KEMAYORAN_KESEHATAN_BANYAK TEMPAT REFRESHING DI KEMAYORAN MANFAATKAN UNTUK KESEHATAN_IVAN_REVISI 02-01.jpg

Kesehatan

Memanfaatkan Tempat Refreshing di Kemayoran untuk Kesehatan

Di Kemayoran, Jakarta Pusat, banyak tersedia tempat refreshing atau liburan. Mulai dari Jakarta International Eiexpo atau JIExpo Kemayoran yang kerap menghairkan berbagai hiburan, Pasar Baru Jakarta yang menyajikan beragam kuliner lezat, hingga beberapa hotel yang menawarkan akomodasi serta fasilitas memanjakan diri seperti Swiss Belinn Kemayoran dan Novotel Mangga Dua. Maka baiknya, manfaatkan tempat-tempat tersebut. Sebab faktanya, liburan memang perlu dilakukan karena baik untuk kesehatan.

Salah satu alasan refreshing baik untuk kesehatan karena aktivitas ini bisa bisa membuat kita istirahat—baik secara fisik maupun psikis. Sebab seperti kita ketahui, rutinitas atau pekerjaan sehari-hari memaksa fisik dan pikiran kita untuk bekerja lembur. Padahal, kerja lembur sendiri berdampak buruk pada kesehatan.

[Baca Juga : 5 Manfaat Berjalan-jalan di Area Hutan untuk Kesehatan]

Terkait lembur ini pula, informasi yang dikutip dari vemale.com mengatakan bahwa orang yang terlalu sering lembur akan mengalami kurang tidur. Dari kurang tidur ini, secara fisik orang akan mengalami kelelahan sehingga kondisi fisik menurun dan mudah terserang penyakit. Sementara secara psikis, kurang tidur akan menyebabkan emosi tak terkendali, mudah frustasi, tidak sabaran, dan sering gugup.

Untuk mengatasi masalah kurang tidur ini, di hari libur, kebanyakan orang biasanya "balas dendam". Mereka menghabiskan waktu yang cukup lama untuk tidur. Di sisi lain, tidur yang dilakukan terlalu lama juga tidak baik.

Dilansir dari Independent, penelitian terakhir yang dilakukan Dr. Oluwaseun Akinseye beserta para koleganya dari Rumah Sakit Mount Sinai, New York, Amerika Serikat (AS) pada 2015 menyebutkan, terlalu banyak tidur bisa memicu serangan stroke. Terlalu banyak tidur dalam penelitian ini adalah tidur yang melebihi waktu delapan jam, waktu ideal tidur dalam satu hari yang dianjurkan para dokter.

Pada penelitian lebih lanjut, diketahui bahwa risiko stroke karena kebanyakan tidur meningkat hingga tiga kali lipat pada mereka yang mengidap hipertensi. Kesimpulan dari penelitian itu didapat setelah Dr. Oluwaseun beserta para koleganya menganalisa 204 ribu orang dewasa di AS. Mereka melakukan penelitian selama 10 tahun dan mengambil data dari National Health Interview Survey.

Hasilnya, mereka yang secara rutin tidur lebih dari delapan jam, 14 persen lebih mungkin terserang stroke. Ini berarti, hampir tiga kali lipat dibanding mereka yang yang tidur 7-8 jam saja sehari semalam, yang hanya punya risiko lima persen saja. Penelitian itu juga menemukan, mereka yang tidur kurang dari lima jam mengalami peningkatan terkena pendarahan otak sekitar 11 persen. Mengerikan, bukan?

[Baca Juga : Cegah Kelainan Otak dengan Pemeriksaan Dini Tes EEG]

Jadi, sesibuk apapun pekerjaan yang dilakukan, usahakan untuk tetap meluangkan waktu untuk liburan ayau refreshing. Seperti di akhir pekan, misalnya. Dari pada menghabiskan waktu di atas ranjang, lebih baik pergi ke tempat-tempat hiburan seperti JIExpo kemayoran, atau berburu kuliner bersama teman di Pasar Baru Jakarta.

Selain kedua tempat di atas, sejatinya masih banyak lokasi lain yang ada di sekitaran Kemayoran yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan. Tidak perlu mahal, asalkan kegiatan itu bisa buat kita bahagia, menghilangkan depresi, merangsang kreativitas dan ide cemerlang, hingga akhirnya meminimalisir risiko timbulnya berbagai penyakit di dalam tubuh. Intinya, jangan lupa liburan.

Read More

Artikel Lainnya

Usai Demonstrasi Mahasiswa, Transjakarta Alihkan Sejumlah Rute

Berita Kawasan

Catat! Ini Jam Layanan Operasional Bus Transjakarta yang Terbaru

05 April 2020, 11:00

Pemprov DKI Jakarta telah memperpanjang waktu tanggap darurat COVID-19. Ini berdampak pada layanan bus Transjakarta, yaitu perubahan jam operasional bus.

Pendistribusian Sembako Kabupaten Bekasi Dikawal Polisi

Berita Kawasan

Pendistribusian Sembako Kabupaten Bekasi Dikawal Polisi

05 April 2020, 10:00

Pandemi COVID-19 membuat berbagai pihak lebih berhati-hati, termasuk dalam hal distribusi sembako. Mengingat, stok pangan harus terus dipenuhi di tengah keterbatasan mobilitas warga.

Benarkah Berjemur Bisa Membunuh Virus Corona

Kesehatan

Benarkah Berjemur Bisa Membunuh Virus Corona?

05 April 2020, 09:00

Salah seorang pasien COVID-19 menyatakan bahwa dirinya sembuh setelah berjemur di bawah terik matahari

Pemkab Bekasi Minta Jangan Ragu Tangani COVID-19 dengan Dana Desa

Berita Kawasan

Pemkab Bekasi Minta Jangan Ragu Tangani COVID-19 dengan Dana Desa

04 April 2020, 18:00

Bagi sektor ekonomi kerakyatan, serbuan wabah COVID-19 telah meninggalkan dampak yang signifikan. Ketahanan pangan di setiap desa pada Kabupaten Bekasi adalah prioritas yang harus segera tuntas.


Comments


Please Login to leave a comment.