SERPONG_KAWASAN_MENENGOK-KAMPUNG-BEKELIR-TANGERANG-YANG-INSTAGRAMABLE_GALIH_1100-px-X-600-px.jpg

Berita Kawasan

Menengok Kampung Bekelir Tangerang yang ‘Instagramable’

Awalnya, lingkungan RW 01 Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten, sempat divonis sebagai daerah kumuh. Kondisinya sangat menjijikkan, warganya membuang sampah sembarangan. Bahkan praktik jual beli narkoba, judi, hingga tawuran seolah jadi cerminan wilayah ini.

Lambat laun, masyarakat lingkungan RW 01 ini pun mulai bergerak untuk mengubah stigma negatif tersebut. Mereka bahu membahu membangun citra wilayah dengan menciptakan suasana baru. Ide yang tercetus adalah membangun destinasi wista bernama Kampung Bekelir.

SERPONG_KAWASAN_MENENGOK KAMPUNG BEKELIR TANGERANG YANG INSTAGRAMABLE_GALIH_1100 px X 600 px_REVISI 01-03.jpg

Kata “bekelir” berasal dari dialek Betawi yang berarti berwarna. Sesuai namanya, corak warna-warni menyelimuti setiap sudut kampung dengan luas 4 hektare tersebut. Dinding dan atap rumah warga sekitar dipoles sedemikian rupa dengan warna yang apik. Selain itu, Kampung Bekelir juga sangat menonjolkan kearifan lokal Kota Tangerang lewat seni grafi sekaligus mengenalkan tradisi khas Tangerang kepada masyarakat luas.

Predikat kampung kumuh pun kini berubah. Kampung Bekelir kini sudah tersohor seantero Tangerang. Selain wisatawan lokal, banyak pula mereka yang datang dari luar kota, bahkan ada juga turis asing yang penasaran ingin melihat Kampung Bekelir. "Pada tahun ini sudah ada wisatawan dari delapan negara yang mengunjungi Kampung Bekelir. Terakhir ada wisatawan dari China Taipei (Taiwan)," kata Abu Sofyan seperti dikutip dari kompas.com, Minggu (30/9/2018).

Berkunjung ke Kampung Bekelir, tak lengkap rasanya jika tak berfoto ria. Pasalnya, Kampung Bekelir terdapat beberapa spot yang sangat ‘Instagramable’. Ketika kaki menginjakkan Kampung Bekelir, wisatawan akan disambut dengan pintu masuk wilayah yang cantik. Beragam mural bisa dijadikan latar belakang berfoto.

Beranjak ke dalam Kampung Bekelir, penduduk di sana menghiasinya dengan payung-payung yang menggantung rapi di sepanjang jalan masuk. Spot ini juga bisa jadi tempat berfoto yang menarik. Selanjutnya, ada lambang Kampung Bekelir. Mural bertuliskan Kampung Bekelir ini penuh dengan warna-warni yang cukup mempesona. Cocok juga dijadikan tempat berfoto.

SERPONG_KAWASAN_MENENGOK KAMPUNG BEKELIR TANGERANG YANG INSTAGRAMABLE_GALIH_1100 px X 600 px_REVISI 01-02.jpg

Tak cukup sampai di situ, ada juga spot flying deck, lokasi ini berada di depan Kampung Bekelir yang memang berdekatan dengan Sungai Cisadane Tangerang. Sementara bagi yang ingin wisata edukasi sekaligus berfoto ria, spot bernama Rumah Bibit bisa jadi tempat yang pas. Lokasi ini bisa jadi tempat foto yang ciamik. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Wisatawan yang datang ke sana tak dipungut biaya alias gratis. Untuk menuju ke kawasan ini juga mudah dijangkau dengan berbagai moda transportasi. Anda bisa mengikuti petunjuk google map yang ada di bio akun Instagram @KampungBekelir. Jika Anda dari arah Serpong, tujuan pertama adalah ke arah Cikokol. Lalu dilanjutkan ke arah Tangcity Mall, Taman Gajah, hingga akhirnya Anda tiba di sebuah pertigaan. Di depan pertigaan, tepatnya di Jalan Perintis Kemederakaan, di sebelah kanan jalan terdapat plang besar bertuliskan Kampung Bekelir.

Seperti diketahui, Kampung Bekelir diresmikan Pemerintah Kota Tangerang pada November 2017. Ide awal mendirikan Kampung Bekelir datang dari warga setempat dengan biaya sukarela, tak mengeluarkan sama sekali dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangerang. Kini Pemerintah Kota Tangerang telah menetapkan Kampung Bekelir hasil karya warga Kelurahan Babakan sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Seribu Jasa ini.


Read More

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.