MATRAMAN_KAWASAN_MELIRIK VELODROME RAWAMANGUN YANG JADI VENUE ASIAN GAMES 2018_EMIL_REVISI 01-01.jpg

Berita Kawasan

Melirik Velodrome Rawamangun yang Jadi Venue Asian Games 2018

Perhelatan Asian Games 2018 di Indonesia merupakan salah satu momentum yang paling dinantikan oleh seluruh warga Nusantara. Beragam persiapan pun dilakukan oleh Pemerintah Indonesia serta Pemerintah Provinsi Jakarta dan Pemerintah Kota Palembang demi memastikan kesuksesan pesta olahraga ini. Salah satu persiapannya adalah meresmikan Velodrome Rawamangun Jakarta.

Velodrome Rawamangun Jakarta memiliki nama resmi Gelanggang Olahraga Velodrome. Arena ini memiliki luas area 9,5 hektare dan merupakan salah satu venue dari Asian Games 2018 untuk cabang balap sepeda. Bagi Anda yang masih asing dengan istilah “velodrome”, ini merupakan nama dari arena balap sepeda. Umumnya velodrome memiliki trek berbentuk oval dengan dua lengkungan yang melingkar 180 derajat yang terhubung oleh dua jalur lurus.

Velodrome Rawamangun Jakarta sebenarnya sudah dibangun semenjak 1973 dengan acuan sebagai velodrome yang berada di luar ruangan dan sesuai dengan standar nasional. Namun karena momentum Asian Games 2018 datang, Pemerintah Provinsi Jakarta pun merenovasi velodrome tersebut.

Sebagaimana diwartakan tempo.co, proyek ini awalnya diawasi oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Pada 2017, Ahok mengklaim semua fasilitas velodrome sudah disesuaikan dengan standar internasional. Karena itulah ketika proyek ini dimulai, velodrome yang dibangun pada 1973 tersebut dirobohkan dan dibangun kembali dengan konsep velodrome modern dalam ruangan yang sudah sesuai standar internasional.

Kala itu yang bertanggung jawab dalam pengerjaan proyek velodrome ini adalah ES Global. Perusahaan yang bermarkas di London, Inggris ini memang sudah dikenal sebagai pembuat arena balap sepeda yang berstandar internasional. Tidak kira-kira, proyek ini diperkirakan membutuhkan biaya hingga USD40 juta atau sekira Rp584 miliar. Namun ketika rampung, sebagaimana dilansir dari indosport.com, Velodrome Rawamangun Jakarta ini menelan biaya Rp665 miliar.

Iwan Takwin yang pada 2017 menjabat sebagai manajer proyek venue Velodrome menyebut bahwa arena balap sepeda ini akan menjadi satu-satunya arena di Asia Tenggara yang memiliki standar internasional. Standarisasi itu akan langsung dilakukan oleh Asosiasi Sepeda Internasional atau Union Cycliste Internationale (UCI).

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia atau PB ISSI, Raja Sapta Oktohari disinyalir terpukau saat melihat Velodrome Rawamangun Jakarta. “Pemda DKI Jakarta memiliki velodrome yang terbaik di Asia,” ucapnya saat berada di Wisma Atlet Kemayoran pada Juni 2018, sebagaimana dilansir dari kompas.com.

Selain menjadi venue untuk cabang olahraga balap sepeda pada Asian Games 2018, Velodrome Rawamangun Jakarta juga dapat dimanfaatkan untuk trek sepeda BMX. Pasalnya, sirkuit di BMX itu dibuat oleh Tom Ritchey yang dikenal sebagai pembuat sepeda terkenal dunia.

“Selesai dia (Tom) bikin trek BMX itu, dia bilang, ini adalah trek BMX yang terbaik yang pernah saya bikin. Sehingga Pak Wagub (Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan), Pemda DKI memiliki trek BMX yang terbaik di dunia,” tambah Raja Sapta Oktohari.

Walau Velodrome Rawamangun Jakarta difokuskan untuk balapan sepeda tapi stadion olahragan ini juga dapat digunakan untuk berbagai kegiatan lainnya. Seperti untuk pertandindangan voli, bulu tangkis, futsal hingga konser musik.

Saat ini, Velodrome Rawamangun Jakarta tengah menanti diselenggarakannya cabang olahraga balap sepeda trek Asian Games 2018 yang akan diadakan pada 27-31 Agustus 2018. Dengan kapasitas 3.500 bangku penonton, velodrome ini siap menyambut para pendukung kontingen Indonesia dan atlet dari negara lainnya yang berlaga di cabang olahraga sepeda.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.