Mengenal Alat Perlindungan Diri untuk Tenaga Medis yang Kini Langka

Kesehatan

Mengenal Alat Perlindungan Diri untuk Tenaga Medis yang Kini Langka

Alat Pelindung Diri (APD) merupakan alat pelindung yang jadi kebutuhan utama dokter dan tenaga medis ketika menangani pasien yang positif COVID-19. Perlindungan diri dibutuhkan agar para tenaga medis yang bersentuhan dan mengurus keperluan pasien hingga sembuh tak tertular Virus Corona jenis baru yakni SARS-CoV-2 asal Wuhan, China.

Maka dari itu, kini APD jadi alat paling dibutuhkan tenaga medis saat menangani pasien. Beberapa APD harus langsung dibuang usai dilepas atau digunakan atau bisa dibilang APD merupakan alat sekali pakai, sehingga kebutuhannya sangat amat banyak tiap harinya. Mengingat jumlah pasien COVID-19 semakin membludak, kebutuhan APD pun ikut meningkat.

[Baca Juga: Tenaga Medis Terpapar COVID-19, Pemerintah Diminta Siapkan APD]

Sayangnya, APD yang harusnya digunakan tenaga kesehatan justru langka dan jumlahnya sangat terbatas dikarenakan diserbu oleh masyarakat. Padahal untuk menangani pasien COVID-19, tenaga kesehatan harus dilindungi oleh alat yang sudah terstandarisasi.

Mengenal Alat Perlindungan Diri untuk Tenaga Medis yang Kini Langka Kacamata Googles

1) Kacamata Googles

Para tenaga kerja yang menangani pasien COVID-19 diwajibkan menggunakan kacamata pelindung googles atau bisa juga face shield agar dapat melindungi mata dari cipratan virus, debu, atau benda asing lainnya. Tak seperti APD lain, kacamata perlindungan bisa digunakan berkali-kali.

Pertamina Lubricants Sumbang APD untuk Tenaga Medis Covid-19 Hazmat Suit

2) Hazmat Suit

Jika Anda melihat potret tenaga kesehatan berpakaian layaknya astronot, baju yang melindungi tubuhnya dari kepala hingga kaki tersebut dinamakan Hazmat atau Hazardous Materials atau Pakaian dekontaminasi. Pakaian ini digunakan untuk melindungi tubuh para tenaga medis dari lingkungan yang beracun atau virus, mengingat virus Corona menyebar dari droplet atau tetesan. Baju ini sangat penting melindungi tubuh agar tak langsung mengenai pakaian.

Mengenal Alat Perlindungan Diri untuk Tenaga Medis yang Kini Langka Sarung Tangan Medis

3) Sarung Tangan Medis

Sarung tangan juga merupakan salah satu barang yang ikut-ikutan langka. Padahal sarung tangan lateks ini berfungsi melindungi tenaga medis dari cairan kimia, bakteri, radiasi, dan lainnya agar tak terkena langsung ke tangan. Sarung tangan merupakan salah satu APD sekali pakai.

Ini Mitos Seputar Virus Corona yang Penting Anda Ketahui

4) Respirator atau Masker N95 & Surgical Mask

Masker merupakan barang yang paling mahal, para pedagang memanfaatkan keadaan dengan menjual masker dengan harga tinggi. Padahal tenaga kesehatan lebih membutuhkan kedua jenis masker ini, sebagai alat pelindung organ pernafasan. Masker berfungsi untuk menyaring zat berbahaya seperti virus, bakteri, debu, dan lainnya. Umumnya masker yang digunakan adalah masker N95 yang mampu menyaring 95 persen partikel di udara ataupun surgical mask yang mamu menyaring 80 persen partikel.

[Baca Juga: Hore! Pesawat Pengangkut Alkes Asal Tiongkok Telah Tiba]

Itulah beberapa APD yang sudah mulai langka, bahkan beberapa rumah sakit di Indonesia mulai kehabisan stok. Lebih bijak menggunakan produk untuk melindungi diri dan dahulukan orang yang lebih membutuhkan.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.