Menerka Romansa Cinta Tragis dalam Film The Invisible Man

Hobi dan Hiburan

Menerka Romansa Cinta Tragis dalam Film The Invisible Man

Tak hanya meninggalkan luka fisik, kekerasan dalam hubungan lebih dalam dapat memberikan luka psikis yang berkepanjangan bagi korbannya. Setidaknya inilah yang dialami Cecilia Kess -- perempuan yang menjadi korban kekerasan yang dilakukan oleh kekasihnya, Adrian Griffin. Profesi Adrian sebagai pakar optik terkemuka dengan harta yang melimpah membuat ia merasa memiliki kuasa atas kehidupan kekasihnya. Sampai-sampai ia berani melakukan kontrol penuh.

Menerka Romansa Cinta Tragis dalam Film The Invisible Man

Adrian juga tak segan melukai kekasihnya bila melakukan sesuatu hal yang tak sesuai dengan keinginannya. Cecilia bukannya tak melakukan perlawanan selama hidup bersama Adrian. Bila ia melawan, maka dirinya akan dianiaya. Alhasil, ia pun mencoba mencari peluang untuk dapat terlepas dari jeratan kekasihnya.

[Baca Juga: Ini Jajaran Tokoh Perempuan Jagoan di Film Birds of Prey]

Hingga suatu malam, Cecilia berhasil melarikan diri dari rumah kekasihnya dengan dibantu adiknya, Alice Kass. Sayangnya, meski telah berhasil melarikan diri, Cecilia justru mengalami trauma. Bahkan, kabar kematian sang kekasih turut tak membuatnya dapat hidup bahagia. Malapetaka justru menghantui hidupnya lantaran ia yakin bahwa sang kekasih belum meninggal dan mengancam kehidupannya serta orang-orang di sekitarnya.

Menerka Romansa Cinta Tragis dalam Film The Invisible Man

Akting Memukau Elisabeth Moss

Romansa hubungan percintaan yang tragis tersebut diceritakan dengan apik dalam film The Invisible Man yang resmi tayang di bioskop tanah air pada 26 Februari 2020. Upaya Cecilia melarikan diri ini menjadi salah satu adegan pembuka yang cukup menegangkan dalam film yang disutradarai dan ditulis langsung oleh Leigh Whannell. Film ini dibintangi aktris kenamaan Elisabeth Moss sebagai Cecilia dan Oliver Jackson Cohen sebagai Adrian.

Dengan durasi film yang mencapai sekitar 125 menit, Leigh dapat membuat alur cerita yang sistematis. Hanya saja, dalam film ini minim cerita adegan kilas balik antara Cecilia dengan Adrian. Hal ini dapat membuat penonton bertanya-tanya bentuk kekerasan apa saja yang dialami Cecilia dan bagaimana perlakuan Adrian mampu mempengaruhi pemikirannya. Beruntung, akting memukau dari Elisabeth Moss sukses menggambarkan tekanan psikologis yang dialami Cecilia.

Menerka Romansa Cinta Tragis dalam Film The Invisible Man

Dalam film ini, Elisabeth Moss begitu menjiwai perannya sebagai perempuan yang depresi akibat toxic relationship yang dialaminya. Tatapan kosong dan raut tekanan depresinya sukses membius penonton. Penonton akan terhanyut dalam situasi yang membingungkan, apakah memang mantan kekasihnya benar-benar masih hidup dan mengganggu kehidupannya, atau hanya ilusinya semata. Tak mengherankan bila aktingnya ini mendapat pujian dari sejumlah pihak.

Menerka Romansa Cinta Tragis dalam Film The Invisible Man

Seperti ulasan media The Guardian yang turut memberi review positif untung akting Elisabeth Moss. Bahkan mereka menyebut Elisabeth Moss sukses menghidupkan murky thriller pada masa kini. Pujian turut diberikan kepada sang sutradara. Pasalnya, Leigh mampu menjadikan film ini hidup dengan fokus pada peran utama perempuan sebagai korban kekerasan dalam hubungan. Padahal aktor Johnny Depp yang sebelumnya direncanakan membintangi film ini seperti diberitakan pada 2016.

Menerka Romansa Cinta Tragis dalam Film The Invisible Man

Sarat Nilai Bahaya Kekerasan Dalam Hubungan

Selain akting Elisabeth Moss yang memukau, teknik pengambilan scene dalam film ini juga pantas untuk diapresiasi. Penonton akan merasa turut dihantui dengan sosok The Invisible Man karena sorotan kamera yang secara perlahan menelusuri setiap sudut ruangan, baru kemudian fokus kepada tokohnya.

Film yang diadopsi dari novel dengan judul yang sama karya H.G Wells tahun 1897 ini tak hanya sukses dengan kisah science fiction horror-nya saja. Akting memukau Elisabeth Moss setidaknya akan mengingatkan Anda betapa bahayanya dampak psikologis bagi korban kekerasan dalam hubungan.

[Baca Juga: Perempuan Tanah Jahanam Lebih Mengerikan dari Pengabdi Setan]

Meski tidak menampilkan kekerasan fisik yang dialami Cecilia saat menjalin hubungan dengan Adrian, tapi pada beberapa adegan menunjukkan memang adanya kekerasan dalam hubungan yang dialaminya. Misalnya seperti paksaan untuk memiliki anak sehingga membuat Cecilia meminum obat anti kehamilan. Hal itu masuk kategori sebagai kekerasan seksual dalam hubungan.

Selain itu, adegan saat Cecilia harus berlatih keluar rumah saat masa pemulihan setelah melarikan diri dari rumah kekasihnya menunjukkan betapa membekasnya luka psikologis yang dialami korban kekerasan dalam hubungan. Secara garis besar, film ini berhasil memberikan gambaran tentang bagaimana dampak dari kekerasan dalam hubungan.


Read More

Artikel Lainnya

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T Resmi Hadir di Indonesia.jpg

Bisnis

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T 5G Resmi Hadir di Indonesia

01 December 2022, 15:55

Anggota keluarga baru di Xiaomi 12 Series pada hari ini secara resmi diboyong ke Tanah Air dengan membawa spesifikasi yang mumpuni serta kemampuan pengambilan gambar yang disebut tepat bagi para kreator konten.

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.co m.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.