ads
MENTENG_PROPERTI_MEMPERCANTIK-RUMAH-DENGAN-PATIO_IVAN_REVISI-01.jpg

Properti dan Solusi

Mempercantik Rumah dengan Patio

Keberadaan patio bisa membuat rumah makin terlihat cantik, teduh, dan tenang. Bahkan untuk rumah-rumah di kawasan Menteng Jakarta yang umumnya berupa landed house berukuran besar dan luas, patio bisa jadi fitur yang kian menambah kenyamanan hunian. Jadi tunggu apa lagi? Segera buat patio di rumah. Siapa tahu hunian bisa tampil lebih indah dan menyegarkan, tidak kalah dengan Taman Menteng yang ada di sana. Tetapi sebelum itu, tentunya Anda juga harus paham seluk-beluk patio terlebih dahulu. Setelah itu, baru Anda bisa membuatnya.

Hampir Sama dengan Taman

Dirangkum dari berbagai sumber, sejatinya patio sama dengan taman. Hanya saja, patio posisinya berada di tengah atau menempel dengan bagian belakang bangunan rumah. Taman ini sepenuhnya dilindungi baik oleh pagar maupun oleh bangunan rumah itu sendiri. Tidak terbuka dan bisa dilihat banyak orang seperti halaman atau taman di bagian depan hunian.

Patio memang kurang akrab di telinga kita karena awalnya berkembang dari kawasan Timur Tengah. Di sana, satu-satunya cara untuk memiliki taman adalah dengan membuatnya di bagian tengah rumah. Dengan demikian, taman tersebut terlindungi dari keringnya iklim gurun.

Layaknya sebuah halaman, patio juga tentunya bisa ditanami dengan berbagai macam tumbuhan. Desainnya pun bisa disesuaikan agar selaras dengan hunian. Oleh karena itu, patio yang ditempatkan, didesain, serta dirawat dengan baik tidak hanya akan membuat rumah semakin nyaman, tetapi juga menambah nilai estetikanya.

Selain semakin nyaman dan indah, patio juga bisa membuat rumah semakin terlihat menyatu dengan alam. Itu karena fitur tersebut menghadirkan banyak tanaman dan cahaya matahari ke dalam rumah. Sementara jika dilihat dari segi sirkulasi udara, keberadaan patio akan memperluas area ventilasi sehingga rumah terasa lebih sejuk, bahkan menyehatkan karena udara bersih yang dihasilkan tanaman.

Langkah Membuat Patio

Setelah mengenal dan memahami fungsinya, sekarang saatnya Anda membuat patio di rumah. Dalam hal ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tentukan letak

    Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membuat patio adalah menentukan posisi atau letaknya baik di tengah atau di belakang rumah. Posisi atau tata letak patio baiknya diatur sedemikian rupa agar dapat dinikmati keindahannya dari segala sisi atau ruang di dalam hunian.
  2. Tentukan ukuran

    Ukuran patio sebaiknya proporsional dengan luas lahan rumah. Namun sebaiknya, ukurannya tidak kurang dari 3 x 4 meter persegi. Jika lebih kecil dari itu, perancangannya harus lebih cermat agar sinar matahari leluasa jatuh dan angin masuk ke taman. Untuk lahan ukuran besar, patio menjadi sedemikian besar sehingga disebut sebagai halaman dalam (inner courtyard).
  3. Memilih Tanaman

    Setelah menentukan letak dan ukuran, maka patio sudah bisa mulai dibuat. Dalam hal ini, Anda juga dituntut untuk memilih jenis tanaman yang akan ditempatkan. Untuk menciptakan kesan tanaman berukuran lebih tinggi (karena patio kecil tidak dapat diberi tanaman keras), sebagai gantinya bisa menggunakan tanaman yang tumbuh secara merambat. Jika diatur dengan baik, tanaman rambat juga bisa menimbulkan kesan yang tinggi.
  4. Optimalisasi fungsi

    Setelah jadi, tingkatkan fungsi patio dengan menghasikan tanaman yang beraroma wangi, seperti bunga melati, kemuning, dan lain sebagainya. Aroma wangi dalam ruang yang muncul secara alami akan membuat penghuni merasa betah dan nyaman. Selain itu, patio pun bisa jadi area terapi di dalam rumah. Jika kebetulan Anda memiliki rumah di Menteng Jakarta Pusat, tentu hunian pun tidak akan kalah indah dan teduh dengan Taman Menteng yang ada di kawasan tersebut.
ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

Kuliner

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

22 March 2019, 11:00  |  10 Views

Menurut pencerita kuliner Ade Putri Paramadita mi yang enak bergantung pada empat hal. Simak penjelasannya berikut ini.

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

Kesehatan

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

22 March 2019, 12:00  |  4 Views

Data Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan bahwa penduduk dewasa berusia di atas 18 tahun yang mengalami obesitas sebesar 21,8 persen dan meningkat dari tahun 2013.

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia

Berita Kawasan

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia, Bukan untuk Jual Beli

22 March 2019, 10:00  |  25 Views

Penjual hewan biasanya ikut komunitas hobi untuk bisa lebih dekat dengan konsumen. Tidak demikian di Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia yang melarang jual-beli.

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

Kesehatan

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

22 March 2019, 14:00  |  5 Views

Mencegah demensia sejak awal adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan otak. Tidak perlu menunggu hingga usia 65 tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.

ads