Mengedukasi Anak Dengan Permainan Tradisional

Pendidikan

Mengedukasi Anak Dengan Permainan Tradisional

Usia anak-anak merupakan masa di mana mereka sedang senang bermain. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkannya dengan mengenalkan beragam jenis permainan anak yang mendidik. Disamping membuatnya merasa terhibur, anak juga bisa mendapatkan pelajaran yang baik untuk tumbuh kembang.

Ada banyak sekali permainan yang bisa anak mainkan. Tapi, tidak semua permainan memiliki unsur edukatif yang baik untuk perkembangannya. Jika Anda sedang mencarikan jenis permainan yang mengedukasi dan bermanfaat baik bagi tumbuh kembang si buah hati, Anda bisa simak informasi dalam ulasan PingPoint.co.id, tentang ragam permainan anak yang mendidik melalui permainan tradisional.

[Baca Juga: Hadang, Sebutan Lain Permainan Tradisional Gobak Sodor]

Mengedukasi Anak Dengan Permainan Tradisional

1. Congklak

Congklak merupakan sebuah permainan satu lawan satu. Congklak menjadi salah satu permainan anak yang cukup menantang sekaligus mendidik, karena permainan ini akan membuat si anak berpikir strategi terbaik agar ia dapat menang.

Hadang, Sebutan Lain Permainan Tradisional Gobak Sodor

2. Gobak Sodor Atau Galasin

Gobak sodor atau galasin adalah permainan seru yang membutuhkan dua kelompok. Aktivitas ini bisa dilakukan buah hati bersama dengan teman-temannya. Permainan ini mengajarkan anak untuk dapat bekerjasama dengan kelompok.

Mengedukasi Anak Dengan Permainan Tradisional Lompat Tali

3. Lompat Tali

Lompat tali menjadi salah satu permainan yang melatih konsentrasi serta kelincahan fisik anak dengan banyak melompat. Permainan ini bisa dimainkan oleh tiga orang atau lebih, mereka akan saling bergantian untuk memegang talinya dan melompat. Hal ini akan melatih kesabaran anak untuk mendapatkan giliran.

Mengedukasi Anak Dengan Permainan Tradisional Ular Naga

4. Ular Naga

Ular naga ialah permainan yang mendorong anak agar berlaku bijak. Dalam permainan ini, anak yang terperangkap harus memilih akan berpihak kepada siapa di antara dua anak yang berperan sebagai pintu gerbang. Ini akan mengajarkan anak-anak untuk tepat dalam memutuskan sebuah pilihan.

Mengedukasi Anak Dengan Permainan Tradisional Petak Umpet

5. Petak Umpet

Petak umpet adalah permainan anak yang legendaris. Dalam permainan ini, anak-anak harus bergerak aktif untuk berusaha menemukan tempat persembunyian yang akan sulit ditemukan. Dan bagi yang berjaga pun harus berpikir keras, menebak persembunyian dan menangkap teman-temannya. Petak umpet mengasah kemampuan anak dalam menganalisa dan melatih strategi.

Mengedukasi Anak Dengan Permainan Tradisional Cublak Cublak Suweng

6. Cublak Cublak Suweng

Jika Anda besar di tanah Jawa, Anda pasti tidak asing dengan permainan ini. Anda bisa mengenalkan anak permainan ini, karena manfaat dari kegiatan edukatif ini adalah agar anak mampu mencocokkan ritme lagu dengan gerakan tangan, melatih motorik halus, belajar mengikuti peraturan yang ada, belajar kerja sama, belajar menyimpan rahasia, dan berusaha berpikir agar bisa menebak dengan benar.

[Baca Juga: Mengenal Permainan Olahraga Tradisional Sumpitan]

Dengan beberapa permainan tradisional yang mendidik di atas, bisa menjadi solusi untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget. Walaupun tak ada salahnya jika anak bermain gadget, tapi alangkah baiknya untuk dibatasi. Karena berlebihan bermain gadget juga tidak baik untuk diri anak, apalagi jika sampai ia kecanduan dan muncul kebiasaan buruk suka marah kalau gadget-nya diminta.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.