ANCOL_PROPERTI_MEMBUAT RUMAH TERASA SEJUK TANPA AC_IVAN_REVISI 02-01.jpg

Properti dan Solusi

Membuat Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC

Rumah yang berada di kawasan pesisir seperti pantai Jakarta, memang umumnya terasa panas. Tapi, Anda bisa meminimalisir panas itu, bahkan membuat rumah terasa sejuk meski tanpa AC. Semakin dekat dengan laut, maka semakin panas suhu yang ada di dataran tersebut. Ini karena pengaruh tekanan atmosfer yang ada di bumi, di mana semakin rendah suatu tempat, maka akan semakin tinggi suhunya. Di samping itu, kawasan pesisir sepeti pantai di Jakarta Utara juga umumnya jarang memiliki pohon besar yang bisa membuat teduh area di sekitarnya. Hal-hal inlah yang kemudian membuat rumah di sana terasa lebih panas dibanding wilayah lain di Jakarta. Tapi tenang, hawa panas yang terasa di dalam rumah ini bisa diminimalisir. Bahkan, Anda juga bisa membuat rumah terasa sejuk meski tanpa bantuan air conditioner (AC).

[Baca Juga : 5 Masalah dan Cara Mengatasi Kerusakan di Rumah Dekat Pantai]

Untuk membuat rumah terasa sejuk tanpa AC, ada beberapa hal yang mesti Anda lakukan dan terapkan di rumah. Pertama, Anda harus menggunakan warna cat khusus. Warna khusus ini adalah warna yang memiliki nuansa sejuk, seperti biru muda, hijau, putih, atau cokelat. Warna-warna tersebut akan menyejukkan mata sehingga membuat pikiran tersugesti untuk merasa lebih dingin. Perlu diingat, warna cat dinding yang diterapkan ini dapat memengaruhi banyak hal. Mulai dari psikologis penghuni rumah, hingga nuansa hunian itu sendiri.

Hal kedua yang juga harus dilakukan penghuni agar rumah terasa sejuk tanpa AC adalah dengan memenuhi pekarangan dengan pepohonan. Sebab seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kawasan pesisir seperti beberapa pantai di Jakarta umumnya jarang memiliki pohon besar. Maka untuk membuat rumah terasa lebih teduh, perlu ditambah dengan pepohonan di sekitarnya. Pohon-pohon khususnya yang rindang ini akan membuat suasana rumah jadi lebih sejuk. Jika memang tidak ada tanah kosong atau lahan cukup untuk menanam pohon, gunakan teknik menanam dengan pot. Berkebun dengan tanaman gantung juga bisa menjadi alternatif peneduh dan pendingin ruangan yang efektif selain AC.

Ilustrasi bukaan rumah yang lebar

Ketiga, lengkapi hunian dengan filter sinar matahari seperti gorden dan sejenisnya. Ingat, sumber panas utama di siang hari adalah sinar matahari. Maka itu, pasanglah gorden untuk menghalangi atau setidaknya menyaring panas sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Tapi ingat, jangan gunakan gorden yang terlalu tebal sehingga bisa membuat rumah gelap dan terasa pengap.

Hal keempat yang bisa dilakukan untuk membuat rumah dekat pantai di Jakarta terasa sejuk tanpa AC adalah dengan membuka ventilasi selebar-lebarnya pada pagi dan malam hari. Biarkan udara dingin malam dan sejuknya embun pagi, masuk menggantikan udara pengap di dalam rumah. Sirkulasi udara seperti ini sudah pasti akan membuat rumah terasa lebih sejuk dan segar. Tapi ingat, lakukan hal ini saat Anda masih terjaga. Sebab jika tidak, nyamuk atau bahkan orang asing bisa masuk ke rumah.

Selanjutnya atau hal kelima, gantilah atap asbes atau seng yang Anda gunakan dengan genteng yang terbuat dari tanah liat. Genteng seperti ini lebih sedikit menyerap panas matahari jika dibandingkan dengan penutup atap jenis lainnya. Alhasil, dengan menggunakan genteng ini, udara dalam rumah akan terasa lebih sejuk. Sementara agar sejuknya lebih maksimal, matikan sumber panas yang tidak perlu atau sedang tidak digunakan. Sumber panas ini bisa berupa barang elektronik, lampu, kompor, atau benda-benda lain yang menghasilkan panas.

[Baca Juga : Apartemen Bisa Jadi Hunian Sehat dengan Bantuan Tanaman]

Keenam atau terakhir, hadirkan akuarium agar rumah terasa sejuk tanpa AC. Tidak peduli rumah Anda berada di pesisir atau dekat pantai di Jakarta Utara. Soalnya, ini bukan hanya soal estetika, melainkan kenyamanan rumah juga. Keberadaan akuarium dalam rumah dapat membuat udara menjadi lebih sejuk. Ini mengacu pada efek psikologis ruang, serta elemen air yang identik dengan kesegaran serta kesejukan. Jadi, jangan bosan melihat ikan atau air di dalam dan luar rumah.

Read More

Artikel Lainnya

Pemkab Bekasi Hilangkan Kawasan Kumuh Lewat Program BERSEKA

Berita Kawasan

Pemkab Bekasi Hilangkan Kawasan Kumuh Lewat Program BERSEKA

21 February 2020, 20:00

Untuk memberikan taraf hidup yang nyaman dan sejahtera, Pemkab Bekasi entaskan warga di kawasan kumuh dengan BERSEKA.

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Pendidikan

Mengenal Lebih Dekat Kehidupan Masyarakat Betawi Melalui Museum di Setu Babakan

21 February 2020, 19:00

Salah satu lokasi yang wajib dikunjungi ketika menyambangi PBB Setu Babakan adalah Museum Betawi. Apa saja yang ada di dalamnya?

Robologee Buka Kelas Robotik Maret 2020, Warga Bekasi Bisa Daftar

Pendidikan

Robologee Buka Kelas Robotik Maret 2020, Warga Bekasi Bisa Daftar

21 February 2020, 17:00

Anda warga Bekasi yang berniat mendorong anak untuk melek teknologi? Belajar robotik bisa jadi alternatif solusi.

RUU Omnibus Law Cipta Kerja Turut Menyasar Pers, Apa Saja Dampaknya

Berita Kawasan

RUU Omnibus Law Cipta Kerja Turut Menyasar Pers, Apa Saja Dampaknya?

21 February 2020, 17:00

Beberapa pasal dalam rancangan legislasi tersebut turut bersinggungan dengan UU Pers


Comments


Please Login to leave a comment.