Mengenal Ciri Rumah Tradisional Betawi

Properti dan Solusi

Mengenal 5 Ciri Khas Rumah Tradisional Betawi

Saat ini, bentuk rumah tradisional Betawi sudah sulit ditemukan di Jakarta. Salah satu lokasi yang memungkinkan untuk dapat melihat rumah tradisional yang semakin langka tersebut adalah di Kampung Wisata Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Mengenal Ciri Rumah Tradisional Betawi

Dilihat dari bentuknya, rumah tradisional Betawi memperlihatkan pengaruh arsitektur budaya luar, seperti Eropa, Cina, dan Arab. Hal itu terlihat dari bentuk pintu, jendela, lubang angin, dan ornamen-ornamen lain. Kendati demikian, bentuk arsitektur lokal juga tidak ditinggalkan, salah satunya adalah bentuk rumah panggung. Kalaupun bukan rumah panggung, biasanya lantai rumah dibuat lebih tinggi dari tanah. Berikut beberapa ciri khas lain dari rumah tradisional Betawi:

[Baca Juga: 4 Jenis Arsitektur Tradisional Khas Rumah Betawi]

  1. Di sisi lain, tata ruang rumah Betawi juga mirip dengan rumah modern, yakni memiliki ruang publik, ruang privat, dan area servis. Dalam rumah Betawi, area publik berada di teras depan yang disebut amben, ruang pribadi ada di bagian tengah yang mana di dalamnya terdapat kamar dan disebut pangkeng. Sedangkan ruang servis atau area dapur disebut srondoyan.
  2. Ada pula konstruksi tangga yang diterapkan pada rumah panggung khas Betawi dan dinamakan balaksuji. Namun, saat ini balaksuji sudah jarang digunakan di rumah Betawi bukan model panggung. Ciri khas lain dari rumah Betawi dapat dilihat dari bentuk lisplang yang diberi ornamen gigi balang, yakni papan kayu yang dibentuk dengan ornamen segitiga berjajar.
  3. Bagian depan rumah memiliki teras terbuka yang dikelilingi pagar rendah terbuat dari kayu. Di area ini biasanya pemilik rumah menjamu tamu yang hadir. Dinding bagian depan rumah biasanya dapat dibongkar-pasang (knockdown), sehingga dapat memberikan ruang lebih luas, terutama jika pemilik rumah sedang menyelenggarakan hajatan.
  4. Bagian tengah rumah yang digunakan untuk kamar tidur, ruang makan, dapur, dan kamar mandi, masing-masing dibatasi dinding kayu tertutup dan beberapa jendela untuk ventilasi udara. Umumnya, pintu dan jendela menggunakan bilah-bilah papan yang disebut jalusi atau krepyak. Bagian tersebut berfungsi untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam ruangan.
  5. Rumah Betawi memiliki struktur rangka dari kayu atau bambu, namun seiring perkembangan zaman, rumah Betawi kini banyak dibangun dengan dinding tembok. Demikian pula dengan lantai rumah, dulu hanya beralas tanah, tetapi kemudian berkembang dengan menggunakan plesteran semen maupun lantai keramik.

[Baca Juga: Makna Ornamen Gigi Balang dalam Arsitektur Betawi]

Demikian lima kekhasan rumah tradisional adat Betawi. Rumah semacam ini masih bisa ditemui di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Pernahkan Pointers melihat rumah Betawi yang masih menggunakan lima prinsip di atas? Jika belum, bisa ke Setu Babakan.

Read More

Artikel Lainnya

Pelatihan Mengemudi SIM A di Jaksel Solusi Kurangi Pengangguran

Berita Kawasan

Pelatihan Mengemudi SIM A Kembali Diadakan di Jakarta Selatan

13 November 2019, 21:00  |  8 Views

Pelatihan mengemudi SIM A kembali diadakan di Jakarta Selatan dengan tujuan memberikan keterampilan sehingga mudah mendapatkan pekerjaan.

Tim Indonesia Melaju ke Perempat Final Kompetisi eSport AOV Internasional

Berita Kawasan

Tim Indonesia Melaju ke Perempat Final eSport AOV Internasional

13 November 2019, 20:00  |  8 Views

Perjuangan perwakilan Indonesia pada kompetisi eSport AOV tingkat internasional masih terus berlanjut ke perempat final.

Kampanye #TersisaPercuma, Hanamasa Ajak Konsumen Habiskan Makanan

Kuliner

Kampanye #TersisaPercuma, Hanamasa Ajak Konsumen Habiskan Makanan

13 November 2019, 19:30  |  6 Views

Banyaknya sampah makanan di Indonesia membuat Hanamasa menjalankan kampanye Dari Meja ke Meja agar tak #TersisaPercuma.

PermataBank Wujudkan Ekosistem Guna Majukan Pendidikan

Bisnis

PermataBank Wujudkan Ekosistem Guna Majukan Pendidikan

13 November 2019, 18:00  |  13 Views

Ajang edukasi tahunan ini menjadi platform untuk berbagi dan belajar, menginspirasi dan terinspirasi dalam lingkungan yang menyenangkan serta interaktif.


Comments


Please Login to leave a comment.