banjirOK3.jpg

Properti dan Solusi

Memasuki Musim Hujan, DPU Semarang Siapkan Ratusan Unit Pompa

Kota Semarang pada akhir Oktober 2021 ini telah memasuki musim hujan, sebagai langkah antisipasi Pemkot Semarang terus melakukan peningkatan infrastruktur untuk mengendalikan banjir. Menurut Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, hal ini dilakukan karena kota Semarang pernah dilanda banjir di beberapa tempat pada tahun 2020. Ia mengatakan jika banjir yang terjadi di tahun lalu tersebut dikarenakan adanya sumbatan sampah sehingga menghalangi aliran air.

Untuk mengantisipasi masalah yang sama, orang nomor satu di kota Semarang ini berujar jika Dinas Pekerjaan Umum (DPU) telah melakukan beberapa langkah pencegahan diantaranya membersihkan saluran air, pengerukan sedimen serta penanganan talut yang jebol. “Pemkot terus melakukan peningkatan infastruktur pengendali banjir, namun perlu ada kesadaran masyarakat menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah di sungai,” ujar Pria yang kerap disapa Hendi ini.

banjirOK2.jpg

Sebanyak 119 unit pompa telah disiapkan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang yang disebar di 52 titik rumah pompa. Victor Tri Karyanto selaku Kasi Pengelolaan Sungai, Irigasi, dan Pantai DPU Kota Semarang mengatakan jika pompa yang ada dalam kondisi telah siap digunakan dan jumlahnya lebih banyak dari tahun lalu. “Kondisi pompa ini siap digunakan, beberapa pompa yang rusak juga telah diperbaiki untuk mengantisipasi musim hujan ini. Jumlah pompa kali ini pun lebih banyak dibandingkan tahun 2020 lalu,” ujarnya.

Pompa yang tersedia tersebut nantinya akan dibagi ke beberapa wilayah di kota Semarang, diantaranya 34 unit pompa akan diletakkan di wilayah timur, 11 unit pompa diletakkan di wilayah tengah I , 63 unit pompa diletakkan di wilayah tengah II dan 11 unit pompa diletakkan di wilayah barat. Selain itu DPU juga telah mempersiapkan 9 unit pompa portable dan pompa mobile yang lebih mudah dipindahkan ke tempat-tempat yang terjadi genangan. Pompa portable yang dipersiapkan tersebut berkapasitas 10 liter per detik hingga 800 liter per detik.

banjirOK.jpg

Victor juga mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan sejumlah anggota untuk penanganan saluran yang tersumbat serta lokasi pompa yang disiagakan untuk mengatasi banjir di wilayah timur. “Personel di lapangan kita siapkan jika hujan deras dan terjadi sumbatan di saluran air. Ada juga ada pompa yang dikelola BBWS. Ada dua lokasi yakni di Tenggang dan Sringin untuk mengatasi banjir di wilayah timur,” imbuhnya.

Beberapa peralatan untuk pencegahan dan penanganan banjir juga telah dipersiapkan dengan lengkap oleh DPU. Beberapa diantaranya adalah alat berat, dumptruck, dan bego yang digunakan pada saat dilakukan pengerukan dan pengambilan sampah. Untuk menambal talut yang rusakpun, DPU telah mempersiapkan karung dan material tanah sebagai pencegahannya. “Kawat bronjong juga telah disiapkan mengantisipasi adanya longsor atau talud yang rusak,” terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (24/10/2021).


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.