ads
Memupuk Jiwa Mandiri di Bumi Perkemahan Cibubur.jpg

Pendidikan

Memupuk Jiwa Mandiri di Bumi Perkemahan Cibubur

Pramuka identik dengan berbagai kegiatannya yang bersifat untuk memupuk jiwa mandiri serta nasionalisme. Salah satu kegiatannya yang patut ditiru adalah berkemah. Pasalnya, kegiatan yang kerap diadakan di Bumi Perkemahan Cibubur ini dapat membantu membentuk anak memiliki jiwa yang mandiri.

Pendidikan Pramuka terbilang penting, khususnya untuk buah hati Anda. Pasalnya, kegiatan di luar sekolah ini bersifat menyenangkan, menarik, praktis hingga dapat menyehatkan karena dilakukan di alam terbuka yang jauh dari suasana perkotaan yang acap kali mereka temukan dalam kegiatan sehari-harinya.

PRAMUKA

Ada istilah ‘tak kenal maka tak sayang’. Mungkin saat ini, Anda masih ragu untuk mengizinkan buah hati masuk dan ikut berkegiatan di Pramuka. Namun, tenang saja informasi ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih dekat mengenai Pramuka.

Sedikit informasi mengenai Pramuka, organisasi pendidikan non-formal ini memiliki singkatan Praja Muda Karana. Tiga kata ini bermakna “jiwa muda yang suka berkarya”. Dalam anggota gerakannya, Pramuka terbagi dalam kelompok usia yang terdiri dari Pramuka Siaga usia 7-10 tahun, Pramuka Penggalang usia 11-15 tahun, Pramuka Penegak usia 16-20 tahun, dan Pramuka Pandega usia 21-25 tahun.

Pembentukkan organisasi ini sebenarnya bisa ditarik benang merahnya ke tahun 1923, tepatnya saat Indonesia belum merdeka. Saat itu cikal bakalnya Pramuka dibagi menjadi dua yaitu di Bandung dengan didirikannya Nationale Padvinderij Organisatie dan Jong Indonesische Padvinderij Organisatie. Kemudian, kedua organisasi ini pun melebur menjadi Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie pada 1926 dan menjadi dasar tonggak dasar pembentukkan Pramuka di Tanah Air.

Organisasi ini memiliki dua tujuan utama untuk para anggota yaitu pertama agar mereka memiliki kepribadian yang beriman, mulia, berjiwa patrotik dan sehat jasmani serta rohaninya. Kedua adalah agar para anggota Pramuka menjadi sosok warga negara yang menjadi pancasila sebagai bagian jiwanya dan patuh terhadap kesatuan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Kegiatan Berkemah

Sudah mulai mengenal Pramuka? Salah satu kegiatan utama organisasi pendidikan tersebut yang menjadi sorotan utama dalam artikel ini adalah berkemah. Mengapa berkemah, karena ini adalah kegiatan penting yang membuat putra-putri Anda dapat berinteraksi dengan alam serta menumbuhkan jiwa mandiri.

Dalam kepramukaan, kegiatan ini dilakukan secara out bound dan dimanfaatkan sebagai wadah untuk pertemuan juga. Selain untuk memberikan rasa adanya ketergantungan dengan alam sehingga buah hati Anda dapat turut menjaganya, berkemah juga diadakan untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam bekerjasama serta menghadapi tantangan tanpa bergantung dengan teknologi atau bantuan orangtua.

Kegiatan ini kerap dilakukan di area yang memiliki jarak jauh dari pemandangan rimba beton yang identik di perkotaan besar. Salah satu lokasi yang rutin menggelar kegiatan kemah Pramuka adalah di Bumi Perkemahan Cibubur.

Area kawasan yang memiliki luas 210 hektare ini, semenjak tahun 1973 kerap menjadi lokasi pilihan Jambore Nasional. Sekadar informasi, Jambore Nasional merupakan pertemuan Pramuka Penggalang dengan skala Indonesia dalam kegiatan perkemahan besar yang diselenggarakan oleh pihak Kwartir (pengelola gerakan pramuka) Nasional.

Bahkan pada 2016, Presiden Joko Widodo yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, menghadiri Jambore Nasional ke-10 di sana. Saat itu, terdapat 25 ribu anggota Pramuka yang menghadiri event di Bumi Perkemahan Cibubur tersebut.

Kehadiran beliau saat itu menunjukkan bagaimana Pemerintah Indonesia mendukung eksistensi dari organisasi Pramuka yang dipandang mulai meredup kepopulerannya di masa kini. Sehingga ada baiknya, bila Anda mengizinkan atau bahkan menyarankan buah hati Anda untuk masuk ke Pramuka.

Mungkin saja kelak saat putra-putri Anda sudah menjadi anggota Pramuka, mereka dapat memandu kegiatan berkemah keluarga Anda di Bumi Perkemahan Cibubur. Sebab lokasi tersebut juga terbuka untuk umum bahkan menyediakan beragam peralatan kemah yang bisa Anda sewa.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah.jpg

Properti dan Solusi

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah

20 February 2019, 4 a.m.  |  12 Views

Banyak manfaat miliki taman di halaman rumah. Taman memberikan sirkulasi udara yang baik. Memandanginya juga baik untuk mata lelah.

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda.jpg

Kesehatan

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda

20 February 2019, 5 a.m.  |  34 Views

Mengetik berjam-jam di depan layar komputer dapat mengganggu kesehatan. Sastrawan Eka Kurniawan mengatasinya dengan rajin bersepeda.

Ngopi Instagramable di Serpong 1.jpg

Kuliner

4 Tempat Ngopi Instagramable di Serpong

20 February 2019, 3 a.m.  |  12 Views

Secangkir kopi panas jadi kenikmatan hakiki yang tak terbantahkan. Tak ayal, tempat ngopi juga hadir dengan interior instagramable.

Taman Bacaan Inovator.jpg

Pendidikan

Taman Baca Inovator Lahir Atas Nama Literasi

19 February 2019, 4 a.m.  |  48 Views

Gerakan taman bacaan mungkin sudah banyak ditemukan. Namun, Yayasan Taman Baca Inovator punya sentuhan berbeda.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads