Menara Air UI, Lokasi Menyeramkan Dengan Segudang Penampakan

Berita Kawasan

Menara Air UI, Lokasi Menyeramkan di Kota Depok

Kawasan Universitas Indonesia (UI) kampus Depok yang terkenal luas memiliki beberapa lokasi yang menjadi ikon universitas negeri ternama ini. Segudang cerita mistis menjadi makanan sehari-hari warga UI dan selalu menjadi pembicaraan yang hangat. Salah satunya adalah kisah Menara Air UI. Kampus Depok ini sendiri dibangun pada 1987. UI tadinya memiliki tiga lokasi kampus yaitu di Salemba, Pegangsaan Timur dan Rawamangun. Dua lokasi kampus yang mencakup beberapa fakultas dipindah ke Depok. Sementara, kampus Salemba masih dipertahankan untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan beberapa Program Pascasarjana.

Kampus Depok didirikan di lahan seluas 320 hektare. Tanah yang ditempati adalah perkebunan karet, jauh dari pemukiman warga dan cukup sepi pada awal berdirinya. Tidak heran dengan lokasi yang cukup luas, kampus ini kemudian menjadi seram, karena tiap fakultasnya dipisahkan oleh sungai, danau, dan bahkan hutan.

Menara Air UI, Lokasi Menyeramkan Dengan Segudang Penampakan

Dari banyak lokasi menyeramkan di kampus ini, menara air memiliki mistis paling tinggi. Lokasi menara air UI ini cukup tersembunyi. Menara ini terletak di antara dua jalur memutar, berdekatan dengan gedung perpustakaan lama yang kini menjadi pusat arsip, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan Perguruan Negeri Jakarta (PNJ). Dari hasil wawancara PingPoint.co.id dengan salah satu satpam UI bernama Agus (07/10/2019), lokasi menara air menjadi salah satu spot yang memiliki aura mistis yang cukup kuat di UI.

[Baca Juga: Menara Saidah, Gedung Tua yang Dibayangi Kisah Mistis]

“Menara air dulunya memang bekas makam. Sekitar tahun 70an ada sekitar lima TPU (Tempat Pemakaman Umum) berjumlah ratusan makam yang dibebaskan. Kawasan makam tersebut di pindah ke daerah Beji Timur karena lokasinya mau dibangun. Dulunya menara air ini berfungsi, tapi sekarang sudah dijadikan penguat sinyal. Biasanya kalau lewat menara air tuh saya sering merasa ada yang aneh. Kalau saya balik malam, pas lewat menara air auranya jadi beda, rasanya jadi lebih dingin dan lembab dan gelap”, ujar Agus selaku satpam FIB UI di salah satu pos satpam UI.

Menara Air UI, Lokasi Menyeramkan Dengan Segudang Penampakan

Kejadian-kejadian mistis sering terjadi di tempat ini, mulai dari aura lembab, bau kentang, suara tertawa hingga penampakan sering kerap terjadi di area ini dan cukup. Adapun sosok-sosok yang sering muncul adalah pocong yang sering Nampak di samping menara air, gondoruwo yang sering berdiri di jalan persimpangan menara air hingga kejadian yang paling viral adalah cerita sosok kuntilanak atau kunti yang pernah terlihat terjun dari atas menara air. Kisah penampakan ini mungkin sudah tidak baru lagi bagi warga kampus. Menurut salah satu mahasiswa yang mengerti tentang hal-hal gaib, lokasi menara air jadi salah satu spot paling angker di Universitas Indonesia.

[Baca Juga: Jawaban Atas Misteri Gedung 1922 di Jalan Raya Bogor]

“Saya sering lihat wujud kunti di atas menara air kalau pulang malam lewat situ. Biasanya mereka sering gangguin orang-orang yang lewat, apalagi yang naik motor. Waktu tahun 2015, saya pernah lihat kunti sedang numpang (boncengan) di belakang motor yang lewat, terus hilang”, ujar Setiawan seorang mahasiswa Filsafat tahun 2008 di kediamannya.

Menara air UI memang jadi salah satu lokasi yang memiliki segudang kejadian mistis. Namun, itu hanya sebagian kecil dari lokasi-lokasi angker lainnya di UI yang masih belum diceritakan. Simak cerita-cerita lainnya di PingPoint.co.id di bulan Oktober ini!


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.