Mengenal 10 Manfaat Singkong untuk Kesehatan

Kesehatan

Mengenal 10 Manfaat Singkong untuk Kesehatan (Bagian 1)

Singkong merupakan umbi-umbian yang jadi bahan makanan utama di Indonesia. Bukan hanya umbinya saja, bahkan daunnya juga turut di konsumsi untuk tumisan maupun sayuran berkuah. Bahkan orang yang sedang menjalankan diet kerap kali mengganti nasi dengan singkong, hal ini dikarenakan singkong mengandung karbohidrat yang mirip dengan nasi.

Bukan hanya karbohidrat saja, singkong juga memiliki kandungan lain yang baik untuk kesehatan, misalnya serat, vitamin A, dan antioksidan. Melansir dari boldsky.com (22/4/2019) inilah manfaat singkong untuk kesehatan.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Singkong kaya akan serat, sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk Anda yang sedang menjalankan diet. Singkong dapat menahan rasa lapar cukup lama dibanding cemilan yang tak sehat. Singkong juga rendah kalori sehingga aman dimakan sebagai camilan diet Anda.

[Baca Juga: Ganti Asupan Nasi dengan Ubi Ungu]

2. Mengurangi Migrain

Singkong memiliki kandungan vitamin B2 dan riboflavin yang bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kepala dan migrain. Mengonsumsi singkong dapat membantu Anda untuk mengurangi serangan migrain. Anda bisa mengonsumsi daun maupun umbi singkong untuk menyembuhkan masalah ini.

3. Meningkatkan Pencernaan

Karena kandungan seratnya cukup banyak, singkong juga dapat membantu fungsi pencernaan. Singkong dapat membantu Anda menyerap racun yang mengendap di dalam usus untuk dikeluarkan. Singkong juga dapat mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan Anda.

[Baca Juga: 5 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil]

4. Menangani Diare

Singkong juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu proses pembuangan kotoran dalam tubuh. Anda bisa merebus singkong dalam air selama satu jam, kemudian makan singkong yang sudah matang. Hal ini dapat membantu proses pembersihan bakteri yang menyebabkan masalah diare.

5. Meningkatkan Kualitas Penglihatan

Salah satu manfaat singkong yang jarang diketahui orang adalah kesehatan mata. Mengonsumsi umbi singkong dapat membantu tubuh Anda memenuhi mineral dan nutrisi harian. Karena singkong juga mengandung vitamin A, umbi-umbian ini mampu membantu meningkatkan penglihatan, mencegah kebutaan, dan masalah penglihatan di masa tua.

[Baca Juga: Stok Beras Warga Jakarta Aman Hingga Lebaran]

Bukan hanya membuat kenyang, namun singkong memiliki sejuta manfaat. Itulah manfaat singkong untuk kesehatan Anda, selengkapnya bisa dilihat pada Bagian 2.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.