Mengapa Bepergian dengan Odong-odong Berbahaya

Berita Kawasan

Mengapa Bepergian dengan Odong-odong Berbahaya?

Kendaraan odong-odong bisa ditemui di jalan-jalan protokol hingga perumahan warga. Namun, dari segi kenyamanan dan keamanan bagi penumpang sangat kurang. Terlebih karena yang sering menaikinya anak-anak.

Camat Cempaka Putih Andri menghimbau agar warganya tidak memanfaatkan kendaraan odong-odong untuk bepergian ke suatu lokasi tertentu seperti sekolah atau pasar. Apalagi kendaraan tersebut tidak didukung segi keamanan."Lebih baik menggunakan kendaraan resmi yang memiliki uji KIR, keselamatan, dan kualitas. Odong-odong bukan moda transportasi alternatif," ucapnya seperti dikutip dari pusat.jakarta.go.id (23/4/2019).

[Baca Juga: Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Saat di Dalam Kendaraan Umum]

Sementara itu, Kapala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Suku Dinas Perhubungan (Sudin Hub) Kecamatan Cempaka Putih Wawan Ikhwan menjelaskan, belum ada payung hukum untuk menertibkan odong-odong.

Untuk itu, lanjut Wawan, pihaknya hanya memberikan pendekatan persuasif saja. "Jika ada dasar hukum, pasti kami tindak. Saat ini belum ada kepastian, tapi kami terus berupaya memberikan penyuluhan kepada warga menerangkan bahwa itu kendaraan ilegal dan tidak ada asuransi," tandasnya.

Mengapa Bepergian dengan Odong-odong Berbahaya

Dilarang Turun Ke Jalan

Sebelumnya pernah diberitakan, sebanyak tujuh unit odong-odong yang lalu lalang di sejumlah jalan raya di wilayah Cempaka Putih, Jakarta Pusat, ditertibkan petugas Sudin Perhubungan. Meski tidak ada perlawanan dari pemilik, namun penertiban tersebut sempat mengejutkan sejumlah penumpangnya. "Yah kok di berhentiin, ada apa nih pak kita kok di suruh turun," celetuk salah satu penumpang Larry (44).

Meski begitu, para penumpang yang dominasi para ibu-ibu yang tengah mengasuh anak tersebut akhirnya mengerti setelah petugas memberitahukannya. “Kalau kita mah tahu naik odong-odong nemenin anak biar seneng saja,” ucap penumpang wanita lainnya.

[Baca Juga: Sosialisasi Jak Lingko, Layanan Transportasi Terintegrasi]

Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Perhubungan dan Transportasi Kecamatan Cempaka Putih Setyayasa mengatakan, sejauh ini pihaknya baru memberi peringatan kepada pemilik odong-odong agar tidak seliweran di jalan raya. “Selain mengganggu ketertiban umum, keberadaannya pun harus lebih dulu memiliki izin dari Polda Metro karena berkaitan dengan keselamatan terhadap penumpangnya,” ungkapnya.

Nantinya, bila kedapatan kembali turun ke jalan raya pihaknya akan mengandangi tanpa ada toleransi kembali. Pasalnya mereka juga sudah membuat surat pernyataan dengan bertanda tangan di atas materai Rp6.000 untuk tidak beroperasi di jalan raya.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.