Mengenal Ciri Rumah Tradisional Betawi

Properti dan Solusi

Mengenal 5 Ciri Khas Rumah Tradisional Betawi

Saat ini, bentuk rumah tradisional Betawi sudah sulit ditemukan di Jakarta. Salah satu lokasi yang memungkinkan untuk dapat melihat rumah tradisional yang semakin langka tersebut adalah di Kampung Wisata Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Mengenal Ciri Rumah Tradisional Betawi

Dilihat dari bentuknya, rumah tradisional Betawi memperlihatkan pengaruh arsitektur budaya luar, seperti Eropa, Cina, dan Arab. Hal itu terlihat dari bentuk pintu, jendela, lubang angin, dan ornamen-ornamen lain. Kendati demikian, bentuk arsitektur lokal juga tidak ditinggalkan, salah satunya adalah bentuk rumah panggung. Kalaupun bukan rumah panggung, biasanya lantai rumah dibuat lebih tinggi dari tanah. Berikut beberapa ciri khas lain dari rumah tradisional Betawi:

[Baca Juga: 4 Jenis Arsitektur Tradisional Khas Rumah Betawi]

  1. Di sisi lain, tata ruang rumah Betawi juga mirip dengan rumah modern, yakni memiliki ruang publik, ruang privat, dan area servis. Dalam rumah Betawi, area publik berada di teras depan yang disebut amben, ruang pribadi ada di bagian tengah yang mana di dalamnya terdapat kamar dan disebut pangkeng. Sedangkan ruang servis atau area dapur disebut srondoyan.
  2. Ada pula konstruksi tangga yang diterapkan pada rumah panggung khas Betawi dan dinamakan balaksuji. Namun, saat ini balaksuji sudah jarang digunakan di rumah Betawi bukan model panggung. Ciri khas lain dari rumah Betawi dapat dilihat dari bentuk lisplang yang diberi ornamen gigi balang, yakni papan kayu yang dibentuk dengan ornamen segitiga berjajar.
  3. Bagian depan rumah memiliki teras terbuka yang dikelilingi pagar rendah terbuat dari kayu. Di area ini biasanya pemilik rumah menjamu tamu yang hadir. Dinding bagian depan rumah biasanya dapat dibongkar-pasang (knockdown), sehingga dapat memberikan ruang lebih luas, terutama jika pemilik rumah sedang menyelenggarakan hajatan.
  4. Bagian tengah rumah yang digunakan untuk kamar tidur, ruang makan, dapur, dan kamar mandi, masing-masing dibatasi dinding kayu tertutup dan beberapa jendela untuk ventilasi udara. Umumnya, pintu dan jendela menggunakan bilah-bilah papan yang disebut jalusi atau krepyak. Bagian tersebut berfungsi untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam ruangan.
  5. Rumah Betawi memiliki struktur rangka dari kayu atau bambu, namun seiring perkembangan zaman, rumah Betawi kini banyak dibangun dengan dinding tembok. Demikian pula dengan lantai rumah, dulu hanya beralas tanah, tetapi kemudian berkembang dengan menggunakan plesteran semen maupun lantai keramik.

[Baca Juga: Makna Ornamen Gigi Balang dalam Arsitektur Betawi]

Demikian lima kekhasan rumah tradisional adat Betawi. Rumah semacam ini masih bisa ditemui di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Pernahkan Pointers melihat rumah Betawi yang masih menggunakan lima prinsip di atas? Jika belum, bisa ke Setu Babakan.

Read More

Artikel Lainnya

Change.org Bocorkan Kampanye Digital yang Populer Sepanjang 2019

Berita Kawasan

Change.org Bocorkan Kampanye Digital yang Populer Sepanjang 2019

20 January 2020, 18:00

Change.org sebagai platform yang memfasilitasi masyarakat untuk berkampanye secara digital mengalami kenaikan pengguna lebih dari 100 persen pada 2019.

Siap-siap, Amazone Akan Gelar Kompetisi Ultraman Fusion Fight Jakarta

Berita Kawasan

Siap-siap, Amazone Akan Gelar Kompetisi Ultraman Fusion Fight Jakarta

20 January 2020, 17:00

Selama permainan, pemain akan memasukkan dua kartu Ultra Fusion untuk membuat kombinasi orb yang beragam.

Wow, Anak-Anak Ini Asah Kreativitas Membuat Lampion Imlek

Pendidikan

Wow, Anak-Anak Ini Asah Kreativitas Membuat Lampion Imlek

20 January 2020, 16:00

Anak-anak sekolah minggu di salah satu vihara Ibu Kota mengasah kreativitasnya dengan membuat lampion untuk menyambut Imlek 2020.

Ternyata 4 Kebiasaan ini Bikin Badan Bungkuk

Kesehatan

Ternyata 4 Kebiasaan ini Bikin Badan Bungkuk

20 January 2020, 15:00

Bungkuk dapat menyebabkan tekanan berlebih pada tulang belakang sehingga menyebabkan rasa sakit dan bahkan kesulitan bernafas akibat paru-paru yang tertekan ke bawah.


Comments


Please Login to leave a comment.