sistem polder di Pantai Indah Kapuk 1 dan Pantai Indah Kapuk 2 memiliki elemen penting yang tediri dari tanggul keliling kawasan, sistem drainase kawasan, waduk pengumpul dan pompa pengendali.

Read More

Artikel Lainnya

Sambut Perayaan Hari Kemerdekaan, Fit Gourmet Hadirkan Jajanan Khas Indonesia .jpg

Kuliner

Sambut Perayaan Hari Kemerdekaan, Fit Gourmet Hadirkan Jajanan Khas Indonesia

05 August 2020, 20:00

Fit Gourmet menghadirkan menu khusus di momen perayaan 17 Agustus ini dengan jajanan khas Indonesia yang sehat.

Unpad Uji Klinis Vaksin COVID-19, Ridwan Kamil Siap Jadi Relawan.jpg

Kesehatan

Unpad Uji Klinis Vaksin COVID-19, Ridwan Kamil Siap Jadi Relawan

05 August 2020, 19:00

Kang Emil mengumumkan siap membantu usaha uji klinis vaksin COVID-19 yang dilakukan PT Bio Farma dan Unpad.

Sisca Soewitomo Juru Masak Legendaris Itu Akhirnya Gantung Panci

Kuliner

Sisca Soewitomo: Juru Masak Legendaris Itu Akhirnya Gantung Panci

05 August 2020, 15:00

Perempuan kelahiran Surabaya, 8 April 1949 ini legendaris kerap disebut sebagai Ratu Boga Indonesia akibat penampilannya yang lincah kala memasak di program televisi Aroma.

Ledakan di Beirut dan Efek Amonium Nitrat pada Kesehatan

Kesehatan

Ledakan di Beirut dan Efek Amonium Nitrat pada Kesehatan

05 August 2020, 14:00

Apabila terhirup, amonium nitrat dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan dengan gejala batuk, sakit tenggorokan dan napas yang pendek.


Comments


Please Login to leave a comment.