BINTARO_PROPERTI_MEMBERSIHKAN RUMAH BERSAMA ANAK ITU MENYENANGKAN_IVAN_REVISI 01-01.jpg

Properti dan Solusi

Membersihkan Rumah Bersama Anak itu Menyenangkan

Membersihkan rumah memang pekerjaan yang melelahkan. Maka itu, jangan lakukan pekerjaan ini sendirian. Cobalah ajak anak untuk bergabung dan melakukan pekerjaan itu bersama-sama. Sebab kenyataannya, anak-anak tidak hanya bisa membuat rumah jadi berantakan, tapi juga mampu diajak merapikan dan membersihkan rumah.

Partisipasi anak dalam pekerjaan rumah ini tentunya tergantung dari cara orangtua mengajak dan membimbing anaknya. Selain itu, orangtua juga harus tahu dan memahami usia, serta jenis pekerjaan yang memang mampu dilakukan oleh buah hatinya. Dengan demikian, barulah pekerjaan bersih-bersih rumah yang merupakan kolaborasi orangtua dan anak bisa dilakukan.

Sementara terkait cara mengajak anak membersihkan rumah, tentu tidak sama dengan yang kita terapkan pada pasangan atau asisten rumah tangga. Ingat, anak-anak merupakan manusia yang sangat senang bermain. Jadi untuk bisa mengajaknya ikut membersihkan rumah, orangtua pun harus membuat pekerjaan itu seolah-olah seperti permainan buat mereka. Hal ini tentunya tidak hanya akan membuat pekerjaan membersihkan rumah jadi lebih ringan, tapi juga menyenangkan.

[Baca Juga : Membuat Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC]

Di sisi lain, ada banyak jenis pekerjaan rumah yang bisa dibuat seperti permainan atau games untuk anak-anak. Berikut adalah tiga di antaranya seperti dikutip dari cleanpedia.com, Rabu (12/9/2018).

Permainan Mencuci Pakaian

Permainan dalam pekerjaan mencuci pakaian ini ada dua, yakni mencari pasangan kaus kaki dan menyimpan pakaian yang telah disetrika ke dalam lemari. Dalam permainan mencari pasangan kaus kaki, ajaklah anak untuk mencari pasangan setiap kaus kaki bersih yang sudah selesai dicuci dan dijemur.

Permainan ‘mencari pasangan’ ini tentunya akan disukai oleh anak-anak. Sementara untuk games menyimpan pakaian yang telah disetrika ke dalam lemari, buatlah seolah-olah si kecil berperan sebagai kurir yang mengantar pesanan. Dia akan senang ketika mengambil pesanan (pakaian rapi), dan mengantarnya ke tujuan yang tepat (slot lemari pakaian).

Permainan Membersihkan Kamar Tidur

Supaya anak bisa belajar dan mampu membersihkan kamarnya sendiri di kemudian hari, ajaklah anak untuk melakukan pekerjaan bersih-bersih kamar tidur. Tapi tentunya, bimbing dia dengan cara yang disenanginya, yakni bermain.

Dalam permainan ini, orangtua bisa berperan sebagai pembeli dan anak sebagai penjual. Anak bisa diminta untuk mengantarkan semua mainan yang berserakan di lantai ke dalam kotak mainan, untuk kemudian bisa dipilih oleh pembeli (orangtua). Selain itu, anak juga bisa diajak untuk balapan memasang sarung bantal dan guling saat orangtua merapikan tempat tidur. Bisa juga dengan adu ketepatan melempar pakaian kotor ke dalam keranjang cucian.

Permainan Membersihkan Dapur

Selain mencuci piring dan memilah sampah, ada banyak pekerjaan dapur yang bisa dikerjakan orangtua bersama anaknya. Seperti membersihkan bagian luar lemari es, misalnya. Ajaklah anak untuk berkreasi dengan magnet di pintu lemari es. Mereka pasti akan senang melakukannya. Tapi sebelum itu, mintalah anak-anak untuk melepas mainan magnet terlebih dahulu, membersihkannya dari debu, serta mengelap pintu kulkas yang jadi ‘kanvas’ untuk kreasi mainan magnetnya. Secara tidak langsung, permainan ini akan membuat bagian luar lemari es jadi lebih bersih.

[Baca Juga : Rahasia Rumah Terlihat Segar Meski Tanpa Tanaman Asli]

Agar anak-anak lebih semangat melakukan berbagai permainan yang sejatinya merupakan pekerjaan membereskan serta membersihkan rumah, buatlah papan skor untuk nilai-nilai mereka di setiap permainan. Jangan lupa juga untuk memberi pujian tiap kali mereka berhasil melakukan tugas-tugasnya. Ini penting karena anak-anak merespon pujian dengan sangat baik. Hal ini juga akan menumbuhkan tanggung jawab, rasa senang membantu orangtua, serta kecintaan mereka terhadap kerapian serta kebersihan rumah.

Read More


Artikel Lainnya

MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties

Bisnis

MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties

20 June 2019, 10:00  |  11 Views

MMA sebentar lagi menggelar penghargaan Smarties, asosiasi ini mengajak pengusaha lokal di Indonesia untuk ikut dalam perhelatan tersebut.

Mengenal Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

Kesehatan

Mengenal Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

20 June 2019, 11:00  |  13 Views

Kanker masih jadi penyakit yang menyeramkan di Indonesia. Kenali kanke rotak lebih dalam agar bisa ditangani dengan tepat.

Ayo Persiapkan Diri di Kelas Berlari MILO

Berita Kawasan

Ayo Persiapkan Diri di Kelas Berlari MILO

20 June 2019, 09:00  |  10 Views

Kelas Berlari MILO merupakan wadah bagi para peserta khususnya pelari pemula untuk mempersiapkan diri mengikuti MILO Jakarta International 10K.

Pemkot Jaktim dan PT JIEP Bekerjasama Memajukan Wilayah Jakarta Timur

Berita Kawasan

Pemkot Jaktim dan PT JIEP Kerjasama Majukan Wilayah Jakarta Timur

20 June 2019, 12:00  |  4 Views

Pemkot Jaktim menerima audiensi PT. JIEP pada 17 Juni 2019. Kedua pihak membahas penataan kota demi bersama memajukan wilayah kota Jakarta Timur.


Comments


Please Login to leave a comment.