Mengapa Sabun Ampuh Matikan Virus Corona

Kesehatan

Mengapa Sabun Ampuh Matikan Virus Corona?

Saat ini masyarakat Indonesia ramai-ramai membeli hand sanitizer demi menjaga sanitasi tangan mereka dari ancaman Virus Corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19. Namun seperti yang kerap disampaikan pemerintah pusat dan daerah, dibandingkan penggunaan hand sanitizer, Anda disarankan mengikuti Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang salah satunya adalah dengan cuci tangan menggunakan sabun. Karena percaya atau tidak, sabun terbilang ampuh dalam mematikan virus SARS-CoV-2.

Apa yang digaungkan pemerintah mengenai cuci tangan menggunakan sabun ini memang ada penjelasannya ilmiahnya. Bahkan Anda tak perlu membeli sabun dengan logo anti-septik. Karena semua sabun ternyata bisa digunakan untuk cuci tangan dan membantu menghancurkan Virus Corona yang mungkin saja tertempel di tangan Anda. Mungkin Anda bertanya, bagaimana bisa?

Mengapa Sabun Ampuh Matikan Virus Corona

Pada video yang diunggah Vox di channel YouTube-nya, mereka menjelaskan bahwa kandungan dalam virus Corona pada dasarnya terdiri dari dua hal, yaitu protein dan lemak. Karena virus memiliki sifat yang mudah menempel di tangan Anda, mencuci tangan dengan air saja tak cukup. Karena air disebut hanya melewati tubuh virus begitu saja tanpa membuatnya terlepas. Pasalnya kandungan lemak pada virus membuatnya bekerja layaknya minyak yang bila tercampur air maka tak bisa menyatu atau larut.

[Baca Juga: Apakah Hand Sanitizer Efektif Melawan Virus Corona?]

Jadi bila hanya mencuci tangan dengan air semata maka virus tetap terus menempel. Namun sabun yang di dalamnya terdapat dua sisi molekul memiliki sifat yang unik mampu menghancurkan virus. Sebut saja molekul pertama dalam sabun memungkinkannya untuk menarik air sehingga terlalu dengan molekul kedua memiliki sifat menarik lemak. Oleh karena itulah ketika Anda mandi, pada dasarnya molekul dalam sabun menarik air serta minyak dari kulit agar Anda bersih.

Kembali kepada kandungan dari Virus Corona yang salah satunya adalah lemak maka bila terjadi kontak dengan sabun, molekulnya akan menarik lemak dari virus tersebut sehingga “tubuhnya” terlepas. Layaknya mengupas buah, lemak yang bekerja seperti pelindung, molekul dari sabun membuat virus mudah hancur.

[Baca Juga: Cegah Corona, Wali Kota Depok Ajak ASN Cuci Tangan dengan Benar]

Namun Anda tidak boleh sembarang mencuci tangan dengan sabun seadanya, karena terdapat syarat agar molekul tersebut mampu bekerja secara optimal. Pasalnya membutuhkan waktu sekitar 20 detik untuk molekul sabun bekerja dengan maksimal. Oleh karena itulah kenapa Anda diminta mencuci tangan secara menyeluruh hingga sela-sela jari dan kuku sampai sekitar 20 detik. Setelah lemak dalam virus itu hancur, air dengan mudah melarutkan sisa-sisa dari virus tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.