PROPERTI_Membuat-Taman-Bermain-Anak-Itu-Mudah,-Begini-Caranya_REVISI.jpg

Properti dan Solusi

Membuat Taman Bermain Anak Itu Mudah, Begini Caranya

Sebagai tempat tinggal, rumah tentunya harus terasa nyaman bagi semua penghuni, termasuk anak-anak. Tapi sayang, kebanyakan orang saat ini jarang memikirkan hal tersebut. Mereka biasanya lebih fokus pada kenyamanan tinggal orang dewasa di dalam rumah. Padahal, hunian yang nyaman untuk anak ini akan membuat si kecil betah berada di rumah. Hal ini juga baik untuk tumbuh kembang mereka. Di sisi lain, tidak sulit membuat rumah yang nyaman untuk anak-anak. Keberadaan taman bermain anak sudah cukup untuk memenuhi unsur kenyamanan si kecil di lingkungan rumah.

Membuat taman bermain untuk anak ini juga bisa dikatakan cukup mudah. Orangtua atau penghuni dewasa hanya perlu melakukan beberapa hal khusus. Mulai dari menentukan lokasi, membuat sketsa, menentukan fasilitas permainan, hingga memerhatikan faktor keamanan. Berikut uraian lengkapnya.

1. Menentukan Lokasi

Dalam membuat taman bermain anak, penentuan lokasi merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Sebab, taman bermain ini akan memakan area yang cukup besar. Penentuan lokasi ini juga berkaitan dengan hal-hal lain, seperti penempatan fasilitas permainan hingga pengawasan terhadap anak itu sendiri. Maka itu, pilihlah lokasi yang cukup luas dan mudah untuk diawasi orang dewasa. Sebagai referensi, taman di halaman belakang atau patio di tengah rumah bisa jadi lokasi yang pas.

[Baca Juga : Membersihkan Rumah Bersama Anak itu Menyenangkan]

2. Membuat Sketsa

Setelah menentukan lokasi, buat sketsa taman bermain yang akan dibuat. Sesuaikanlah sketsa ini dengan denah atau luas area yang tersedia. Atur pula posisi peletakan fasilitas permainan dalam sketsa tersebut, agar kelak proses pengerjaannya tidak memakan banyak waktu dan tenaga. Jangan lupa atur anggaran agar tidak kebobolan dalam pembuatan taman bermain anak ini.

3. Memilih Fasilitas Permainan

Setelah sketsa jadi, tentu orangtua akan lebih mudah untuk menentukan jenis mainan yang bakal ditempatkan pada area atau taman bermain anak. Tapi jangan lupa, dalam hal ini, orangtua juga harus memerhatikan usia dan kesukaan anak. Jangan sampai memilih dan menempatkan fasilitas permainan yang tidak sesuai dengan usia dan bertolak belakang dengan kesukaan anak. Hal itu hanya akan membuat anak merasa tidak nyaman nantinya. Terlebih, anak laki-laki dan perempuan biasanya memiliki ketertarikan yang berbeda.

4. Memerhatikan Faktor Keamanan

Karena berhubungan dengan anak-anak, maka keamanan jadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam membuat taman bermain bagi mereka. Faktor keamanan ini juga harus diperhatikan dan ada di setiap fasilitas yang tersedia di area taman bermain anak tersebut. Maka itu, sebaiknya orangtua mempertimbangkan faktor ini dalam berbagai hal mulai dari penentuan lokasi, hingga pemilihan fasilitas bermain.

5. Aplikasikan Sesuai Prosedur

Apapun jenis fasilitas permainan yang dihadirkan di area taman bermain anak, pastikan semuanya dipasang dan digunakan sesuai prosedur. Tujuannya tentu agar permainan yang telah dihadirkan orangtua, aman dan nyaman bagi anak-anak. Hal ini juga perlu dilakukan agar fasilitas permainan di taman bermain anak tidak cepat rusak.

[Baca Juga : Siku Dharmawangsa dan Bisnis Ramah Anak di Jakarta Selatan]

6. Memiliki Unsur Edukasi

Kendati namanya taman bermain, tapi tetap saja fasilitas ini harus memiliki unsur edukasi. Soalnya, fasilitas ini akan digunakan oleh anak yang sedang dalam proses tumbuh kembang. Maka dengan adanya unsur edukasi, taman bermain anak pun akan membantu meningkatkan kecerdasan dan proses tumbuh kembang mereka. Unsur edukasi juga akan membuat taman bermain jadi tempat belajar yang seru dan menyenangkan bagi anak-anak.

Read More


Artikel Lainnya

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

Bisnis

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

26 May 2019, 13:00  |  6 Views

Sebagai perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, Home Credit berkomitmen menjadi mitra pembiayaan yang dapat diandalkan bagi mitra bisnis atau konsumen.

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

Berita Kawasan

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

26 May 2019, 14:00  |  5 Views

Prestasi atlet pemandu sorak di ajang Asian Junior Cheerleading Championship menjadi modal menuju Cheerleading Wold Championship.

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

Berita Kawasan

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

26 May 2019, 12:00  |  5 Views

Usai menonton film Ambu garapan Skytree Pictures, Wali Kota Bogor mengaku sempat meneteskan air. Dia pun mengajak ibu dan anak di kawasan Bogor menonton film Ambu.

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

Kesehatan

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

26 May 2019, 15:00  |  5 Views

Menjaga stamina saat Ramadan perlu dilakukan agar segala aktivitas bisa dilakukan tanpa mengurangi intensitas. Khusus untuk pria, ini cara jitu jaga stamina di bulan Ramadan.


Comments


Please Login to leave a comment.