Mempercantik Hunian dengan Taman di Atap Rumah

Properti dan Solusi

Mempercantik Hunian dengan Taman di Atap Rumah (2)

Sebagai catatan dan agar roof garden tampil maksimal, penghuni atau pemilik rumah juga harus tahu jenis tanaman apa saja yang bisa ditempatkan dan tumbuh dengan baik di atap rumah. Maka setelah mempersiapkan atap dak beton, cari tahu jenis-jenis tanaman itu dan kemudian pilih yang paling disukai. Sementara untuk memudahkan dalam memilih jenis tanaman, berikut adalah beberapa kriteria dan referensi tanaman yang bisa serta cocok untuk mempercantik roof garden.

4. Tanaman yang tahan sinar matahari

Atap rumah tentu akan terpapar sinar matahari langsung. Maka jika ingin menjadikan atap sebagai taman, pilihlah tanaman yang bisa tahan dan tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari langsung. Tanaman ini bisa berupa palem, sikas, bougenville, dan pucuk merah. Mereka juga tak hanya tumbuh, tapi akan terlihat makin indah di bawah sinar matahari.

5. Tanaman berbatang langsing

Tanaman berbatang langsing ini maksudnya adalah tanaman yang batang dan akarnya tidak akan membesar dalam waktu cepat. Dengan demikian, tanaman ini tidak mudah merusak struktur atap dan dinding rumah, serta tidak mempersempit area atap itu sendiri. Contoh dari tanaman yang dimaksud adalah kamboja, cemara udang, jeruk, kembang sepatu, serta belimbing.

(Baca juga: Mempercantik Hunian dengan Taman di Atap Rumah 1 )

Tanaman-tanaman ini akan tetap berbatang langsing meski mereka terus tumbuh. Tetapi ingat, tetap perhatikan kondisi tanaman-tanaman itu setiap bulannya. Sebab meski batangnya tak membesar dalam waktu cepat, namun jika dibiarkan tumbuh tertalu lebat maka akar dan batangnya tetap berpotensi merusak atap.

6. Tanaman berbatang lunak

Hampir sama dengan tanaman berbatang langsing, jenis tanaman ini juga tidak akan merusak atap rumah karena pertumbuhan agak lambat. Di sisi lain, batang tanaman ini juga lunak sehingga tidak mampu merusak struktur bangunan. Contoh dari tanaman yang dimaksud adalah pandan, lidah mertua, lili paris, jade plant, dan kucai mini.

Agar tanaman-tanaman ini tumbuh subur dan bisa mempercantik roof garden dalam waktu yang lama, pastikan penghuni memberikan air sesuai dengan kebutuhannya. Soalnya, semakin sering terpapar sinar matahari, tanah sebagai media tanamnya akan cepat kering, dan mineral yang ada di dalamnya pun akan cepat terserap.

7. Tanaman bunga

Untuk masalah keindahan, sudah pasti tanaman bunga mampu menjawab persoalan tersebut. Maka itu, pilih juga tanaman bunga sebagai pelengkap keindahan roof garden. Pilih yang berwarna mencolok dan dan tahan cuaca panas. Dengan demikian, bunga tersebut akan terlihat semakin indah di bawah sinar matahari. Sebagai pilihan, penghuni rumah bisa memilih kamboja Jepang, euphorbia, kaktus zygocactus, dan petunia dalam hal ini.

8. Hindari tumbuhan berakar serabut

Selain bougenville varigata, kamboja Jepang, dedaunan puring, bromeliad, daun calathea, dan beberapa tanaman lain yang telah disebutkan sebelumnya, sejatinya penghuni rumah bebas memilih untuk menentukan jenis tanaman untuk mempercantik roof garden yang dimilikinya. Asalkan, tanaman tersebut ringan dan tidak berakar serabut. Dengan demikian, tanaman tidak akan membebani dan merusak struktur atap rumah serta dinding-dindingnya.

Selain tanaman, penghuni juga perlu memerhatikan view dari atap rumah yang akan dijadikan roof garden. Hal ini untuk memudahkan mereka dalam menata setiap tanaman dan elemen taman yang akan dihadirkan pada taman atap tersebut. Soalnya, ketepatan penataan semua elemen atap dak beton, termasuk tanaman berikut material pendukungnya, akan memengaruhi kenyamanan roof garden itu sendiri.

Read More

Artikel Lainnya

UTBK di Universitas Padjajaran.jpg

Pendidikan

UTBK di Unpad, Semua Peserta Wajib Pasang Aplikasi Mass Tracking

13 April 2021, 10:34

Semua peserta UTBK di Universitas Padjajaran wajib memasang aplikasi mass tracking untuk mencegah penularan COVID-19.

Nyekar 1.jpg

Berita Kawasan

Sebelum Ramadan, Warga Desa Giripurno Nyekar Tanpa Masker

13 April 2021, 10:17

Tradisi Nyekar masih dijaga oleh masyarakat Giripurno menjelang Ramadhan di masa pandemi ini.

Arjosari 2.jpg

Berita Kawasan

Terminal Arjosari Masih Layani Perjalanan Keluar Kota Tanpa Batas Waktu

13 April 2021, 10:15

Terminal Arjosari Malang masih akan layani penumpang tujuan jarak jauh.

Kuliner Murah Bogor yang Wajib Dicoba, Rasa Dijamin Nggak Murahan.jpg

Kuliner

Kuliner Murah Bogor yang Wajib Dicoba, Rasa Dijamin Nggak Murahan

13 April 2021, 10:07

Tidak kalah dengan kuliner-kuliner Bogor yang sudah banyak dikenal lainnya, beberapa kuliner ini bisa dibilang sebagai kuliner murah dengan harga satu porsinya tidak sampai Rp50.000 wajib dicoba ketika berwisata kuliner di Bogor dengan budget minim.


Comments


Please Login to leave a comment.