Mengenal 10 Manfaat Singkong untuk Kesehatan

Kesehatan

Mengenal 10 Manfaat Singkong untuk Kesehatan (Bagian 1)

Singkong merupakan umbi-umbian yang jadi bahan makanan utama di Indonesia. Bukan hanya umbinya saja, bahkan daunnya juga turut di konsumsi untuk tumisan maupun sayuran berkuah. Bahkan orang yang sedang menjalankan diet kerap kali mengganti nasi dengan singkong, hal ini dikarenakan singkong mengandung karbohidrat yang mirip dengan nasi.

Bukan hanya karbohidrat saja, singkong juga memiliki kandungan lain yang baik untuk kesehatan, misalnya serat, vitamin A, dan antioksidan. Melansir dari boldsky.com (22/4/2019) inilah manfaat singkong untuk kesehatan.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Singkong kaya akan serat, sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk Anda yang sedang menjalankan diet. Singkong dapat menahan rasa lapar cukup lama dibanding cemilan yang tak sehat. Singkong juga rendah kalori sehingga aman dimakan sebagai camilan diet Anda.

[Baca Juga: Ganti Asupan Nasi dengan Ubi Ungu]

2. Mengurangi Migrain

Singkong memiliki kandungan vitamin B2 dan riboflavin yang bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kepala dan migrain. Mengonsumsi singkong dapat membantu Anda untuk mengurangi serangan migrain. Anda bisa mengonsumsi daun maupun umbi singkong untuk menyembuhkan masalah ini.

3. Meningkatkan Pencernaan

Karena kandungan seratnya cukup banyak, singkong juga dapat membantu fungsi pencernaan. Singkong dapat membantu Anda menyerap racun yang mengendap di dalam usus untuk dikeluarkan. Singkong juga dapat mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan Anda.

[Baca Juga: 5 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil]

4. Menangani Diare

Singkong juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu proses pembuangan kotoran dalam tubuh. Anda bisa merebus singkong dalam air selama satu jam, kemudian makan singkong yang sudah matang. Hal ini dapat membantu proses pembersihan bakteri yang menyebabkan masalah diare.

5. Meningkatkan Kualitas Penglihatan

Salah satu manfaat singkong yang jarang diketahui orang adalah kesehatan mata. Mengonsumsi umbi singkong dapat membantu tubuh Anda memenuhi mineral dan nutrisi harian. Karena singkong juga mengandung vitamin A, umbi-umbian ini mampu membantu meningkatkan penglihatan, mencegah kebutaan, dan masalah penglihatan di masa tua.

[Baca Juga: Stok Beras Warga Jakarta Aman Hingga Lebaran]

Bukan hanya membuat kenyang, namun singkong memiliki sejuta manfaat. Itulah manfaat singkong untuk kesehatan Anda, selengkapnya bisa dilihat pada Bagian 2.

Read More

Artikel Lainnya

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

Kesehatan

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

18 August 2019, 20:00  |  2 Views

Untuk meningkatkan kepedulian serta mendorong wanita untuk melakukan deteksi dini kanker, Kampung Kepo diresmikan.

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

Properti dan Solusi

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

18 August 2019, 19:00  |  3 Views

Biasanya ampas kopi selalu berakhir di tempat sampah, namun ternyata endapan hasil akhir dari minuman lezat ini masih dapat Anda manfaatkan.

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

Bisnis

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

18 August 2019, 18:00  |  6 Views

GoPay menjadi uang elektronik pertama yang dapat menjadi opsi pembayaran biaya kirim barang melalui JNE. Kirim barang pun jadi lebih praktis.

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

Kesehatan

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

18 August 2019, 17:00  |  5 Views

Kader JKN berperan aktif menyukseskan Program JKN-KIS. Selain itu, berbagi informasi dan membawa manfaat kepada masyarakat.


Comments


Please Login to leave a comment.