Mengedukasi Anak Dengan Permainan Tradisional

Pendidikan

Mengedukasi Anak Dengan Permainan Tradisional

Usia anak-anak merupakan masa di mana mereka sedang senang bermain. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkannya dengan mengenalkan beragam jenis permainan anak yang mendidik. Disamping membuatnya merasa terhibur, anak juga bisa mendapatkan pelajaran yang baik untuk tumbuh kembang.

Ada banyak sekali permainan yang bisa anak mainkan. Tapi, tidak semua permainan memiliki unsur edukatif yang baik untuk perkembangannya. Jika Anda sedang mencarikan jenis permainan yang mengedukasi dan bermanfaat baik bagi tumbuh kembang si buah hati, Anda bisa simak informasi dalam ulasan PingPoint.co.id, tentang ragam permainan anak yang mendidik melalui permainan tradisional.

[Baca Juga: Hadang, Sebutan Lain Permainan Tradisional Gobak Sodor]

Mengedukasi Anak Dengan Permainan Tradisional

1. Congklak

Congklak merupakan sebuah permainan satu lawan satu. Congklak menjadi salah satu permainan anak yang cukup menantang sekaligus mendidik, karena permainan ini akan membuat si anak berpikir strategi terbaik agar ia dapat menang.

Hadang, Sebutan Lain Permainan Tradisional Gobak Sodor

2. Gobak Sodor Atau Galasin

Gobak sodor atau galasin adalah permainan seru yang membutuhkan dua kelompok. Aktivitas ini bisa dilakukan buah hati bersama dengan teman-temannya. Permainan ini mengajarkan anak untuk dapat bekerjasama dengan kelompok.

Mengedukasi Anak Dengan Permainan Tradisional Lompat Tali

3. Lompat Tali

Lompat tali menjadi salah satu permainan yang melatih konsentrasi serta kelincahan fisik anak dengan banyak melompat. Permainan ini bisa dimainkan oleh tiga orang atau lebih, mereka akan saling bergantian untuk memegang talinya dan melompat. Hal ini akan melatih kesabaran anak untuk mendapatkan giliran.

Mengedukasi Anak Dengan Permainan Tradisional Ular Naga

4. Ular Naga

Ular naga ialah permainan yang mendorong anak agar berlaku bijak. Dalam permainan ini, anak yang terperangkap harus memilih akan berpihak kepada siapa di antara dua anak yang berperan sebagai pintu gerbang. Ini akan mengajarkan anak-anak untuk tepat dalam memutuskan sebuah pilihan.

Mengedukasi Anak Dengan Permainan Tradisional Petak Umpet

5. Petak Umpet

Petak umpet adalah permainan anak yang legendaris. Dalam permainan ini, anak-anak harus bergerak aktif untuk berusaha menemukan tempat persembunyian yang akan sulit ditemukan. Dan bagi yang berjaga pun harus berpikir keras, menebak persembunyian dan menangkap teman-temannya. Petak umpet mengasah kemampuan anak dalam menganalisa dan melatih strategi.

Mengedukasi Anak Dengan Permainan Tradisional Cublak Cublak Suweng

6. Cublak Cublak Suweng

Jika Anda besar di tanah Jawa, Anda pasti tidak asing dengan permainan ini. Anda bisa mengenalkan anak permainan ini, karena manfaat dari kegiatan edukatif ini adalah agar anak mampu mencocokkan ritme lagu dengan gerakan tangan, melatih motorik halus, belajar mengikuti peraturan yang ada, belajar kerja sama, belajar menyimpan rahasia, dan berusaha berpikir agar bisa menebak dengan benar.

[Baca Juga: Mengenal Permainan Olahraga Tradisional Sumpitan]

Dengan beberapa permainan tradisional yang mendidik di atas, bisa menjadi solusi untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget. Walaupun tak ada salahnya jika anak bermain gadget, tapi alangkah baiknya untuk dibatasi. Karena berlebihan bermain gadget juga tidak baik untuk diri anak, apalagi jika sampai ia kecanduan dan muncul kebiasaan buruk suka marah kalau gadget-nya diminta.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.