Memfasilitasi Start Up Yayasan NextICorn Resmi Dibentuk

Bisnis

Memfasilitasi Startup, Yayasan NextICorn Resmi Dibentuk

NextICorn (Next Indonesia Unicorn) adalah sebuah kerjasama antara industri digital (swasta) dan pemerintah yang mencari dan mewadahi berbagai startup terbaik di Indonesia yang siap menerima investasi baik asing maupun dalam negeri.

Yayasan ini sudah dibentuk sejak tahun 2017 berdasarkan gagasan bersama. Bermula dari tahun 2015, ketika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak lima perusahaan startup Indonesia yang baru berkembang yaitu, GO-JEK, Tokopedia, Traveloka, MatahariMall, dan Kaskus ke Silicon Valley untuk diperkenalkan kepada para pemimpin dan investor digital ternama.

[Baca Juga: Skystar Ventures, Lahan Inkubasi Startup di UMN]

Yayasan NextICorn merupakan lembaga yang didirikan dengan tujuan untuk melembagakan keberlangsungan kerja sama antara pemerintah dengan ekosistem startup. Yayasan ini diwakili tokoh-tokoh ekonomi digital di Indonesia. Antara lain founder dari Unicorns Indonesia William Tanuwijaya dari Tokopedia, Nadiem Makarim dari GO-JEK, dan Achmad Zaky dari Bukalapak. Pembentukan yayasan ini menunjukkan kepedulian pemerintah untuk menjadi fasilitator, bagi pelaku bisnis startup di Indonesia, yang kini mengambil andil bagi pertumbuhan ekonomi bangsa.

Untuk memastikan perkembangan bisnis startup di Indonesia, yayasan kembali diluncurkan dengan mengusung Program Next Indonesia Unicorn (NextICorn) di Greenhouse, Menteng, Jakarta Pusat. Menurut press realese yang dibagikan Kominfo (05/04/2019), dalam acara tersebut telah dilakukan penandatanganan Akta Yayasan NextICorn oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Kepala Badan Koordinasi Penananaman Modal Thomas Lembong.

[Baca Juga: IndoSterling Forum: Milenial Tertarik Bangun Bisnis Startup]

Terbentuknya yayasan ini menurut Menteri Kominfo Rudiantara adalah sebagai bentuk para pelaku ekonomi digital bekerja dengan hati, bukan hanya mementingkan keuntungan pribadi. “Pembentukan yayasan ini juga sebagai bentuk nyata terbentuknya ekosistem jangka panjang yang berkelanjutan sehingga industri ekonomi digital dapat berkembang lebih cepat dan baik," ujarnya.

“Dibentuk oleh industri, dijalankan oleh industri, dan untuk industri. Maka dari itu saya berharap ke depannya yayasan ini mampu memfasilitasi startup Indonesia agar ikut serta menjadi unicorn hingga decacorn,” lanjutnya. Kini, Yayasan NextICorn dapat menyediakan fasilitas berupa pendanaan, teknologi, pemasaran, dukungan model usaha, dan akses bertemu dengan Ventur Capital (VC) yang diinginkan.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.