Mengapa Toko Kopi Tuku Enggan Franchise

Bisnis

Mengapa Toko Kopi Tuku Enggan Franchise?

Jika Anda termasuk orang yang ikut mem-follow akun media sosial Toko Kopi Tuku maka Anda pasti tak asing lagi dengan pertanyaan yang kerap muncul di kolom komentar postingan mereka. Pasalnya, pasti muncul satu atau dua pertanyaan mengenai apakah Toko Kopi Tuku akan membuka cabang di wilayah luar Jabodetabek serta apakah bisnis mereka akan dijadikan franchise atau waralaba. Founder Toko Kopi Tuku Andanu Prasetyo akhirnya memberikan jawaban mengenai pertanyaan tersebut.

Mengapa Toko Kopi Tuku Enggan Franchise

Pertanyaan tersebut cukup menjadi sorotan pada acara pada talkshow How To Start Business For Young Entrepreneur In This Era yang digelar pada pekan lalu. Apalagi ketika pendiri restoran Boja Eatery Kinsky Bunyamin langsung mengutarakannya kepada Andanu. Menurut pria lulusan Universitas Prasetya Mulya jawaban dari pertanyaan ini kembali kepada dirinya sendiri ketika ia mendirikan Toko Kopi Tuku untuk pertama kalinya.

“Alasan pertamanya dari aku pribadi, karena mungkin aku belum punya alasan kenapa aku harus mendapatkan dana sebesar itu (dari) say disuntik, say di-franchise. Sebutlah aku punya cabang 300, sebutlah aku disuntik sekian ratus miliar, selalu feel-nya adalah ‘Terus kenapa sudah sampai di level itu?’. Sementara yang bisa aku share, aku built Tuku itu built for last bukan built for sale,” ujar pria yang akrab disapa Tyo itu di Auditorium Gedung Kawan Lama, Jalan Puri Kencana No.1, Meruya, Kembangan, Jakarta Barat (12/14/2019).

[Baca Juga: Ini Tantangan Boja Eatery dan Kopi Tuku dalam Memulai Bisnis]

Jadi menurut Andanu dia ingin Toko Kopi Tuku lebih fokus untuk dapat terus eksis lama dalam misinya meningkatkan konsumsi kopi di Indonesia. Bahkan Andanu tidak terbayangkan jika memang dirinya hendak menjadikan Toko Kopi Tuku sebagai franchise bagaimana tetap mengontrol cita rasa untuk para penikmat kopi yang selama ini ia bersama timnya berusaha terus jaga.

Perihal cita rasa ini, Andanu mengandaikan dalam sulitnya membuat espresso yang pas di lidah penikmat kopi. “Sementara aku harus dalam setiap hari membuka cabang franchise dan mengajarkan mereka membuat itu (sampai) berhasil. So konsistensi di level itu kita tahu pasti susah, meskipun pasti ada solusinya. Tapi balik lagi kita ngomong customer. Tuku saat ini bisa sampai sekarang karena hubungan baik dengan tetangga-tetangganya,” ungkapnya.

[Baca Juga: Ini Pandangan Kopi Tuku dengan Menjamurnya Coffee To Go]

Ia menambahkan, salah satu yang menjadi ciri khas dari Toko Kopi Tuku adalah pelayanan serta desain hingga interiornya yang membuat nyaman para pengunjung. Sehingga menurut Andanu Prasetyo untuk saat ini ia masih belum memiliki kapabilitas untuk menjaga semua hal yang diekspetasi konsumen ketika datang ke Toko Kopi Tuku jika memang ia menjadikan bisnisnya dengan konsep franchise atau waralaba.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 2 years, 9 months lalu
    Natasya88

    Di spesial menyambut natal & tahun baru buruan dapatkan bonus++ tambahan langsung 5% setiap kali deposit berkelipatan 100k hanya di (qqharian,info) sekarang juga guys. . .🥳🥳😘

  • Natasya88 2 years, 9 months lalu
    Natasya88

    Di spesial menyambut Natal & Tahun baru Buruan Dapatkan TAMBAHAN FREECHIPS 5% LANGSUNG SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K hanya di (BOLA165,CO) sekarang juga guys. . .

  • Suki 2 years, 9 months lalu
    suki

    GEBYAR KADO CHRISTMAS BULAN DESEMBER DAPATKAN LANGSUNG TAMBAHAN 5% TANPA ADA SYARAT YANG SUKA MAIN GAME SLOTS YANG SUKA MAIN POKER YANG SUKA MAIN BOLA TANGKAS YANG SUKA MAIN ROULLETE DAN BANYAK GAME LAINNYA JUGA...... BURUAN DECH MERAPAT DAN JOIN YACH DI DUPA88,NET INGAAATTT....ANDA BISA KAYA MENDADAK!!