Memfasilitasi Start Up Yayasan NextICorn Resmi Dibentuk

Bisnis

Memfasilitasi Startup, Yayasan NextICorn Resmi Dibentuk

NextICorn (Next Indonesia Unicorn) adalah sebuah kerjasama antara industri digital (swasta) dan pemerintah yang mencari dan mewadahi berbagai startup terbaik di Indonesia yang siap menerima investasi baik asing maupun dalam negeri.

Yayasan ini sudah dibentuk sejak tahun 2017 berdasarkan gagasan bersama. Bermula dari tahun 2015, ketika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak lima perusahaan startup Indonesia yang baru berkembang yaitu, GO-JEK, Tokopedia, Traveloka, MatahariMall, dan Kaskus ke Silicon Valley untuk diperkenalkan kepada para pemimpin dan investor digital ternama.

[Baca Juga: Skystar Ventures, Lahan Inkubasi Startup di UMN]

Yayasan NextICorn merupakan lembaga yang didirikan dengan tujuan untuk melembagakan keberlangsungan kerja sama antara pemerintah dengan ekosistem startup. Yayasan ini diwakili tokoh-tokoh ekonomi digital di Indonesia. Antara lain founder dari Unicorns Indonesia William Tanuwijaya dari Tokopedia, Nadiem Makarim dari GO-JEK, dan Achmad Zaky dari Bukalapak. Pembentukan yayasan ini menunjukkan kepedulian pemerintah untuk menjadi fasilitator, bagi pelaku bisnis startup di Indonesia, yang kini mengambil andil bagi pertumbuhan ekonomi bangsa.

Untuk memastikan perkembangan bisnis startup di Indonesia, yayasan kembali diluncurkan dengan mengusung Program Next Indonesia Unicorn (NextICorn) di Greenhouse, Menteng, Jakarta Pusat. Menurut press realese yang dibagikan Kominfo (05/04/2019), dalam acara tersebut telah dilakukan penandatanganan Akta Yayasan NextICorn oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Kepala Badan Koordinasi Penananaman Modal Thomas Lembong.

[Baca Juga: IndoSterling Forum: Milenial Tertarik Bangun Bisnis Startup]

Terbentuknya yayasan ini menurut Menteri Kominfo Rudiantara adalah sebagai bentuk para pelaku ekonomi digital bekerja dengan hati, bukan hanya mementingkan keuntungan pribadi. “Pembentukan yayasan ini juga sebagai bentuk nyata terbentuknya ekosistem jangka panjang yang berkelanjutan sehingga industri ekonomi digital dapat berkembang lebih cepat dan baik," ujarnya.

“Dibentuk oleh industri, dijalankan oleh industri, dan untuk industri. Maka dari itu saya berharap ke depannya yayasan ini mampu memfasilitasi startup Indonesia agar ikut serta menjadi unicorn hingga decacorn,” lanjutnya. Kini, Yayasan NextICorn dapat menyediakan fasilitas berupa pendanaan, teknologi, pemasaran, dukungan model usaha, dan akses bertemu dengan Ventur Capital (VC) yang diinginkan.

Read More

Artikel Lainnya

Wah, Ada Takoyaki Rasa Kari Jepang di Gindaco.jpg

Kuliner

Wah, Ada Takoyaki Rasa Kari Jepang di Gindaco

30 September 2020, 18:14

Brand takoyaki Gindaco baru-baru ini menghadirkan menu baru dengan rasa kari otentik dari Negeri Sakura.

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

Properti dan Solusi

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

30 September 2020, 16:07

Memilih palet warna monokromatik berarti berkomitmen pada satu warna, tentu saja, tetapi penggemar warna sejati tidak akan menghindar tantangan itu.

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik Ini 3 Tendensi Penentunya

Kesehatan

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik? Ini 3 Tendensi Penentunya

30 September 2020, 15:03

Mengartikan tingkat narsistik "normal" itu rumit, tetapi tiga tendensi penentu berikut dapat lebih memperjelas apa masalah yang Anda hadapi.

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam .jpg

Bisnis

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam

30 September 2020, 14:02

Pepen baru-baru ini mengumpulkan semua pengusaha kafe hingga hiburan malam demi mencegah keadaan seperti di Kafe Broker Galaxy Bekasi kembali terjadi.


Comments


Please Login to leave a comment.