Mempelajari Pencak Silat, Bela Diri Asal Indonesia yang Mendunia

Pendidikan

Mempelajari Pencak Silat, Bela Diri Asal Indonesia yang Mendunia

Cabang olahraga pencak silat saat di Asian Games 2018 Jakarta Palembang bulan Agustus lalu berhasil memanen banyak medali. Tentunya ini menjadi kebanggaan banyak masyarakat Indonesia, karena pencak silat merupakan seni bela diri otentik dari Indonesia. Dengan telah memborong banyak medali, olahraga ini mulai ramai diperbincangkan kembali. Banyak orang yang juga mulai penasaran mempelajari pencak silat. Mungkin salah satunya Anda?

Pencak silat, secara luas dikenal di berbagai negara di Asia Tenggara, misalnya Brunei, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Jika dilihat dari Wikipedia, pencak silat merupakan olahraga yang memerlukan banyak konsentrasi. Budaya Tiongkok khususnya agama Hindu, Budha, dan Islam menjadi pengaruh utama olahraga ini. Pencak silat memiliki beberapa aliran berdasarkan daerah asalnya, sebut saja Jawa Barat aliran yang paling terkenal adalah Cimande dan Cikalong, sedangkan Jawa Tengah khas dengan aliran Merpati Putih, dan Jawa Timur ada aliran Perisai Diri.

Pencak silat sudah rutin dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional. Sejak 1987, pencak silat turut dipertandingkan di SEA Games 2018. Namun pencak silat baru resmi menjadi cabang olahraga baru yang dipertandingkan di Asian Games tahun ini. Sebelumnya, di Asian Games Busan 2002 silat hanya menjadi pertandingan eksibisi.

Merpati Putih

Salah satu aliran yang paling banyak peminatnya adalah Merpati Putih. Bagi Anda yang ingin mempelajari silat aliran ini, patut berbangga, karena aliran ini termasuk aliran yang sudah diakui secara internasional. Perguruan silat ini fokus mengajarkan siswanya mempelajari seni bela diri tangan kosong atau dikenal dengan PPS Betako.

Merpati putih juga sudah masuk dalam kategori budaya Indonesia, aliran ini mulai berkembang sejak tahun 1550-an. Merpati Putih juga tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) sudah menjadi bagian dari Martial Arts Federation For World Peace (MAFWP). Perguruan Merpati Putih juga telah resmi menjadi salah satu anggota Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa atau International Silat Federation.

Awalnya aliran ini merupakan warisan keraton yang diturunkan hanya untuk keluarga keraton dari generasi ke generasi. Dikutip dari boombastis.com, Hingga akhirnya menyebar ke masyarakat umum bahkan internasional. Pada tahun 1999, dua warga negara Amerika Serikat, Nate Zeleznick dan Mike Zeleznick mempelajari olahraga ini dan mereka akhirnya menjadi pelatih Merpati Putih pertama di Amerika, hingga akhirnya dibangun American School of Merpati Putih.

Materi Utama Merpati Putih

Di perguruan merpati putih, aspek beladiri yang paling penting untuk dipelajari adalah beladiri tangan kosong atau tanpa senjata. Walaupun begitu, Anda tetap akan dikenalkan dengan senjata sebagai pelajaran ekstra. Dikutip dari laman resmi merpati putih, perguruan ini juga memiliki tingkatan seperti beladiri lain, pencak silat merpati putih memiliki 12 tingkatan yang bisa Anda capai dengan latihan dua kali dalam seminggu. Satu sesi biasanya akan menghabiskan waktu selama dua jam.

Bukan hanya diajarkan bela diri, Anda juga akan diajarkan mengenai getaran atau deteksi benda warna, dan halang rintang, juga stamina dan tenaga, dan pengobatan. Ilmu yang diajarkan Merpati Putih ini pernah diuji di laboratorium Amerika Serikat untuk membuktikan bahwa ilmu dari perguruan ini tidak ada unsur magis sama sekali. Ilmu getaran yang diajarkan Merpati Putih juga menjadi pelajaran untuk Kopasus TNI-AD, pasukan elit Kopaska TNI-AL, Brimob, dan marinir.

Kelompok Latihan Merpati Putih

Untuk Anda yang tinggal di Kabupaten Bekasi, ada beberapa perguruan disana, salah satunya berada di Jalan Karnasia Raya A5 No. 23, Cikarang Baru, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Anda bisa menghubungi nomor 0815 8504 2059. Ada juga cabang Merpati Putih di Kota Bekasi, yang lokasinya berada di Jalan Gugu Depan Raya No. 7, RT. 05 RW. 04, Pengasinan, Rawa Lumbu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai lokasi kelompok latihan, Anda bisa langsung mengunjungi laman silatmerpatiputih.com.

Read More

Artikel Lainnya

Mulai 12 April, Pengguna Transportasi Umum Jakarta Wajib Pakai Masker

Berita Kawasan

Mulai 12 April, Pengguna Transportasi Umum Jakarta Wajib Pakai Masker

05 April 2020, 17:00

Lanjutan dari surat edaran, Gubernur DKI Jakarta juga meminta penumpang transportasi umum wajib gunakan masker untuk cegah penularan.

Warga Jakarta Diimbau Tak Beli dan Gunakan Masker Medis

Kesehatan

Warga Jakarta Diimbau Tak Beli dan Gunakan Masker Medis

05 April 2020, 16:00

Cegah kelangkaan masker medis, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan keluarkan surat edaran untuk ajak masyarakat gunakan masker kain.

LG Terbangkan 50.000 PCR Test Kit dari Korea Selatan untuk Indonesia

Bisnis

LG Terbangkan 50.000 PCR Test Kit dari Korea Selatan untuk Indonesia

05 April 2020, 15:00

Untuk penanggulangan COVID-19 di Indonesia, LG mendonasikan 50.000 alat PCR yang didatangkan langsung dari Korea Selatan.

Usai Demonstrasi Mahasiswa, Transjakarta Alihkan Sejumlah Rute

Berita Kawasan

Catat! Ini Jam Layanan Operasional Bus Transjakarta yang Terbaru

05 April 2020, 11:00

Pemprov DKI Jakarta telah memperpanjang waktu tanggap darurat COVID-19. Ini berdampak pada layanan bus Transjakarta, yaitu perubahan jam operasional bus.


Comments


Please Login to leave a comment.