1Mengapa Kantor Disbudpar Surabaya Tutup Selama Masa Transisi.jpg

Berita Kawasan

Mengapa Kantor Disbudpar Surabaya Tutup Selama Masa Transisi?

Terpuruknya laju ekonomi di sektor hiburan dan pariwisata seperti restoran, hotel dan lainnya adalah salah satu alasan yang melandasai Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk tidak melanjutkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sekaligus menyatakan dimulainya masa transisi menuju kenormalan baru.

Keputusan ini diambil di saat kurva penyebaran virus SARS-CoV-2 masih belum menunjukan tren penurunan. Sebagaimana dilaporkan situs lawancovid19.surabaya.go.id, hingga Senin (8/6/2020) tercatat 3.360 kasus positif COVID-19 di Kota Surabaya. Dari jumlah ini, terdapat 867 pasien yang dinyatakan sembuh dan 296 pasien meninggal dunia.

Di waktu yang nyaris bersamaan, Pemkot Surabaya juga memutuskan untuk menghentikan sementara waktu kegiatan pelayanan di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) selama dua minggu. Artinya selama masa transisi, kantor Disbudpar tertutup bagi siapa pun.

Mengapa Kantor Disbudpar Surabaya Tutup Selama Masa Transisi

Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara mengungkapkan keputusan ini disebabkan ada temuan dua kasus COVID-19. Lebih jauh dia menjelaskan, awal mula kasus ini terjadi ketika didapati staf Disbudpar yang mengalami keluhan batuk ringan, flu dan demam. Kondisi ini dirasakan staf tersebut selama seminggu, setelah mendapatkan hasil uji cepat yang menyatakan staf tersebut non reaktif.

Dikutip detik.com, Senin (8/6/2020) malam, Febri menuturkan staf tersebut pun mengambil inisiatif untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut termasuk menjalani rontgen di rumah sakit. Hasilnya pun menyatakan staf tersebut positif terpapar virus SARS-CoV-2.

[#R[

Febri menegaskan asal muasal terinfeksinya staf ini disebabkan ada keluarga staf tersebut yang terinfeksi dan meninggal dunia karena COVID-19. Akibatnya, Pemkot pun memutuskan untuk melakukan penutupan kantor Disbudpar sementara waktu. "Ada dua kasus, yang satu staf memiliki gejala dan hari ini sudah swab. Nah, yang jelas adalah keluarga dari staf yang meninggal karena COVID-19. Jadi keluarganya ya," ungkap dia.

Dia pun menuturkan, bahwa sebelum diputuskan menutup sementara kantor Disbudpar, Pemkot telah melakukan uji cepat kepada seluruh pegawai. Rupanya ditemukan belasan pegawai dengan hasil reaktif. "Kemarin sudah dilakukan rapid [test]dan memang ada sekitar 16 orang yang reaktif. Hari ini langsung di-swab dan ini masih nunggu juga hasilnya," jelasnya.

[Baca Juga: Di Tengah Lonjakan Kasus Positif, Wali Kota Surabaya Dapat 2 Kejutan]

[Baca Juga: Surabaya Memasuki Masa Transisi, PSBB Diakhiri]


Read More

Artikel Lainnya

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidi o.jpg

Hobi dan Hiburan

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidio

30 June 2022, 13:12

: Bagi Anda penggemar komedi Tanah Air, maka bersiaplah untuk menyaksikan serial Suka Duka Berduka yang diperankan bintang papan atas Indonesia yang mulai tayang pekan depan di Vidio.

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 202 2.jpg

Berita Kawasan

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 2022

30 June 2022, 11:09

Akhir pekan ini, Stadion Patriot Bekasi akan menjadi saksi gelaran perdana timnas di Piala AFF U-19 2022.

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.


Comments


Please Login to leave a comment.