Mengapa Saat Orang Berbicara di Ponsel Berjalan Bolak-Balik

Kesehatan

Mengapa Saat Orang Berbicara di Ponsel Berjalan Bolak-Balik?

Pada umumnya, metode menelepon atau menerima telepon di ponsel yang tepat adalah berbicara sambil duduk. Tapi tanpa disadari banyak orang yang memiliki kebiasaan tidak bisa diam ketika berbicara di telepon. Dari mulai ada yang memilih sambil tiduran, menggambar, atau bermain dengan benda-benda di sekitarnya. Namun yang cenderung kerap dilakukan orang pada umumnya adalah berjalan bolak-balik. Dan percayalah ini kebiasaan ini terjadi di berbagai belahan dunia. Kira-kira mengapa ya?

Mengapa Saat Orang Berbicara di Ponsel Berjalan Bolak-Balik

Pertanyaan itu mungkin terbesit di benak Anda, apalagi jika Anda tidak memiliki kebiasaan ini tapi kerap melihatnya. Mungkin hal ini dilakukan anggota keluarga Anda atau rekan kerja hingga mungkin atasan di kantor. Menariknya, ini merupakan hal yang lumrah dan cenderung bisa dimaklumi. Karena dilakukan secara tidak sadar mengingat kebiasaan tersebut memiliki hubungan dengan kinerja otak manusia.

Sebagiamana dilansir dari inc.com (22/10/2019), saat Anda berbicara dengan orang lain secara tatap muka, otak Anda akan terhubung dengan elemen dalam pembicaraan itu. Dari mulai nada suaranya, pilihan kata, emosi, hingga gerakan gestur yang diperlihatkan sehingga Anda bisa mengidentifkasikan hal-hal itu sebagai umpan balik dalam komunikasi.

[Baca Juga: Inilah 4 Bahaya Jika Tidur Dekat Ponsel]

Namun hal-hal di atas tidak berlaku ketika Anda menelepon di ponsel pada umumnya, kecuali video call. Di sisi lain kinerja otak Anda tetap bekerja layaknya saat berbicara secara tatap muka padahal dengan absennya elemen yang yang berhubungan dengan umpan balik secara fisik. Lalu otak pun mengisi gap elemen tersebut dengan memunculkan respons emosional pada diri Anda melalui gerakan fisik.

Gerakan fisik ini biasanya disalurkan dengan cara berjalan bolak-balik secara tidak sadar. Sehingga pada dasarnya gerakan tersebut dipandang sebagai pengganti emosi, gestur, bahkan ekspresi wajah antara Anda dengan orang lain yang sedang berbicara di telepon.

[Baca Juga: Radiasi Ponsel Sebabkan Kanker Otak, Benarkah?]

Selain itu, berjalan bolak-balik ini juga berlaku saat Anda mendapatkan pertanyaan sulit atau bahkan diminta memberikan penjelasan oleh lawan bicara. Sebagaimana dilansir dari mentalfloss.com (22/10/2019) saat Anda mengalami dilema yang membuat otak bekerja keras, maka berjalan merupakan cara otak untuk mengurangi kecemasan sekaligus meningkatkan kreativitas dalam hal ini untuk menjawab pertanyaan atau situasi oleh lawan bicara di telepon.

Read More

Artikel Lainnya

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus.jpg

Hobi dan Hiburan

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus

03 June 2020, 21:00

Dengan program terbarunya, JOOX ingin memanjakan para penggemar K-Pop di Tanah Air sekaligus berikan kesempatan berinteraksi dengan idola.

Di Antara Hewan Peliharaan, Kucing Disinyalir Paling Berpotensi Terkena COVID-19.jpg

Kesehatan

Kucing Disinyalir Hewan Peliharaan Paling Berpotensi Terkena COVID-19

03 June 2020, 20:00

Berdasarkan penelitian ahli, di antara semua hewan peliharaan yang dapat terinfeksi COVID-19, kucing berpotensi paling besar terkena.

sejarah KA semarang_1.jpg

Berita Kawasan

Menelusuri Jejak Stasiun Kereta Api Pertama di Semarang

03 June 2020, 19:47

Stasiun Semarang Gudang merupakan stasiun yang dibangun kala penjajahan Belanda. Namun, stasiun tersebut bukanlah stasiun kereta api pertama di Semarang.

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

Kesehatan

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

03 June 2020, 19:30

Pengetesan kedua ini dilakukan karena ditemukan kasus positif sebelumnya, kini ditemukan 15 orang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.