Mendengarkan Kajian Para Ulama Lewat Program KURMA

Pendidikan

Mendengarkan Kajian Para Ulama Lewat Program KURMA

Aktivitas masyarakat berubah sejak kemunculan virus corona SARS-CoV-2. Semua kegiatan yang biasanya dilakukan di luar rumah kini dibatasi. Tak terkecuali saat bulan Ramadan seperti saat ini.

Masjid yang biasanya digunakan sebagai tempat digelarnya kegiatan Ramadan pun ditutup untuk sementara waktu. Hal itu demi menyukseskan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dicanangkan pemerintah untuk menekan angka penyebaran COVID-19.

[Baca Juga: Ramadan Kala Pandemi, Kegiatan Ngabuburit Bakal Dibubarkan Paksa]

Meski aktivitas di masjid ditiadakan untuk sementara waktu, namun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI telah menyiapkan alternatif bagi masyarakat yang ingin menyimak kajian-kajian selama bulan ramadan. Bekerjasama dengan MUI Provinsi DKI Jakarta dan BAZNAS BAZIS DKI Jakarta, Pemprov DKI pun meluncurkan program KURMA alias Kuliah Ramadan.

KURMA akan hadir dalam bentuk siaran video, baik siarang langsung (live) ataupun siaran tunda. Untuk siaran langsung dapat disaksikan setiap Jumat pukul 12.30 WIB sedangkan siaran tunda dapat disaksikan setiap Senin, Rabu dan Jumat pukul 17.00 WIB.

Mendengarkan Kajian Para Ulama Lewat Program KURMA

Ketua Umum MUI Provinsi DKI Jakarta, Munahar Muchtar mengatakan, Kuliah Ramadan ini menjadi mediator hadirnya ulama dan pemerintah di tengah masyarakat saat semua kegiatan keagamaan di bulan suci ini disarankan untuk dilakukan di rumah karena wabah COVID-19 yang mengguncang Jakarta saat ini.

“Program KURMA diadakan sebagai bentuk tanggung jawab ulama, khususnya di DKI Jakarta, untuk dapat terus hadir di tengah umat walau harus melalui jarak jauh atau online di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB,” ujar Munahar.

[Baca Juga: Inilah 6 Bisnis Paling Laris di Bulan Ramadan]

Untuk dapat menyaksikan program kurma, masyarakat hanya tinggal mengakses situs www. beritajakarta.id/live, www.muidkijakarta.or.id atau di channel YouTube KH MunaharMuchtar. Siaran KURMA akan terus hadir menemani masyarakat sepanjang bulan bulan Ramadhan 1441H.

Munahar berharap lewat program KURMA, masyarakat bisa tetap mendapat bimbingan rohani dari para pemuka agama di tengah penerapan kebijakan PSBB.

"Terlebih di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Jangan karena harus tinggal di rumah, umat tidak mendapatkan pengayoman, bimbingan dan pembelajaran dari ulamanya,” tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.