Mengenal Ragam Tipe Belanja  (4).jpg

Kecantikan dan Fashion

Mengenal 5 Ragam Tipe Belanja

Ketika berada di mal, Anda melihat orang-orang membeli barang yang beraneka ragam. Alasan mereka membeli barang tersebut berbeda-beda. Ada yang memang benar-benar membutuhkan, ada pula yang merogoh kocek untuk barang yang tak diperlukan karena ‘lapar mata’.

Di tengah pandemi COVID-19, aktivitas belanja ini mungkin sudah dirindukan oleh banyak orang. Sebab tak dipungkiri, berbelanja memberikan rasa bahagia tersendiri bagi para pelakunya.

Kabar baik bagi yang merindukan berbelanja di mal, lampu hijau untuk melakukan hal tersebut sudah menyala dengan dibukanya 80 mal di Jakarta sejak Senin (15/6/2020). Hal ini dikonfimasi oleh Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat. “Baru start dengan 50 persen. Sedangkan jam buka [mal] saat awal dari jam 11.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB,” kata Ellen, seperti dikutip dari kompas.com (16/6/2020).

Sebelum kembali memutuskan jalan-jalan sekaligus berbelanja di mal, coba kenali tipe belanja Anda. Dilansir dari Daily Mail (16/6/2020), memahami tipe belanja dapat membantu Anda membuat keputusan, terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

Berikut tipe gaya belanja yang dipaparkan oleh Personal Stylist Inggris Susie Hasler:

1) The Social Shopper

Mengenal Ragam Tipe Belanja  (3).jpg

Seseorang yang termasuk social shopper tidak memiliki tujuan akhir ketika membeli barang. Ia cenderung berbelanja hanya karena ingin menikmati momen bersama teman dan berinteraksi dengan mereka. Orang yang memiliki tipe ini biasanya sering mampir di kafe atau tempat makan hanya untuk mengobrol dengan teman.

Positifnya, social shopper dapat memanfaatkan kegiatan berbelanja sebagai momen mengakrabkan diri dengan orang lain. Namun, kata Hasler, ia perlu berhati-hati karena bisa saja memiliki kesalahan saat berbelanja lantaran terpengaruh oleh opini orang lain.

[Baca Juga: 4 Lip Gloss Bening Drugstore yang Patut Dicoba]

2) The Therapy Shopper

Mengenal Ragam Tipe Belanja  (5).jpg

Therapy shopper cenderung berbelanja untuk memberikan penghargaan terhadap rasa sedih atau senang yang dihadapinya. Menurut Hasler, orang-orang dengan tipe gaya belanja ini bisa bangkit kembali dari rasa terpuruk akibat masalah yang dialami.

Akan tetapi, kata Husler, tidak baik juga bila belanja selalu menjadi obat untuk rasa sedih atau apresiasi diri saat bergembira. “Bukan cara yang sehat jika berbelanja untuk menutupi emosi,” ujarnya. Oleh karena itu, therapy shopper perlu memiliki kontrol diri yang kuat.

3) The Giver

Mengenal Ragam Tipe Belanja  (1).jpg

Bila Anda sering sekali membeli hadiah untuk orang lain tetapi jarang berbelanja untuk diri sendiri, bisa jadi Anda memiliki tipe belanja the giver. Hasler mengungkapkan, tipikal the giver merasa senang mencari hadiah terbaik untuk orang-orang yang mereka cintai.

Sebenarnya, sisi baiknya adalah membuat penerima hadiah senang. Namun, kata Hasler, penting juga berlaku sama terhadap diri sendiri. The giver perlu mencari tahu alasan mengapa merasa tidak layak membeli kebutuhan atau hadiah yang sempurna untuk diri sendiri.

[Baca Juga: Patung Madame Tussauds Catriona Gray Gunakan Bulu Mata Artisan]

4) The Bargain Hunter

Mengenal Ragam Tipe Belanja  (2).jpg

Bargain Hunter diidentikan sebagai pemburu diskon. Mereka kerap kali enggan membeli barang bila harganya normal. Hasler menuturkan bargain hunter beruntung karena bisa menabung lebih banyak uang dengan cara seperti ini. Akan tetapi, mereka perlu waspada terhadap barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan tapi pada akhirnya dibeli karena iming-iming diskon.

5) The Informed Shopper

Tipikal informed shopper, tutur Hasler, memiliki target belanja yang jelas. Mereka terbiasa membuat daftar belanja yang dibutuhkan. Tipikal ini bisa mengatur keuangan dalam jangka panjang dan berbelanja dengan cara yang sehat.

Itulah tipe belanja menurut Hasler. Setelah membacanya, Anda termasuk tipe yang mana? Apakah Anda merasa punya lebih dari satu tipe?


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.