Mendikbud 3 Solusi Pembelajaran Saat Pandemi Akan Dilanjutkan

Pendidikan

Mendikbud: 3 Solusi Pembelajaran Saat Pandemi Akan Dilanjutkan

Tiga solusi kebijakan pembelajaran yang diputuskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat pandemi COVID-19 akan dilanjutkan. Ketiga solusi tersebut adalah modul pembelajaran dan kurikulum darurat, pembelajaran jarak jauh daring, serta pembuatan program Belajar dari Rumah di TVRI.

Modul pembelajaran dikeluarkan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diperuntukkan bagi jenjang pendidikan anak usia dini dan pendidikan dasar. Modul pembelajaran mencakup uraian pembelajaran berbasis aktivitas untuk guru, orangtua, dan siswa.

Mendikbud 3 Solusi Pembelajaran Saat Pandemi Akan Dilanjutkan

Sementara itu, kurikulum darurat yang dimaksud adalah penyederhanaan kompetensi dasar yang mengacu pada Kurikulum 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbud mengeluarkan versi kurikulum darurat yang bersifat opsional.

"Modul pembelajaran tidak akan mungkin tak terpakai lagi. Sejumlah orangtua yang menggunakan, merasakan manfaat, dan tetap merasa memerlukan modul pembelajaran pasca pandemi COVID-19," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam dialog interaktif Normal Baru di Pendidikan Indonesia pada Jumat, 2 Oktober 2020 di Jakarta.

Kurikulum Darurat

Mengenai kurikulum darurat, dia mengatakan, pelaksanaannya di berbagai sekolah kemungkinan bisa dipakai sebagai bahan observasi dari sisi efektivitasnya. Dia menyebut dua kemungkinan. Kemungkinan pertama yaitu kurikulum darurat itu hanya cocok untuk kondisi darurat dan kemungkinan kedua adalah banyak elemen substansi kurikulum darurat tersebut bisa dipermanenkan sehingga memudahkan Kemendikbud melanjutkan rencana penyederhanaan Kurikulum 2013.

"Mungkinkah penyederhanaan kurikulum (Kurikulum 2013) yang sudah diamanatkan Presiden Joko Widodo mulainya dari kurikulum darurat ? Kami masih observasi," kata Nadiem seperti diberitakan kompas.id (3/10/2020). Pembelajaran jarak jauh daring saat ini memakai aneka teknologi edukasi, salah satunya adalah aplikasi telekonferensi. Dia memperkirakan, penggunaan berbagai macam teknologi edukasi akan tetap terpakai saat pandemi usai.

[Baca Juga: Kemendikbud Siapkan Kurikulum Darurat dengan 2 Komponen untuk PJJ Masa Pandemi COVID-19]

Dia percaya pemanfaatan teknologi edukasi membawa pengalaman pembelajaran yang lebih efektif dan efisien bagi dunia pendidikan. Dari sisi guru, mereka bisa mengoptimalkan strategi dan model. Beberapa pelatihan guru melalui metode daring sudah berjalan.

Mendikbud 3 Solusi Pembelajaran Saat Pandemi Akan Dilanjutkan

Dia meyakini, guru-guru bisa mengikuti dan tidak ada penurunan kualitas. Penghematan biaya juga terjadi, seperti tidak perlu memesan ruangan dan akomodasi. "Sama seperti dunia pekerjaan. Saya rasa, pascapandemi COVID-19 akan terjadi perubahan rasio waktu bekerja dari kantor. Dunia pendidikan pun demikian, walaupun pembelajaran tatap muka langsung pasti tetap dibutuhkan siswa," kata Nadiem.

Program Belajar TVRI

Program siaran Belajar dari Rumah (BDR) di TVRI diproyeksikan tetap berlanjut pasca pandemi Covid-19. Program ini dia yakini memiliki potensi besar karena membantu wawasan pendidikan siswa, terutama bagi mereka yang terbatas akses gawai dan layanan internet.

Nadiem menyampaikan, sebelum belajar dari rumah diberlakukan, Kemendikbud telah memiliki gagasan atau program. Sebagai contoh, program Guru Penggerak dan Sekolah Penggerak. Keduanya diperkirakan tetap dilanjutkan. "Saya percaya, pandemi COVID-19 menimbulkan rasa urgensi mereformasi pendidikan. Misalnya, orangtua yang mendampingi anaknya belajar menjadi sadar betapa rumit atau padatnya kurikulum nasional yang kini berlaku," ujarnya.

Read More

Artikel Lainnya

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

Hobi dan Hiburan

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

29 October 2020, 15:05

Dari ketiga film tersebut, Viu mendapatkan 14 gelar Juara Nasional dari 40 kategori, sehingga berhak mengikuti babak internasional pada bulan Desember .

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Gerakan Pemuda Bandung Bersihkan Masjid Pesantren

Berita Kawasan

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Bandung Ajak Bersihkan Masjid & Pesantren

28 October 2020, 14:04

Di tahun ini peringatan Sumpah Pemuda lebih diarahkan untuk menguatkan solidaritas di tengah masyarakat menghadapi pandemi COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.