Mengapa Sabun Ampuh Matikan Virus Corona

Kesehatan

Mengapa Sabun Ampuh Matikan Virus Corona?

Saat ini masyarakat Indonesia ramai-ramai membeli hand sanitizer demi menjaga sanitasi tangan mereka dari ancaman Virus Corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19. Namun seperti yang kerap disampaikan pemerintah pusat dan daerah, dibandingkan penggunaan hand sanitizer, Anda disarankan mengikuti Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang salah satunya adalah dengan cuci tangan menggunakan sabun. Karena percaya atau tidak, sabun terbilang ampuh dalam mematikan virus SARS-CoV-2.

Apa yang digaungkan pemerintah mengenai cuci tangan menggunakan sabun ini memang ada penjelasannya ilmiahnya. Bahkan Anda tak perlu membeli sabun dengan logo anti-septik. Karena semua sabun ternyata bisa digunakan untuk cuci tangan dan membantu menghancurkan Virus Corona yang mungkin saja tertempel di tangan Anda. Mungkin Anda bertanya, bagaimana bisa?

Mengapa Sabun Ampuh Matikan Virus Corona

Pada video yang diunggah Vox di channel YouTube-nya, mereka menjelaskan bahwa kandungan dalam virus Corona pada dasarnya terdiri dari dua hal, yaitu protein dan lemak. Karena virus memiliki sifat yang mudah menempel di tangan Anda, mencuci tangan dengan air saja tak cukup. Karena air disebut hanya melewati tubuh virus begitu saja tanpa membuatnya terlepas. Pasalnya kandungan lemak pada virus membuatnya bekerja layaknya minyak yang bila tercampur air maka tak bisa menyatu atau larut.

[Baca Juga: Apakah Hand Sanitizer Efektif Melawan Virus Corona?]

Jadi bila hanya mencuci tangan dengan air semata maka virus tetap terus menempel. Namun sabun yang di dalamnya terdapat dua sisi molekul memiliki sifat yang unik mampu menghancurkan virus. Sebut saja molekul pertama dalam sabun memungkinkannya untuk menarik air sehingga terlalu dengan molekul kedua memiliki sifat menarik lemak. Oleh karena itulah ketika Anda mandi, pada dasarnya molekul dalam sabun menarik air serta minyak dari kulit agar Anda bersih.

Kembali kepada kandungan dari Virus Corona yang salah satunya adalah lemak maka bila terjadi kontak dengan sabun, molekulnya akan menarik lemak dari virus tersebut sehingga “tubuhnya” terlepas. Layaknya mengupas buah, lemak yang bekerja seperti pelindung, molekul dari sabun membuat virus mudah hancur.

[Baca Juga: Cegah Corona, Wali Kota Depok Ajak ASN Cuci Tangan dengan Benar]

Namun Anda tidak boleh sembarang mencuci tangan dengan sabun seadanya, karena terdapat syarat agar molekul tersebut mampu bekerja secara optimal. Pasalnya membutuhkan waktu sekitar 20 detik untuk molekul sabun bekerja dengan maksimal. Oleh karena itulah kenapa Anda diminta mencuci tangan secara menyeluruh hingga sela-sela jari dan kuku sampai sekitar 20 detik. Setelah lemak dalam virus itu hancur, air dengan mudah melarutkan sisa-sisa dari virus tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.