Membatasi Nafsu Makan Tanpa Rasa Lapar

Kesehatan

Membatasi Nafsu Makan Tanpa Rasa Lapar

Kesehatan sangatlah penting untuk menjadi prioritas setiap orang. Termasuk menjaga berat badan supaya tetap ideal dan senantiasa terlihat fit. Banyak orang memilih diet dan pergi ke gym untuk menjaga ukuran tubuh agar tetap indah dipandang. Sayangnya, tidak semua orang dapat melakukan hal yang sama guna menjaga kebugaran tubuhnya dengan baik. Kendati demikian, Anda perlu tahu bagaimana cara menurunkan berat badan dengan mengontrol nafsu makan Anda tanpa tersiksa menahan rasa lapar.

Dengan menjaga asupan makanan dan mengontrol porsi adalah salah satu hal yang penting untuk Anda yang ingin mendapatkan berat badan yang ideal. Diperlukan konsistensi Anda dalam memainkan peran untuk keberhasilan menjaga berat tubuh Anda. Mungkin ada sebagian dari Anda yang memiliki masalah berat badan tubuh, cara ini memang tidak langsung terlihat hasilnya dengan cepat. Tapi dengan mendisiplinkan diri dalam menjaga asupan makanan serta pola hidup yang teratur, cara ini akan efektif. Dan bagi sebagian Anda yang tidak memiliki masalah berat badan tubuh, cara ini dapat membantu ada menjaga tubuh Anda agar tetap proporsional.

Membatasi Nafsu Makan Tanpa Rasa Lapar

Dilansir dari bidanku.com (10/9/2019), berikut cara membatasi nafsu makan untuk menjaga tubuh agar senantiasa terlihat elok tanpa rasa lapar, yaitu :

1. Tak Perlu Menghindari Makanan Kesukaan Anda

Menghindarkan diri Anda dari makanan kesukaan Anda, sama saja Anda menyiksa diri sendiri. Semakin Anda menyiksa diri dengan menghindarkan makanan tersebut maka akan berdampak buruk untuk anda. Mengapa? Karena ketika saat Anda balas dendam, justru akhirnya Anda cenderung mengkonsumsi makanan favorit Anda tanpa terkendali. Sebaiknya Anda mengurangi bukan menghindari, cobalah sisihkan seperlima dari total kalori harian Anda untuk menikmati makanan yang Anda gemari tersebut tanpa rasa bersalah.

2. Pilih Gorengan Tiruan

Pada saat melakukan proses penurunan berat badan umumnya jenis makanan yang satu ini sulit sekali untuk ditolak. Untuk mensiasati hal ini, maka cobalah gunakan trik dengan melapisi makanan yang hendak digoreng dengan menggunakan taburan tepung gandum, remah roti dan lain sebagainya. Lalu semprot dengan cooking spray dan masukan ke dalam oven, Anda akan mendapatkan makanan yang serupa dengan gorengan renyah tetapi sehat untuk dikonsumsi.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Diet Warga Jakarta yang Benar?]

3. Kumpulkan Bungkus Makanan yang Anda Konsumsi

Ketika Anda melihat bungkus tersebut, maka Anda akan sadar dan memiliki kendali tentang seberapa banyak makanan yang Anda konsumsi pada hari itu. Hal ini diharapkan membangun kesadaran dalam diri Anda untuk mengontrol nafsu makan Anda dan porsi makan Anda menjadi lebih sedikit.

4. Jangan Makan Sambil Nonton atau Mengobrol

Makan sambil melakukan kegiatan lain atau mengobrol akan membuat Anda sulit merasa kenyang. Dikarenakan otak Anda akan mengasosiasikan makan dan mengobrol atau melakukan kegiatan lainnya secara bersamaan. Akibatnya, sulit untuk otak Anda menyadari rasa kenyang saat menyantap makanan. Untuk itu, sebaiknya hindari melakukan aktivitas atau kegiatan lainnya pada saat anda sedang makan.

5. Hindari Pemanis Buatan

Kandungan pemanis buatan dalam makanan hanya akan membuat Anda menginginkan lebih banyak gula. Sedangkan gula dalam makanan akan membuat tubuh gemuk, bijaklah dalam memilih jenis makanan. Beralihlah pada gula alami, dengan begini akan semakin sukses untuk Anda mengatasi keinginan untuk makan.

6. Buat Catatan Kecil

Catatan ini berisikan tentang keberhasilan Anda melawan hasrat lapar, ini akan memberikan perbandingan yang diharapkan memberikan motivasi untuk Anda melawan nafsu makan. Dengan begini, keberhasilan dari memungkas sejumlah asupan kalori didalam tubuh akan semakin cepat Anda rasakan.

7. Buat Makanan Anda Sendiri

Menyiasati nafsu makan dengan mulai mengolah sendiri makanan Anda di rumah. Selain komposisi yang bisa Anda sesuaikan, memasak makanan sendiri di rumah tentunya akan lebih sehat dan bermanfaat baik untuk kesehatan.

[Baca Juga: Bukti Baru Penyebab Kenaikan Berat Badan dari Makanan Olahan]

Dari tujuh tips atau cara di atas, tentunya akan lebih baik lagi jika Anda imbangi dengan olahraga teratur. Karena dengan olahraga badan Anda bukan hanya fit tetapi kulit Anda pun kencang. Sehingga tubuh Anda akan semakin indah dipandang. Selamat mencoba, dan tetap semangat!

Read More

Artikel Lainnya

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

Kesehatan

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

16 September 2019, 13:00  |  6 Views

Berbagai fasilitas dan kegiatan kesehatan di TK Tzu Chi menggambarkan bagaimana pentingnya kesehatan murid bagi pihak sekolah.

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen di Seluruh Indonesia

Bisnis

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen

16 September 2019, 12:00  |  10 Views

Pertumbuhan pesat GrabFood juga dicapai berkat adanya kerja sama dengan restoran cepat-saji dan kedai makanan lokal favorit masyarakat.

Manfaat Media Monitoring di Indonesia

Bisnis

Manfaat Media Monitoring dalam Penggunaan Media Sosial

16 September 2019, 10:00  |  19 Views

Apa manfaat media monitoring dalam perkembangan bisnis Anda? Penyebaran informasi yang tinggi di media sosial menjadi salah satu alasan utama adanya layanan media monitoring.

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

Kesehatan

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

16 September 2019, 09:00  |  11 Views

Jika menemukan benjolan di ketiak yang memiliki tekstur lunak dan terasa nyeri, jangan khawatir! Karena, bisa diobati dengan lima cara alami ini.


Comments


Please Login to leave a comment.