LinkAja Hadirkan Kemudahan Pembayaran PBB DKI Jakarta

Bisnis

Meminimalisir Penyebaran Corona, Ganti Pembayaran dengan Nontunai

Uang tunai disebut-sebut menjadi salah satu media penyebar Virus Corona. Itu diketahui setelah Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mengimbau kepada masyarakat untuk langsung mencuci tangan dengan sabun setelah memegang uang tunai. Sebab, menurut WHO, uang tunai yang sering berpindah tangan bisa menjadi sarang bakteri dan virus.

[Baca Juga: Setelah Diisolasi, 2 Pasien Corona Sudah Dinyatakan Sembuh]

Berpijak dari situ, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta lewat BUMD bidang perbankan mengimbau masyarakat untuk mulai mengurangi penggunaan uang tunai dan beralih ke nontunai. Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini mengatakan masyarakat bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan aplikasi di smartphone ataupun kartu pembayaraan nontunai untuk meminimalisir penularan virus corona.

Adapun kartu nontunai yang bisa dimanfaatkan masyarakat antara lain seperti e-money (Bank Mandiri), Flazz (Bank BCA), Tap-Cash (Bank BNI), Brizzi (Bank BRI), serta kartu nontunai milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI, Jakcard dan JakLingko. Selain itu ada juga produk mobile banking seperti JakOne Mobile sebagai salah satu solusi bertransaksi pengganti uang tunai.

Cegah COVID-19 dengan Sering Cuci Tangan (FILEminimizer).jpg

"Sebagai upaya untuk mengurangi risiko masyarakat terekspos virus corona, ada baiknya melakukan transaksi secara nontunai menggunakan mobile banking," ujar Herry.

Imbauan itu pun kata Herry sesuai dengan perintah Gubernur DKI Anies Baswedan melalui Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 16 Tahun 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Terinfeksi Virus Corona (COVID-19).

[Baca Juga: Hati-hati Angker, KRL Berisiko Tinggi Jadi Tempat Penularan COVID-19]

Selain menyarankan masyarakat untuk beralih ke transaksi nontunai, Pemprov DKI Jakarta juga menerapkan sejumlah langkah dalam memerangi virus corona. Beberapa diantaranya ialah membagikan masker kepada karyawan, memasang instalasi cuci tangan berisi cairan antiseptik di kantor pusat (Bank DKI) dan melakukan pemindaian suhu tubuh di pintu masuk area balaikota DKI Jakarta dan juga kantor pelayanan lainnya.

Bahkan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pun menginstruksikan jajarannya di lingkungan Pemprov DKI Jakarta untuk mengurangi kegiatan berjabat tangan dan berkontak fisik langsung. Ajakan itu bertujuan untuk menekan penyebaran virus corona yang bisa menular lewat sentuhan atau kontak langsung dengan orang yang terjangkit.


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.