Memfasilitasi Start Up Yayasan NextICorn Resmi Dibentuk

Bisnis

Memfasilitasi Startup, Yayasan NextICorn Resmi Dibentuk

NextICorn (Next Indonesia Unicorn) adalah sebuah kerjasama antara industri digital (swasta) dan pemerintah yang mencari dan mewadahi berbagai startup terbaik di Indonesia yang siap menerima investasi baik asing maupun dalam negeri.

Yayasan ini sudah dibentuk sejak tahun 2017 berdasarkan gagasan bersama. Bermula dari tahun 2015, ketika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak lima perusahaan startup Indonesia yang baru berkembang yaitu, GO-JEK, Tokopedia, Traveloka, MatahariMall, dan Kaskus ke Silicon Valley untuk diperkenalkan kepada para pemimpin dan investor digital ternama.

[Baca Juga: Skystar Ventures, Lahan Inkubasi Startup di UMN]

Yayasan NextICorn merupakan lembaga yang didirikan dengan tujuan untuk melembagakan keberlangsungan kerja sama antara pemerintah dengan ekosistem startup. Yayasan ini diwakili tokoh-tokoh ekonomi digital di Indonesia. Antara lain founder dari Unicorns Indonesia William Tanuwijaya dari Tokopedia, Nadiem Makarim dari GO-JEK, dan Achmad Zaky dari Bukalapak. Pembentukan yayasan ini menunjukkan kepedulian pemerintah untuk menjadi fasilitator, bagi pelaku bisnis startup di Indonesia, yang kini mengambil andil bagi pertumbuhan ekonomi bangsa.

Untuk memastikan perkembangan bisnis startup di Indonesia, yayasan kembali diluncurkan dengan mengusung Program Next Indonesia Unicorn (NextICorn) di Greenhouse, Menteng, Jakarta Pusat. Menurut press realese yang dibagikan Kominfo (05/04/2019), dalam acara tersebut telah dilakukan penandatanganan Akta Yayasan NextICorn oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Kepala Badan Koordinasi Penananaman Modal Thomas Lembong.

[Baca Juga: IndoSterling Forum: Milenial Tertarik Bangun Bisnis Startup]

Terbentuknya yayasan ini menurut Menteri Kominfo Rudiantara adalah sebagai bentuk para pelaku ekonomi digital bekerja dengan hati, bukan hanya mementingkan keuntungan pribadi. “Pembentukan yayasan ini juga sebagai bentuk nyata terbentuknya ekosistem jangka panjang yang berkelanjutan sehingga industri ekonomi digital dapat berkembang lebih cepat dan baik," ujarnya.

“Dibentuk oleh industri, dijalankan oleh industri, dan untuk industri. Maka dari itu saya berharap ke depannya yayasan ini mampu memfasilitasi startup Indonesia agar ikut serta menjadi unicorn hingga decacorn,” lanjutnya. Kini, Yayasan NextICorn dapat menyediakan fasilitas berupa pendanaan, teknologi, pemasaran, dukungan model usaha, dan akses bertemu dengan Ventur Capital (VC) yang diinginkan.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.


Comments


Please Login to leave a comment.