Mengenal Alat Perlindungan Diri untuk Tenaga Medis yang Kini Langka

Kesehatan

Mengenal Alat Perlindungan Diri untuk Tenaga Medis yang Kini Langka

Alat Pelindung Diri (APD) merupakan alat pelindung yang jadi kebutuhan utama dokter dan tenaga medis ketika menangani pasien yang positif COVID-19. Perlindungan diri dibutuhkan agar para tenaga medis yang bersentuhan dan mengurus keperluan pasien hingga sembuh tak tertular Virus Corona jenis baru yakni SARS-CoV-2 asal Wuhan, China.

Maka dari itu, kini APD jadi alat paling dibutuhkan tenaga medis saat menangani pasien. Beberapa APD harus langsung dibuang usai dilepas atau digunakan atau bisa dibilang APD merupakan alat sekali pakai, sehingga kebutuhannya sangat amat banyak tiap harinya. Mengingat jumlah pasien COVID-19 semakin membludak, kebutuhan APD pun ikut meningkat.

[Baca Juga: Tenaga Medis Terpapar COVID-19, Pemerintah Diminta Siapkan APD]

Sayangnya, APD yang harusnya digunakan tenaga kesehatan justru langka dan jumlahnya sangat terbatas dikarenakan diserbu oleh masyarakat. Padahal untuk menangani pasien COVID-19, tenaga kesehatan harus dilindungi oleh alat yang sudah terstandarisasi.

Mengenal Alat Perlindungan Diri untuk Tenaga Medis yang Kini Langka Kacamata Googles

1) Kacamata Googles

Para tenaga kerja yang menangani pasien COVID-19 diwajibkan menggunakan kacamata pelindung googles atau bisa juga face shield agar dapat melindungi mata dari cipratan virus, debu, atau benda asing lainnya. Tak seperti APD lain, kacamata perlindungan bisa digunakan berkali-kali.

Pertamina Lubricants Sumbang APD untuk Tenaga Medis Covid-19 Hazmat Suit

2) Hazmat Suit

Jika Anda melihat potret tenaga kesehatan berpakaian layaknya astronot, baju yang melindungi tubuhnya dari kepala hingga kaki tersebut dinamakan Hazmat atau Hazardous Materials atau Pakaian dekontaminasi. Pakaian ini digunakan untuk melindungi tubuh para tenaga medis dari lingkungan yang beracun atau virus, mengingat virus Corona menyebar dari droplet atau tetesan. Baju ini sangat penting melindungi tubuh agar tak langsung mengenai pakaian.

Mengenal Alat Perlindungan Diri untuk Tenaga Medis yang Kini Langka Sarung Tangan Medis

3) Sarung Tangan Medis

Sarung tangan juga merupakan salah satu barang yang ikut-ikutan langka. Padahal sarung tangan lateks ini berfungsi melindungi tenaga medis dari cairan kimia, bakteri, radiasi, dan lainnya agar tak terkena langsung ke tangan. Sarung tangan merupakan salah satu APD sekali pakai.

Ini Mitos Seputar Virus Corona yang Penting Anda Ketahui

4) Respirator atau Masker N95 & Surgical Mask

Masker merupakan barang yang paling mahal, para pedagang memanfaatkan keadaan dengan menjual masker dengan harga tinggi. Padahal tenaga kesehatan lebih membutuhkan kedua jenis masker ini, sebagai alat pelindung organ pernafasan. Masker berfungsi untuk menyaring zat berbahaya seperti virus, bakteri, debu, dan lainnya. Umumnya masker yang digunakan adalah masker N95 yang mampu menyaring 95 persen partikel di udara ataupun surgical mask yang mamu menyaring 80 persen partikel.

[Baca Juga: Hore! Pesawat Pengangkut Alkes Asal Tiongkok Telah Tiba]

Itulah beberapa APD yang sudah mulai langka, bahkan beberapa rumah sakit di Indonesia mulai kehabisan stok. Lebih bijak menggunakan produk untuk melindungi diri dan dahulukan orang yang lebih membutuhkan.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.