Memetik Pelajaran Dari Karakter Joker Dalam Kehidupan

Pendidikan

Memetik Pelajaran dari Karakter Joker dalam Kehidupan

Joker adalah film thriller Amerika Serikat tahun 2019 yang disutradarai Todd Phillips, berdasarkan karakter antagonis, musuh bubuyutan Bruce Wayne alias Batman karya DC Comics. Film ini yang dibintangi Joaquin Phoenix, Robert De Niro, Zazie Beetz dan Frances Conroy ini merupakan garapan rumah produksi Warner Bros Pictures tayang serentak di bioskop Indonesia pada 2 Oktober 2019.

Film yang mengisahkan tentang Arthur Fleck yang berasal dari masyarakat kelas bawah mengalami rangkaian kegagalan selama menjalani profesinya. Tekanan psikis dan diabaikan masyarakat Kota Gotham dirasakan Arthur Fleck.

Memetik Pelajaran Dari Karakter Joker Dalam Kehidupan

Suatu ketika, Arthur Fleck mengalami sebuah insiden buruk dalam hidupnya. Insiden tersebut lambat laun mengubah pemikiran Arthur Fleck menjadi pria yang bengis. Arthur Fleck pun mengubah namanya dan ingin dipanggil dengan nama Joker. "Dulu kupikir hidupku sebuah tragedi. Kini kusadari, hidupku sebuah komedi," kata Joker.

[Baca Juga: Ini Detail dan Referensi di Film Joker yang Anda Luput]

Merunut cerita, jika berbicara seorang Joker pastinya berkarakter gila, psikopat hingga kejam sudah tertanam di dalam benak setiap orang. Namun, sadarkah Anda bahwa dari betapa jahatnya seorang Joker ternyata ada pesan positif dibaliknya? Dalam artikel kali ini, PingPoint.co.id akan menguak pesan positif dari karakter seorang Joker dimana bisa dipetik pelajaran dalam kehidupan, di antaranya:

  • Cara Berpikir Serta Perencanaan Tanpa Batas

Terlepas dari kekejaman dan kriminalitasnya, ternyata ada pesan moral yang dapat Anda ambil dari karakter Joker. Salah satunya adalah cara berpikir seorang Joker yang cerdas dan penuh perencanaan yang tidak terduga. Pola pikir Joker yang cerdas dan penuh rencana tersebut tentu bisa diterapkan dalam kehidupan. Terutama saat Anda dilanda masalah, berpikir cerdas dan terencana dapat mengatasi masalah dengan solusi yang matang.

  • Tidak Ada Menusia yang Sempurna

Joker diceritakan ialah seorang manusia biasa. Ketika Joker yang dengan santainya tertawa melihat penderitaan orang lain. Pesan moral dari karakter Joker adalah ketamakan dan kekejaman bisa muncul kapan pun dalam diri seorang manusia biasa. Tidak ada manusia yang sempurna di dunia.

  • Saat Ini, Peraturan Dibuat untuk Dilanggar

Joker menjadi simbol pembangkang dalam hal aturan. Joker berpandangan bahwa aturan adalah penghalang dunia yang lebih baik, paradigma ini sengaja dibuat untuk menyindir manusia saat ini. Moralnya adalah dalam hidup manusia harus disiplin jika ingin sukses. Salah satu kunci kesuksesan dengan disiplin. Dan menaati peraturan merupakan syarat kedisiplinan.

  • Masyarakat yang Lemah Dihancurkan oleh yang Kuat

Joker menyindir bagaimana kondisi masyarakat yang masih terkesan egois. Demi mendapatkan sebuah keripik, manusia tidak segan memangsa yang lain. Pesan yang dapat Anda petik adalah janganlah menghalalkan segala cara untuk menjadi sukses, khususnya merugikan orang lain. Banyak cara baik yang lebih berkah.

  • Kecerdasan yang Sering Disalahgunakan

Dunia hitam Joker memberikan pelajaran bahwa menjadi cerdas saja tidak cukup. Perlu adanya sikap dan hal lainnya yang menunjang kecerdasan. Jika hanya cerdas tanpa ada sikap yang baik, maka akan berujung buruk.

[Baca Juga: Apakah Penderita Gangguan Cemas Sebaiknya Tak Nonton Joker?]

Meskipun karakter Joker tersebut hanya fiktif, tetapi Anda dapat mengambil moral baiknya. Tidak ada yang sempurna dalam hidup ini, tapi bagaimana Anda melihat dan berpikir. Lihatlah sisi baik dalam setiap keburukan agar tidak mudah memberikan stigma buruk pada sesama dan permasalahan orang lain. Berpikir positif akan menghasilkan hal yang baik. Tak hanya baik buat kepribadian, tetapi ini adalah kunci kesuksesan. Pemikiran positif berasal dari akal yang sehat, salah satu faktor penunjang adalah pola dan gaya hidup.

Read More

Artikel Lainnya

Biaya Pasien Corona Tidak Ditanggung BPJS, tapi Anggaran Kemenkes

Kesehatan

Biaya Pasien Corona Tidak Ditanggung BPJS, tapi Anggaran Kemenkes

03 August 2020, 15:00

Pihak BPJS Kesehatan menjelaskan, penyakit Virus Corona tidak dijamin karena tergolong penyakit yang bisa mengakibatkan wabah.

Klinik Estetika Laser Project Skin Resmi Hadir di Jakarta Selatan.jpg

Kecantikan dan Fashion

Klinik Estetika Laser Project Skin Resmi Hadir di Jakarta Selatan

03 August 2020, 14:15

Baru-baru ini dr.Deasy Lius meresmikan klinik estetika di Jakarta Selatan yang disebut melayani perawatan kecantikan dengan hasil yang maksimal dalam waktu downtime yang sedikit.

Bus PPD Rute Tamansari Persada Bogor-Blok M dan Juanda Mulai Beroperasi .jpg

Bisnis

Bus PPD Rute Tamansari Persada Bogor-Blok M dan Juanda Mulai Beroperasi

03 August 2020, 12:45

Masyarakat Kota Hujan saat ini memiliki moda transportasi umum alternatif untuk menuju ke kawasan Ibu Kota.

Pemprov Jawa Barat Resmi Perpanjang PSBB Proporsional di Bodebek .jpg

Berita Kawasan

Pemprov Jawa Barat Resmi Perpanjang PSBB Proporsional di Bodebek

03 August 2020, 11:30

Demi memastikan protokol kesehatan benar-benar dipatuhi, Pemprov Jawa Barat kembali memperpanjang PSBB Proporsional.


Comments


Please Login to leave a comment.