Mencicipi Hangatnya Semangkuk Bakso di Rawamangun

Kuliner

Mencicipi Hangatnya Semangkuk Bakso di Rawamangun

Cuaca di DKI Jakarta yang terkadang tak menentu, acap kali membuat kita terdorong untuk mencicipi suatu hidangan yang cocok. Biasanya hal ini terjadi ketika tengah turunnya hujan atau kedinginan yang dipicu aktivitas Anda di ruangan AC dan membuat kita menginginkan hidangan yang hangat seperti bakso. Rawamangun yang berada di wilayah Jakarta Timur juga menawarkan bakso-bakso yang mungkin Anda bisa coba dari Bakso Boedjangan Rawamangun hingga Bakso Kocok Bandung, artikel ini akan mengulasnya.

Sebelum membahas nikmatnya bakso di area Rawamangun, ada baiknya jika kita sedikit mengulas mengenai sejarah hidangan ini. Nama makanan ini sebenarnya diambil dari bahasa Hokkien yaitu bak-so atau daging cincang sehingga bisa dikatakan bahwa hidangan ini memiliki akar dari budaya warga Tionghoa di Tanah Air.

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas pemeluk agama Islam, maka daging yang digunakan dalam campuran bakso pun disesuaikan. Daging sapi, ikan, atau ayam, merupakan bahan utama yang menjadi favorit warga Tanah Air.

Bakso Kocok Bandung

Bakso Kocok Bandung mungkin terdengar asing bagi yang pertama kali mendengarnya. Namun, jangan ragu untuk mencicipi kuliner hangat satu ini. Kedai satu ini beralamat di Jalan Paus No.13, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur dan cocok untuk Anda yang menginginkan suasana sederhana. Kedai bakso ini buka setiap dari pukul 10.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Berada tidak jauh dari terminal, Bakso Kocok Bandung dijajakan di dalam tenda. Banyak yang menyukai bakso yang dijual di sini karena teksturnya yang kenyal dan sangat terasa daging sapinya. Selain itu, mie kuningnya pun yang menjadi pendamping baksonya berbeda dengan tekstur mie yang biasa dijual oleh tukang bakso lainnya. Kuah baksonya gurih dan serupa dengan kuah mie kocok yang biasanya dijual di Kota Bandung.

Bakso Bakwan Malang Cak Kumis

Bakso yang satu ini sering menjadi bahan pembicaraan, bukan hanya karena rasanya tapi juga lokasinya. Sebab, bagi orang-orang yang bukan warga Rawamangun, acap kali mereka tidak mengetahui lokasi pasti dari bakso tersebut.

Tempat makan ini beralamat di Jalan Rawamangun Muka Barat No.14, tepatnya di tengah-tengah komplek pemukiman warga yang berseberangan dengan kantor Kelurahan Rawamangun. Bakson Bakwan Malang Cak Kumis buka setiap hari dari pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Hal yang paling disukai oleh para pelanggannya adalah karena tidak seperti di tempat jualan bakso biasa, Anda dapat meracik sendiri isi dari bakso yang akan Anda nikmati. Jadi dalam kata lain kita bisa custom pelengkap bakso pesanan Anda.

Bakso Gepeng Rawamangun

Bosan dengan tekstur bakso biasa yang bulat? Mungkin bakso yang satu ini dapat menjadi pilihan Anda. Bakso Gepeng Rawamangun juga dikenal dengan nama Bakso Apotek Rini berlokasi di Jalan Balai Pustaka Timur atau tepatnya berada di parkiran Toko Soes Merdeka. Kedai makanan hangat ini buka setiap hari dari pukul 09.00 WIB hingga 22.30 WIB.

Bakso yang ditawarkan di sini memiliki tekstur kenyal dengan bentuk gepeng serta kuah yang sedap. Selain bakso gepeng, kedai ini juga menyediakan bakso urat yang berbentuk bulat. Bila ingin memakan bakso ini pada saat jam makan siang, Anda harus siap menanti dengan sabar.

Bakso Boedjangan Rawamangun

Bakso yang satu ini sebenarnya sudah memiliki nama yang terkenal di Kota Bandung. Namun, Bakso Boedjangan juga membuka sejumlah cabangnya di DKI Jakarta, salah satunya di Jalan Balai Pustaka Timur No.4C, Rawamangun, dan namanya pun menjadi bahan pembicaraan para penggemar hidangan hangat di Ibu Kota.

Bakso yang ditawarkan di sini memiliki banyak varian. Dari mulai bakso wagyu, cuanki, bakso urat hingga bakso keju. Bukan hanya jenis basonya, Bakso Boedjangan Rawamangun juga memberikan beberapa varian kuah untuk menemani hidangan Anda. Restoran ini buka setiap hari dari pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB (kecuali Jumat, Sabtu, Minggu tutup pukul 23.00 WIB).

Read More

Artikel Lainnya

Grab Raih Investasi untuk Layanan Skuter Listrik

Bisnis

Grab Raih Investasi untuk Layanan Skuter Listrik

17 February 2020, 18:00

Grab rencanakan kerjasama dengan KYMCO untuk mengadopsi skuter listrik jenis Lunox sebagai pengganti GrabWheels yang lama

Bagaimana Jika Game Mobile Legend Diadaptasi ke Pertunjukan Teater

Berita Kawasan

Bagaimana Jika Game Mobile Legend Diadaptasi ke Pertunjukan Teater?

17 February 2020, 17:00

Teater yang bermarkas di Kalideres, Jakarta Barat ini menyiapkan pertunjukan terbarunya bertajuk “Pertarungan Takdir” yang naskahnya diadaptasi dari permainan Mobile Legend yang populer di Android.

Jelang HUT Tangerang, Pemkota Adakan Goes To Sehat

Berita Kawasan

Jelang HUT Tangerang, Pemkota Adakan Goes To Sehat

17 February 2020, 16:00

Goes To Sehat diramaikan dengan 500 peserta dari 52 komunitas yang dilakukan di Taman Prestasi Kota Tangerang.

Komunitas Menyayangi Indonesia, Gelar Kelas di Vihara Viriya Bala

Pendidikan

Vihara Viriya Bala, Jadi Potret Kawasan Toleransi di Kali Sari

17 February 2020, 15:00

Komunitas Menyayangi Indonesia jadikan Vihara Viriya Bala contoh kawasan toleransi di Jakarta


Comments


Please Login to leave a comment.