Menara Saidah, Gedung Tua yang Dibayangi Kisah Mistis

Berita Kawasan

Menara Saidah, Gedung Tua yang Dibayangi Kisah Mistis

Jika Anda termasuk orang yang kerap melewati Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, maka Anda tidak akan luput melihat gedung besar tua yang sangat menarik perhatian. Tentu saja, gedung tua yang dimaksud adalah Menara Saidah. Namun bila berbicara mengenai gedung megah ini maka topik kisah mistis pun tidak bisa luput, mengingat Menara Saidah hingga kini kerap dibayangi cerita-cerita horor serta pengalaman aneh yang sudah dialami banyak orang di Ibu Kota.

Menara Saidah akhir-akhir ini juga menjadi buah bibir terkait kisah mistisnya. Namun sebelum membahas lebih lanjut mengenai kisah horornya, ada baiknya bila Anda mengetahui cerita di balik pembangunan gedung tua tersebut. Menara Saidah mulai dibangun pada tahun 1995 dengan PT. Hutama Karya selaku pihak pengembangnya. Di mana desainnya memang dibuat megah dengan unsur patung Romawi kuno yang disebut langsung dikirim dari negara Italia.

Menara Saidah, Gedung Tua yang Dibayangi Kisah Mistis

Bangunan yang sebelumnya dinamakan Gedung Gracindo ini rampung pada tahun 1998 yang di mana kala itu hanya memiliki 15 lantai. Nama Menara Saidah sendiri muncul setelah gedung ini mengalami proyek renovasi besar dengan semakin menambah jumlah lantainya menjadi 28 dan diresmikan pada tahun 2001 dengan menggunakan nama pemiliknya, yaitu Saidah Abu Bakar Ibrahim.

Pada “masa kejayaannya”, kesibukan selalu terlihat di Menara Saidah dengan banyaknya pegawai yang lalu-lalang di bangunan tersebut. Pasalnya, kala itu hampir semua lantai diisi berbagai perusahaan yang membuka kantornya di sana. Bahkan sebagaimana dilansir dari jakartabytrain.com (9/1/2013) Kementerian Negara Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia di masa Pemerintahan Megawati Soekarnoputri juga berkantor di lantai 18 Menara Saidah.

[Baca Juga: Aura Mistis Toko Merah Kota Tua Jakarta]

Namun kesibukan di Menara Saidah terhenti sekitar 12 tahun yang lalu ketika bangunan itu resmi ditutup. Alasan mengenai penutupan ini pun simpang siur. Dengan ada yang pihak menyebut ini dipicu oleh manajemen yang buruk, permasalahan internal keluarga Saidah Abu Bakar, hingga Menara Saidah yang diklaim miring akibat proses konstruksi yang bermasalah.

Namun apapun yang menyebabkan Menara Saidah resmi ditutup, satu hal yang pasti bangunan tua tersebut telah terbengkalai selama 12 tahun terakhir dan lambat laun kisah mistis pun membayanginya. Dari mulai cerita mengenai basement Menara Saidah yang angker sehingga membuat penjaganya merasa ketakutan akibat suara-suara aneh sampai ketika gedung ini masih beroperasi mengenai sosok makhluk gaib yang acap kali muncul di lift.

[Baca Juga: Lady in Red, Sosok Si Baju Merah Legenda FIB UI]

Kisah mistis yang paling populer justru terjadi baru-baru ini yang menimpa para driver ojek online (ojol). Sebagaimana dilansir dari motorplus-online.com (30/9/2019), kisah mistis ini diceritakan oleh salah seorang warga yang tinggal di area belakang Menara Saidah bernama Bambang.

Bambang menceritakan kerap bertemu dengan para driver ojol yang menunggu penumpang atau akan mengantarkan paket ke Menara Saidah. Ada driver yang mengaku bahwa ia mendapatkan order penjemputan di lobi gedung tersebut pada pukul 23.00 WIB dan setelah sampai di lokasi, nomor yang memesan order tidak bisa dihubungi. Sedangkan driver yang mengantar paket, Bambang menyebut, driver-nya mengaku mendapatkan pesanan untuk mengantarnya ke lantai 16 Menara Saidah padahal seperti yang diketahui bangunan tua ini sudah tak beroperasi semenjak tahun 2007.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.