Menatap Layar Gawai Terlalu Lama Begini Cara Lindungi Mata Anda

Kesehatan

Menatap Layar Gawai Terlalu Lama? Begini Cara Lindungi Mata Anda

Kegiatan belajar dan bekerja dari rumah membuat orang-orang menggunakan gawai seperti laptop dan ponsel pintar lebih lama setiap harinya. Melansir CNN (6/5/2020), data yang disajikan Nielsen mengungkap, orang dewasa menghabiskan waktu rata-rata 13 jam di depan layar gawai setiap hari selama pandemi COVID-19. Waktu itu melebihi biasanya yang sekitar 10 jam per hari.

Akibatnya, mata akan mudah lelah dan kering. Bahkan, pengguna yang menatap layar gawai terlalu lama juga tak jarang mengalami sakit kepala. Juru Bicara American Academy of Ophthalmology Raj Maturi mengatakan, gejala-gelaja yang timbul tersebut dinamakan “sindrom penglihatan digital”.

[Baca Juga: Merasa Mata Lelah, Bisa Jadi Itu Sindrom Gangguan Mata atau CVS]

Meski bagaimana, laptop dan ponsel pintar kini dua benda penting saat belajar dan bekerja dari rumah. Menatap layar dua benda itu tak bisa dihindari. Namun, ada cara tertentu yang dapat melindungi mata agar tak mudah lelah ketika sedang menggunakannya.

1) Menatap Hal Lain Setiap 20 Menit

Raj Maturi menyarankan untuk berhenti melihat layar gawai setiap 20 menit sekali. Kemudian, lihatlah benda atau hal lain yang jauhnya sekitar 20 kaki dari posisi Anda selama 20 detik.

Maturi menamakan cara ini dengan pendekatan 20-20-20. Artinya isitirahat selama 20 menit, lihat benda di kejauhan 20 kaki, dan lakukan selama 20 detik.

“Ketika Anda melihat sesuatu dari dekat, mata Anda hanya akan melatih satu otot sepanjang waktu, dan melihat ke kejauhan dapat meredakannya,” jelas Maturi.

Inilah Penyebab Mata Mudah Lelah dan Cara Mengatasinya

2) Mengedipkan Mata Lebih Sering

Maturi lebih lanjut menuturkan, orang-orang lebih jarang mengedip ketika sedang menggunakan gawai, hal ini yang membuat mata menjadi kering. Oleh sebab itu, Ia menyarankan pengguna untuk mengedipkan mata lebih sering.

“Ketika segala sesuatunya cerah, kita mengedip lebih jarang. Jadi, kita dapat melatih diri untuk lebih sering berkedip,” papar Maturi. Bila mata sudah terlanjur kering, Ia pun merekomendasikan untuk memakai obat tetes mata.

[Baca Juga: Coba 4 Eye Mask Ini Untuk Segarkan Mata yang Lelah]

3) Mengatur Posisi Laptop

Moorfields Private Eye Hospital London dalam situsnya menyarankan untuk mengatur posisi laptop agar mata tak mudah kering. Caranya, tempatkan layar laptop Anda agar sejajar dengan mata dan jaraknya sekitar 18 sampai 30 inci dari tempat Anda duduk. Lalu, condongkan sedikit layar tersebut ke belakang.

Itulah beberapa cara yang dapat dicoba agar mata tak mudah lelah saat menatap layar gawai, Pointers. Selamat mencoba!


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.