Mempercantik Hunian dengan Taman di Atap Rumah (1)

Properti dan Solusi

Mempercantik Hunian dengan Taman di Atap Rumah (1)

Rumah-rumah modern biasanya memiliki atap dak beton. Atap ini tidak berbentuk pelana dan ditutupi genteng, melainkan punya permukaan datar dan bisa dipijak layaknya lantai. Atap seperti ini dibuat karena sesuai dengan konsep minimalis yang diusung banyak rumah modern sekarang ini. Uniknya lagi, atap tersebut bisa dibuat lebih cantik dan fungsional jika dijadikan roof garden atau taman atap.

Roof garden memang tengah populer sekarang ini. Sebab selain bisa mempercantik tampilan hunian, taman yang ada di atap rumah juga bisa dijadikan area relaksasi yang nyaman. Bahkan untuk rumah jenis townhouse yang biasanya memiliki sedikit lahan sisa karena diapit oleh rumah lain di sisi kanan dan kirinya, atap seperti ini bisa jadi alternatif lokasi berkebun atau membuat taman.

(Baca Juga : Hunian Masa Depan untuk Generasi Milenial)

Kedengarannya menarik memang. Tetapi perlu diingat juga, membuat roof garden pada atap dak beton ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang mesti dilakukan pemilik atau penghuni rumah sebelum menjadikan atap tersebut sebagai rooftop cantik. Hal-hal yang dimaksud antara lain:

  1. Menggunakan Pelapis Anti Air

Sangat penting untuk melapisi atap dak beton dengan pelapis air atau waterproofing. Ini agar bagian atas atap tidak menyerap dan meneruskan air ke dalam ruangan di bawahnya. Dengan melapisi bagian atas dak beton menggunakan waterproofing, maka dua ruang yang ada di setiap sisi dak beton aman dari masalah yang berhubungan dengan air, seperti lumut di bagian atas dan rembes atau bocor di bagian bawah. Terlebih bila dijadikan roof garden, atap rumah memang akan sangat sering terkena air.

  1. Buat Saluran Pembuangan Air

Hal lain yang juga wajib dibuat sebelum menjadikan atap rumah sebagai roof garden adalah saluran pembuangan air. Sebab tanpa saluran tersebut, air bisa menggenangi seluruh area atap. Saluran pembuangan juga akan menyelamatkan area atap dari beban berlebih seperti genangan air, yang lama-kelamaan bisa merusak struktur beton karena masuk dan rembes ke bagian bawah.

  1. Gunakan Ventilasi Silang

Menata bagian atap juga berarti harus memerhatikan ruangan yang ada di bawahnya. Terlebih dengan mengaplikasikan atap dak beton, berarti bagian atas rumah tidak memiliki ruang insulasi termal seperti hunian beratap genteng atau sirap pada umumnya. Dengan kata lain, sinar matahari bisa langsung menghantam atap dan membuat ruang di bawahnya jadi lebih panas.

Maka itu, jika memang memiliki atau ingin membuat atap dak beton agar bisa dijadikan roof garden, berilah perhatian ekstra pada ruang yang berada persis di bawahnya. Setidaknya, aplikasikanlah ventilasi silang (lubang udara saling berhadapan) agar panas sinar matahari yang dihantarkan atap ke ruangan di bawah bisa direduksi oleh aliran udara.

Ruangan pun jadi lebih sejuk serta nyaman ditempati berkat ventilasi tersebut. Langkah ini terbilang penting, sebab akan percuma jika atap rumah terlihat indah dengan adanya roof garden, tapi ruangan-ruangan inti di bawahnya justru terasa panas dan pengap.

Itulah beberapa hal atau langkah awal yang mesti dilakukan sebelum membuat roof garden di atap rumah. Setelah semua hal tersebut diterapkan, atap rumah yang terbuat dari dak beton pun siap dihias dengan berbagai tanaman berikut dekorasinya.

Selanjutnya


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.