Mengenal 10 Manfaat Singkong untuk Kesehatan

Kesehatan

Mengenal 10 Manfaat Singkong untuk Kesehatan (Bagian 1)

Singkong merupakan umbi-umbian yang jadi bahan makanan utama di Indonesia. Bukan hanya umbinya saja, bahkan daunnya juga turut di konsumsi untuk tumisan maupun sayuran berkuah. Bahkan orang yang sedang menjalankan diet kerap kali mengganti nasi dengan singkong, hal ini dikarenakan singkong mengandung karbohidrat yang mirip dengan nasi.

Bukan hanya karbohidrat saja, singkong juga memiliki kandungan lain yang baik untuk kesehatan, misalnya serat, vitamin A, dan antioksidan. Melansir dari boldsky.com (22/4/2019) inilah manfaat singkong untuk kesehatan.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Singkong kaya akan serat, sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk Anda yang sedang menjalankan diet. Singkong dapat menahan rasa lapar cukup lama dibanding cemilan yang tak sehat. Singkong juga rendah kalori sehingga aman dimakan sebagai camilan diet Anda.

[Baca Juga: Ganti Asupan Nasi dengan Ubi Ungu]

2. Mengurangi Migrain

Singkong memiliki kandungan vitamin B2 dan riboflavin yang bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kepala dan migrain. Mengonsumsi singkong dapat membantu Anda untuk mengurangi serangan migrain. Anda bisa mengonsumsi daun maupun umbi singkong untuk menyembuhkan masalah ini.

3. Meningkatkan Pencernaan

Karena kandungan seratnya cukup banyak, singkong juga dapat membantu fungsi pencernaan. Singkong dapat membantu Anda menyerap racun yang mengendap di dalam usus untuk dikeluarkan. Singkong juga dapat mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan Anda.

[Baca Juga: 5 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil]

4. Menangani Diare

Singkong juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu proses pembuangan kotoran dalam tubuh. Anda bisa merebus singkong dalam air selama satu jam, kemudian makan singkong yang sudah matang. Hal ini dapat membantu proses pembersihan bakteri yang menyebabkan masalah diare.

5. Meningkatkan Kualitas Penglihatan

Salah satu manfaat singkong yang jarang diketahui orang adalah kesehatan mata. Mengonsumsi umbi singkong dapat membantu tubuh Anda memenuhi mineral dan nutrisi harian. Karena singkong juga mengandung vitamin A, umbi-umbian ini mampu membantu meningkatkan penglihatan, mencegah kebutaan, dan masalah penglihatan di masa tua.

[Baca Juga: Stok Beras Warga Jakarta Aman Hingga Lebaran]

Bukan hanya membuat kenyang, namun singkong memiliki sejuta manfaat. Itulah manfaat singkong untuk kesehatan Anda, selengkapnya bisa dilihat pada Bagian 2.

Read More


Artikel Lainnya

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

Bisnis

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

26 May 2019, 13:00  |  6 Views

Sebagai perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, Home Credit berkomitmen menjadi mitra pembiayaan yang dapat diandalkan bagi mitra bisnis atau konsumen.

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

Berita Kawasan

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

26 May 2019, 14:00  |  5 Views

Prestasi atlet pemandu sorak di ajang Asian Junior Cheerleading Championship menjadi modal menuju Cheerleading Wold Championship.

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

Berita Kawasan

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

26 May 2019, 12:00  |  5 Views

Usai menonton film Ambu garapan Skytree Pictures, Wali Kota Bogor mengaku sempat meneteskan air. Dia pun mengajak ibu dan anak di kawasan Bogor menonton film Ambu.

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

Kesehatan

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

26 May 2019, 15:00  |  5 Views

Menjaga stamina saat Ramadan perlu dilakukan agar segala aktivitas bisa dilakukan tanpa mengurangi intensitas. Khusus untuk pria, ini cara jitu jaga stamina di bulan Ramadan.


Comments


Please Login to leave a comment.