ads
MENAMBAH KAMAR TANPA MENGUBAH BENTUK BANGUNAN

Properti dan Solusi

Menambah Kamar Tanpa Mengubah Bentuk Bangunan

Memiliki hunian di kawasan perumahan seperti Cibubur Country, Kota Wisata Cibubur, Bukit Golf Cibubur, Raffles Hills Cibubur, atau Legenda Wisata Cibubur memang sangat menyenangkan. Sebab, lingkungan perumahan seperti itu sangat menunjang kehidupan dan gaya hidup sang penghuni rumah. Lingkungan yang asri dan jauh dari keributan jalanan juga bisa dinikmati oleh setiap penghuni di setiap kawasan perumahan.

Jika dilihat dari penjabaran di atas, sepertinya tinggal di kawasan perumahan sangat ideal karena tidak memiliki kekurangan sedikitpun. Tetapi, apakah benar demikian? Bagaimana jika penghuni rumah bertambah sehingga jumlah kamar yang dibutuhkan pun ikut bertambah? Kemudian, apa bisa renovasi dilakukan jika mengingat luas rumah yang terbatas serta diapit oleh rumah lain di sisi kiri dan kanan?

[Baca Juga : 7 Trik Dekorasi Rumah Menggunakan Kaktus]

Sejatinya, hal di atas bukanlah masalah besar. Sebab, penghuni bisa menambah kamar atau ruangan lain tanpa harus melakukan renovasi besar-besaran yang mengubah bentuk bangunan. Caranya adalah dengan menjadikan loteng sebagai kamar tidur baru. Dengan begitu, semua pertanyaan di atas terjawab, dan menyimpulkan bahwa tinggal di kawasan perumahan tetap ideal bagi kebanyakan orang.

Cara Membuat Kamar di Loteng

Untuk membuat atau mengubah loteng jadi kamar tidur baru, sedikitnya ada tujuh hal yang perlu dilakukan pemilik rumah. Mengutip rumah.com dan beberapa sumber lain pada 1 Oktober 2018, ketujuh hal itu yang bisa dilakukan antara lain:

  1. Mengukur Ruang Loteng

    Untuk membuat kamar atau ruangan apapun di dalam rumah, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengukur luasnya. Hal ini juga berlaku dalam pembuatan kamar di loteng rumah. Loteng harus diukur terlebih dahulu guna memastikan ruangan cukup lega untuk dijadikan kamar. Pastikan tinggi antara lantai dan atap, serta luas antar dinding tidak mengganggu sirkulasi penghuni kamar. Jika tinggi antara lantai dan atap tidak sampai 2 meter, maka jadikan loteng sebagai kamar anak. Dengan demikian, mereka tidak akan menyundul atap saat beraktivitas di kamar.
  2. Menutup Lantai Loteng

    Lantai loteng merupakan plafon ruangan di bawahnya. Maka itu, hal selanjutnya yang mesti dilakukan setelah mengukur luas adalah melapisi lantai loteng agar jadi pijakan yang aman dan nyaman, tidak ambrol saat dipijak atau diletakkan barang. Kayu dan vinyl bisa jadi material yang cocok untuk melapisi lantai atap ini.
  3. Membuang Hawa Panas

    Loteng berbatasan langsung dengan atap atau penutup rumah. Karena itu, tidak heran jika loteng memiliki panas yang lebih dibanding ruangan lainnya. Untuk menghalau panas akibat terpaan sinar matahari ini, baiknya gunakan genteng sebagai atap, bukan asbes atau yang lainnya. Bila perlu, bagian plafon loteng ditambah lapisan insulasi agar ruangan lebih dingin.
  4. Mengatur Sirkulasi Udara

    Seperti halnya ruangan rumah yang lain, panas di dalam ruang loteng juga dipengaruhi faktor sirkulasi udara. Jadi untuk mendapatkan sirkulasi udara yang lancar, Anda bisa menambahkan beberapa jendela sebagai penghawaan alami. Terlebih, jendela juga bisa mempercantik loteng yang diubah menjadi kamar tidur.
  5. Mengatur Pencahayaan

    Agar kamar di loteng tidak seperti gudang, maka dibutuhkan pencahayaan. Nah, untungnya, loteng dekat dengan bagian atap yang sudah pasti mendapat sinar matahari. Perhatikan arah terbit dan tenggelamnya matahari, lalu buat jendela pada sisi-sisi tersebut. Atau, bisa juga buat skylight pada atap untuk mendapat cahaya yang lebih maksimal.
  6. Membuat Akses yang Aman

    Akses merupakan hal penting untuk kamar yang terletak di loteng. Makanya, buatlah tangga yang mudah dijangkau untuk akses tersebut. Jika loteng dipakai untuk kamar anak, sebaiknya tangga dibuat lebar serta dilengkapi pegangan. Ini agar tangga lebih aman dan nyaman digunakan.
  7. Menempatkan Cukup Furnitur

    Ruangan loteng sangat terbatas, serta tidak bisa menahan beban seperti lantai rumah pada umumnya. Maka itu, demi keamanan dan kenyamanan, jangan menempatkan terlalu banyak barang di loteng. Cukup barang dan furnitur utama kamar tidur saja. Furnitur yang digunakan juga mesti dipilih agar sesuai untuk mengisi bagian-bagian ruangan loteng yang atapnya rendah.

[Baca Juga : Langkah Mendekorasi Kafe dan Restoran Agar Menarik]

Dengan membuat kamar baru di loteng, masalah meningkatnya jumlah kamar pun akan teratasi. Tinggal di kawasan perumahan seperti Cibubur Country, Kota Wisata Cibubur, Bukit Golf Cibubur, Raffles Hills Cibubur, atau Legenda Wisata Cibubur pun akan semakin nyaman dan menyenangkan bagi setiap penghuni rumah.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

Kuliner

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

22 March 2019, 11:00  |  10 Views

Menurut pencerita kuliner Ade Putri Paramadita mi yang enak bergantung pada empat hal. Simak penjelasannya berikut ini.

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

Kesehatan

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

22 March 2019, 12:00  |  4 Views

Data Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan bahwa penduduk dewasa berusia di atas 18 tahun yang mengalami obesitas sebesar 21,8 persen dan meningkat dari tahun 2013.

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia

Berita Kawasan

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia, Bukan untuk Jual Beli

22 March 2019, 10:00  |  25 Views

Penjual hewan biasanya ikut komunitas hobi untuk bisa lebih dekat dengan konsumen. Tidak demikian di Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia yang melarang jual-beli.

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

Kesehatan

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

22 March 2019, 14:00  |  5 Views

Mencegah demensia sejak awal adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan otak. Tidak perlu menunggu hingga usia 65 tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.

ads