KEMANG_KESEHATAN_CARA MEMILIH DOKTER ANAK FAVORIT DI KEMANG MEDICAL CARE_OCI_REVISI 01-01.jpg

Kesehatan

Mencari Dokter Anak Favorit di Kemang Medical Care

Ketika hamil, orangtua pasti menanti-nanti hari kelahiran dengan cemas. Namun jangan salah, setelah melahirkan, bukan berarti semua kecemasan tersebut akan hilang. Masalah-masalah baru muncul dan menemukan dokter spesialis anak yang dapat diandalkan seolah menjadi solusi dari segala kecemasan. Kemang Medical Care bisa memberi solusi karena rumah sakit ibu dan anak merupakan rumah dari beberapa dokter anak favorit di wilayah Jakarta Selatan.

Orangtua yang sudah berpengalaman membesarkan beberapa anak pasti setuju, menemukan dokter yang pas bisa menghapus separuh kecemasan yang umum dirasakan para orang tua baru. Itulah sebabnya Anda wajib paham cara memilih dokter spesialis anak andalan, supaya tidak banyak kekhawatiran dan makin percaya diri merawat bayi tercinta.

Tak jarang, jika orangtua sudah menemukan dokter anak yang cocok, sejak bayinya lahir hingga imunisasi komplit, semua dilakukan hanya jika ditangani sang dokter. Biasanya orangtua mencari dokter anak yang komunikatif, sehingga bisa menjelaskan aneka masalah bayi dengan jelas.

Selain itu, bersedia berbagi nomor ponselnya untuk konsultasi saat keadaan mendesak dapat menjadi nilai plus yang sangat dicari orangtua. Kriteria lain biasanya menyangkut masalah pro ASI atau tidak, dan bagaimana si dokter spesialis anak itu meresepkan antibiotik dan obat-obatan lain.

Bagi orangtua yang belum menemukan dokter anak idaman, silakan perhatikan delapan pertimbangan berikut:

Waktu Terbaik Mulai Mencari

Tidak ada salahnya ‘belanja’ informasi mengenai dokter spesialis anak di rumah sakit tempat Anda akan melahirkan sejak tiga bulan sebelum si bayi lahir. Tanyakan kemungkinan kelak bayi Anda ditangani si dokter idaman.

Pastikan Jam Praktik dan Relasi Dokter

Bila orangtua bekerja, tentunya jam dan lokasi praktik dokter sangat penting. Anda pasti akan senang sekali kalau dokter tersebut praktik di rumah saat pagi hari, tapi pastikan dokter itu juga praktik di rumah sakit bila dibutuhkan rawat inap.

Suasana Ruang Praktik

Ruang praktik dokter spesialis anak harus ramah anak dan areanya terpisah dari pasien dewasa yang berisiko menularkan penyakit. Perhatikan pula prosedur mendaftar, cara antre, jumlah antrean pasien, serta cara staf dokter memperlakukan pasien

Referensi Lengkap

Kumpulkan informasi lengkap seputar dokter spesialis anak dengan bertanya pada teman, kerabat, atau perawat di tempat memeriksakan kandungan. Jangan lupa juga browsing di internet.

Bisa Bahasa Anak

Artinya, bisa berkomunikasi dengan anak, baik secara verbal, maupun sentuhan yang menenangkan. Perhatikan gerak tubuh dan caranya menenangkan anak sebelum dan sesudah disuntik, misalnya.

Wawancara Singkat

Tanyakan kesediaan dokter tersebut menerima konsultasi via chatting di smartphone atau telepon jika penting. Cari tahu pula pendapatnya mengenai pemberian ASI, antibiotik, dan imunisasi.

Dokter Cadangan

Ada kalanya Anda akan kesulitan mendapat jadwal konsultasi. Sebaiknya bersiap pula dengan dokter cadangan. Caranya, bisa minta dokter andalan untuk mereferensikan rekan sejawat atau rekomendasi dari orangtua lain.

Ramah Biaya

Biaya akan selalu menjadi pertimbangan orang tua saat mencari dokter anak yang ideal. Catat dan bandingkan biaya konsultasi, periksa dan obat-obatan antara dokter anak satu dengan lainnya. Ingat, tidak selamanya dokter termahal adalah yang terbaik dan paling cocok dengan anak Anda. Berikut ini beberapa dokter anak terpercaya yang praktek di kawasan Kemang:

- dr. Margareta Komalasari, Sp.A di Kemang Medical Center

- dr. Endah Citraresmi, Sp.A(K) di Kemang Medical Center

- dr. Purnamawati S.Pujiarto, SpAK, MMPed di Kemang Medical Center

- dr. Sander D. Teddy, Sp.A di Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya

- dr. Attila Dewanti, Sp.A di Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya

Perlu diingat tidak semua dokter bisa memberikan jawaban yang memuaskan, bisa jadi teman Anda merasa klop dengan dokter A, sementara Anda tidak. Atau ketika orangtua sudah klop, si anak malah yang rewel dan cemas setiap diajak ke dokter. Rekomendasi dokter anak yang praktek di Kemang Medical Center dan RSIA Brawijawa tersebut hanya untuk memudahkan saja. Selanjutnya Anda harus mencari tahu sendiri cocok atau tidaknya.

Read More


Artikel Lainnya

Warga Kembali Berburu Ikan di Sungai Ciliwung

Berita Kawasan

Warga Kembali Mancing Ikan di Sungai Ciliwung

27 May 2019, 11:00  |  6 Views

Kondisi Sungai Ciliwung yang membaik mebuat ikan kembali hidup berkembang di dalam alirannya. Warga pun bisa merasakan manfaat dengan rekreasi mincing ikan.

Alat Bantu Dengar Widex Evoke Tawarkan Ragam Keunggulan

Kesehatan

Alat Bantu Dengar Widex Evoke Tawarkan Ragam Keunggulan

27 May 2019, 13:00  |  4 Views

Beberapa keunggulan dalam Widex Evoke antara lain memberikan kemampuan kepada pengguna untuk bisa menggunakan machine learning secara real time.

CNAF Kembali Catat Pertumbuhan Positif Laba di 2018

Bisnis

CNAF Kembali Catat Pertumbuhan Positif Laba di 2018

27 May 2019, 09:00  |  10 Views

Dengan raihan pertumbuhan positif, CNAF berhasil mengumpulkan total aset sebesar Rp2.5 miliar dan portofolio pembiayaan tercatat sebesar R2.2 triliun.

Dunia Internasional Apresiasi Pertanian Perkotaan di Jakarta

Berita Kawasan

Dunia Internasional Apresiasi Pertanian Perkotaan di Jakarta

27 May 2019, 15:00  |  6 Views

Atas keberhasilan dan pengalaman DKI Jakarta mengimplementasikan pertanian perkotaan, Pemprov DKI diundang untuk hadir dalam ajang internasional Urban Agriculture World Summit (UAWS) di Tokyo, Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.