PEJATEN_PENDIDIKAN_MELIRIK SMA DENGAN PERPUSTAKAAN TERBAIK DI DKI JAKARTA_EMIL_REVISI 01-01.jpg

Pendidikan

Melirik SMA dengan Perpustakaan Terbaik di DKI Jakarta

Perpustakaan merupakan salah satu elemen penting dalam kegiatan belajar dan mengajar di lembaga pendidikan. Pasalnya, tempat ini menyimpan berbagai buku serta materi yang menunjang penugasan dan pengetahuan para siswa. Sayangnya, tidak semua sekolah memperhatikan penataan yang baik terhadap perpustakaan mereka. Namun hal berbeda ditunjukkan oleh sekolah menengah atas (SMA) yang berlokasi di Pejaten Jakarta Selatan.

SMA dengan perpustakaan terbaik di Jakarta itu adalah SMA Kolese Gonzaga yang berlokasi di Jalan Pejaten Barat No. 10A, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Gelar “perpustakaan terbaik” ini bukanlah secara sepihak semata, sebab predikat tersebut langsung diberikan oleh pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang telah melakukan seleksi terhadap berbagai perpustakaan yang ada di sekolah lainnya.

Pihak Wali Kota Jakarta Selatan pun mengapresiasi usaha dari SMA Kolese Gonzaga dalam mengelola perpustakaannya. Bahkan Marullah Matali selaku Wali Kota Jakarta Selatan, yakini bahwa SMA di Pejaten Jakarta ini dapat menjadi pemenang dalam lomba perpustakaan di tingkat nasional tahun 2018.

“Tidak berkecil hati saya, rasanya Perpustakaan Kolese Gonzaga ini bisa rangking satu tingkat Indonesia,” ungkap Marullah Matali saat menyambut tim juri Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional Tahun 2018 di SMA Kolese Gonzaga, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id, Sabtu (29/9/2018). Walau begitu, pria berusia 54 tahun itu menegaskan bahwa memenangkan lomba perpustakaan tingkat nasional bukanlah target utama dari Pemerintah Jakarta Selatan.

[Baca Juga : Ingin Menyekolahkan Buah Hati ke Sekolah Alam? Ini Beberapa Pilihannya]

“Target kita yang utama adalah menjadikan anak-anak semakin akrab dengan perpustakaan,” jelas Wali Kota Jakarta Selatan tersebut. Menurutnya, peran serta fungsi perpustakaan di sekolah yang utama adalah memicu para siswa untuk gemar membaca, mampu mengelola informasi, serta pengetahuan yang didapat dengan tujuan meningkatkan kapasitas diri.

Kualitas perpustakaan dari SMA di Pejaten Jakarta ini juga disebut sejalan dengan misi Gubernur DKI Jakarta ke-17, Anies Baswedan yang ingin menerapkan konsep Learning City di Jakarta. “Kami mendukung Perpustakaan menjadi komponen utama dalam perannya untuk percepatan Jakarta sebagai Learning City. Untuk itu, kami mohon pembinaan lebih lanjut dari Perpustakaan Nasional RI sebagai perpustakaan pembina,” tambah Marullah Matali.

Ucapan apresiasi juga disampaikan oleh Anies Baswedan kepada pihak SMA Kolese Gonzaga karena meraih predikat perpustakaan terbaik di tingkat SMA DKI Jakarta. “Teman-teman di SMA Kolese Gonzaga Jakarta sudah melakukan pelayanan perpustakaan yang baik, dan sejak lama dengan koleksi perpustakaan yang lengkap,” kata Gubernur DKI Jakarta tersebut dalam video yang diunggah oleh Dinas Komunikasi Informatika & Statistik Provinsi DKI Jakarta.

Selayang Pandang Perpustakaan SMA Kolese Gonzaga

Eksistensi perpustakaan di SMA yang berlokasi di Pejaten Jakarta ini sebenarnya sudah ada semenjak SMA Kolese Gonzaga didirikan. Perpustakaan Gonzaga ini memiliki moto yang sejalan dengan jumlah koleksi buku yang ada di sini. Sebagaimana dilansir dari kolasegonzaga.com, moto itu berbunyi "Liber Petra Mundi" atau “Buku adalah dasar yang kokoh bagi dunia”.

Sesuai dengan moto tersebut, maka tidak heran koleksi buku-buku di perpustakaan ini pun terus ditambah. Disinyalir, terdapat belasan ribu eksemplar buku yang tersedia di perpustakaan SMA Kolese Gonzaga.

Perpustakaan di SMA yang berada di kawasan Pejaten Jakarta ini terbagi menjadi tiga ruangan. Pertama adalah ruang baca yang menjadi pusat kegiatan para siswa. Di sini terdapat sofa serta meja yang dimanfaatkan oleh para siswa untuk membaca dan ruangan ini dilengkapi dengan koneksi WiFi.

Kedua adalah ruang diskusi yang memiliki fasilitas proyektor dan dapat dimanfaatkan oleh para siswa serta pengunjung untuk berdiskusi hingga mengerjakan tugas bersama. Ruangan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat menonton film dan membaca berbagai buku referensi yang disediakan di sana.

[Baca Juga : Sekolah Homogen di Kawasan Menteng Jakarta]

Ruangan terakhir yang ada di SMA Kolese Gonzaga adalah ruang sirkulasi. Ruangan ini merupakan area khusus yang hanya dapat diakses oleh petugas perpustakaan, guru serta kelompok pecinta perpustakaan Gonzaga. Ruangan yang ada di SMA yang berlokasi di Pejaten Jakarta ini digunakan untuk memproses buku-buku baru dan diberikan barcode serta disampul sebelum dimasukkan ke sirkulasi untuk dipinjam para siswa.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Lahan Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Rorotan

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Lahan Pemakaman Jenazah COVID-19 di TPU Rorotan

28 September 2020, 11:09

Sekarang baru mencapai empat persen. Lagi proses fill atau pengurukkan dan pembuatan akses jalan masuk menuju lahan pemakaman.

Longsor di Hulu Sungai Gunung Salak Timbulkan Kabar Gunung Salak Terbelah

Berita Kawasan

Longsor di Hulu Sungai Timbulkan Kabar Gunung Salak Terbelah

28 September 2020, 10:07

Longsor terjadi akibat sejak Senin, 21 September 2020 terjadi hujan sangat lebat diikuti dengan angin kencang. Sehingga, dapat dipastikan hal itu disebabkan oleh faktor cuaca yang cukup ekstrem.

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.


Comments


Please Login to leave a comment.