MATRAMAN_BISNIS_MENCARI SOUVENIR PERNIKAHAN DI PASAR JATINEGARA_ICHWAN_REVISI 01-01.jpg

Bisnis

Mencari Souvenir Pernikahan di Pasar Jatinegara

Dalam pernikahan, selain menyiapkan gedung resepsi, katering, dan dekorasi, souvernir memiliki peran yang penting sebagai sebuah identitas penyelenggaraan penikahan. Banyak lokasi yang dikenal menjual pernak-pernik pernikahan di Jakarta. Salah satunya adalah Pasar Jatinegara yang berada di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur.

Di Pasar Jatinegara ini berbagai kebutuhan souvenir pernikahan tersedia. Mulai dari kipas, tas kecil, gantungan kunci, tempat tisu dan masih banyak lagi. Harganya pun terbilang ekonomis dengan pilihan barang beragam. Namun, konsumen tidak bisa membeli pernak-pernik pernikahan berdasarkan satuan. Minimal harus membeli satu paket yang isinya sekitar 100 buah.

Menurut Manajer Area Timur PD Pasar Jaya Sion Purba, Pasar Jatinegara merupakan satu dari 4 lokasi pusat penjualan souvenir murah dan lengkap yang ada di Jakarta. Ketiga lokasi lainnya adalah Pasar Asemka, Pasar Grosir Cipinang, dan Thamrin City.

Para pedagang di pusat souvenir ini berada di lantai dasar dan basement Pasar Jatinegara. Bukan hanya pernak-pernik, pasar ini juga dikenal dengan sebagai lokasi penjualan perlengkapan dekorasi pernikahan berbasis janur. “Namun sebagian besar para pedagang souvenir pernikahan berada di lantai basement,” katanya seperti dilansir seperti dilansir jakrev.com, (5/6/2018).

Salah satu pedagang souvenir di Pasar Jatinegara adalah Java Gallery Souvenir. Dalam akun Instagram-nya tanggal 23 Agustus 2018, Java Gallery Souvenir menawarkan beragam souvenir pernikahan seperti kipas gagang yang dapat diberi nama dan di-packing plastik dengan harga satuan Rp2.200. Ada pula souvenir talenan berbungkus plastik lengkap dengan nama pasangan pengantin yang dihargai Rp4.900 per satuannya.

Kemudian ada SC Collection yang menjual berbagai macam item souvenir pernikahan mulai dari kipas, serutan buah, pouch bag, aneka dompet dan lain-lain. Sementara range harga yang ditawarkan oleh outlet yang sudah berdiri sejak tahun 2000 ini berkisar antara Rp4.000 sampai Rp25.000.

Selain pernak-pernik, di bagian belakang Pasar Jatinegara juga tampak sederet pedagang dan perajin janur memajang barang dagangan mereka. Deretan para penjual janur tersebut tidak akan terlewatkan oleh pandangan mata pengunjung karena mereka memajang berbagai dekorasi janur kuning di luar lapak mereka.

Di sentra ini paling tidak terdapat sedikitnya 15 pedagang yang menjajakan barang dagangan mereka di sejumlah lapak yang berderet di area belakang gedung pasar tersebut. Lapak-lapak yang berukuran 1,5 meter x 3 meter itu terlihat seperti workshop atau gerai kerja seorang seniman.

Di tempat itu, beragam pilihan janur tersedia. Selain dekorasi janur yang sudah selesai, tampak pula deretan daun kelapa digulung rapi di dalam lapak. Bahan daun kelapa inilah tangan terampil pedagang merajutnya menjadi dekorasi janur maupun kulit ketupat.

Hal yang sering dirasakan oleh calon pasangan pengantin adalah rasa bingung ketika sampai di Pasar Jatinegara. Ragam pilihan membuat tidak dapat menentukan souvenir mana yang akan dibeli. Maka dari itu, membeli pernak-pernik ini memang membutuh trik yang harus dipegang, sehingga ketika ingin membelinya tidak bingung. Jika hal itu yang dirasakan, berikut 5 tips memilih souvenir pernikahan.

Pilih Berdasarkan Fungsinya

Souvenir pernikahan yang memiliki fungsi khusus banyak diminati calon pengantin, karena akan terus digunakan dan lebih bermanfaat bagi tamu undangan.

Souvenir Unik

Banyak juga pengantin yang memilih souvenir unik karena akan diingat oleh para tamu undangan dan akan menuai pujian karena pintar memilih.

Sesuaikan Dengan Budget

Memilih souvenir sangatlah penting jika disesuaikan dengan budget, karena jumlahnya banyak maka perlu perhitungan yang mantap dalam memilih jenis souvenir.

Namun jika tidak sempat berkunjung ke Pasar Jatinegara, kini souvenir-souvenir yang dijual oleh para pedagang ini juga bisa dilihat di akun media sosial seperti Java Gallery Souvenir. Pemesanan souvenir pun bisa dilakukan melalui jalur online dan pengirimannya bisa melalui ojek online.


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.