Tempat Hunian Lansia di Cibubur

Berita Kawasan

Menelisik Hunian Lansia di Cibubur, Apa Saja Fasilitasnya?

Tumbuh menjadi tua adalah hal yang pasti akan dialami oleh setiap orang, tidak bisa kita pungkiri bahwa dalam kehidupan kita akan selalu bertambah tua, banyak pilihan yang bisa kita pilih saat tua nanti salah satunya ialah di mana kita akan tinggal, setelah tua nanti pasti kita akan merasa sendiri dan kesepian. Bertempat tinggal di Rusunawa bisa menjadi salah satu alternatif lain untuk tempat tinggal, salah satu Rusunawa yang ada ialah berada di daerah Cibubur.

Dua tahun silam tepatnya pada 2016, Kementrian PUPR melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan membangun satu twin block, rumah susun khusus orang tua lanjut usia di Cibubur, Jakarta Timur, dan telah diresmikan pada 24 April 2018. Tujuan dari pembangunan ini yakni untuk menjadi tempat tinggal yang layak huni bagi para lansia, sekaligus menjadi tempat sosialisasi bagi para lansia.

Satu tower yang memiliki tiga lantai dan mempunyai total 90 unit ini, setiap unitnya akan dihuni oleh seorang lansia. Untuk menempati hunian ini tidak semua lansia bisa masuk begitu saja. Ada beberapa syarat yang wajib ditaati seperti, berusia minimal 60 tahun, kemudian masuk atas keinginan sendiri, tidak menderita penyakit menular, tidak pikun berat dan mampu beraktivitas secara mandiri. Syarat terakhir ialah adanya tanggungan Rp3,5 juta per bulannya yang ditanggung oleh pihak keluarga. Dengan adanya biaya yang harus dibayar per bulannya untuk menikmati hunian lansia ini, apa saja fasilitas yang diberikan?

Seperti yang dikutip dari detik.com, pengurus yayasan, Sulistiani Sujudhi mengatakan bahwa terdapat fasilitas seperti makan tiga kali sehari, fasilitas cuci pakaian dan yang menarik ialah adanya fasilitas berupa rekreasi bersama para lansia atau jalan jalan. Tidak hanya itu saja fasilitas pada unit tiap Rusunawa ini pun terbilang sudah lengkap dengan fasilitas seperti kamar mandi, listrik, tempat tidur, meja makan, sofa, dan juga wastafel.

Fasilitas yang diberikan oleh Rusunawa di Cibubur ini sudah cukup baik mengingat alasan didirikan karena banyak rusunawa lain yang masih di bawah standar bahkan tidak layak huni. Hal tersebut menjadi dasar bagi Rusunawa Cibubur untuk meningkatkan fasilitas yang lebih baik agar kehidupan di usia lansia semakin baik.

Hunian lansia yang berbeda dengan Panti Jompo lainnya ini, bisa menjadi salah satu hunian untuk lansia yang nyaman dan aman. Berbagai macam aktivitas dan fasilitas untuk memudahkan para lansia dalam beraktivitas. Tidak hanya itu saja para lansia di sini juga harus memiliki penanggungjawab masing-masing untuk biaya sewa. Dengan biaya Rp 3,5 sejuta perbulannya dirasa cukup adil mengingat banyaknya fasilitas serta aktivitas yang bisa dilakukan oleh para lansia.


Read More

Artikel Lainnya

Dunia Usaha dan Pariwisata di Kota Batu, Bantu Cegah COVID-19

Berita Kawasan

Banyak Bendera Hijau di Kota Batu, Libur Lebaran akan Ramai

16 April 2021, 12:01

Tren angka terjangkit COVID-19 di Kota Batu dapat dikendalikan dengan baik. Hal ini menjadi salah satu dasar bagi tempat wisata untuk tetap buka ketika libur Lebaran 2021.

Pemkot Bogor Sambut Baik Perpanjangan SIM Secara Online.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Sambut Baik Perpanjangan SIM Secara Online

16 April 2021, 11:17

Wali Kota Bogor bersama dengan Kapolresta Bogor Kota mengikuti launching aplikasi SIM Nasional Presisi atau SINAR untuk pembuatan SIM baru serta perpanjangan SIM A dan C oleh Kapolri secara virtual di Mako Polresta Bogor Kota, Selasa (13/4/2021).

safari-ramadan.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Medan Ajak Jamaah dan Alim Ulama Dukung Program Masjid Mandiri

16 April 2021, 10:28

Ajakan ini disampaikanya saat melakukan Safari Ramadan di Masjid Al Furqon, Jalan Pasar I, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, (15/4/2021) sore.

Akuakultur

Pendidikan

Mengenal Prodi Akuakultur FPIK UNDIP, Mimpi Perikanan Masa Depan

16 April 2021, 10:15

“Saat ini dunia akuakultur mengalami perkembangan yang sangat signifikan termasuk pula industrinya,” kata Dr Ir Sarjito MappSc selaku Ketua Departemen Akuakultur.


Comments


Please Login to leave a comment.