Mengenal Angkie Yudistia, Sosok Difabilitas yang Diangkat Jadi Staf Khusus Presiden

Berita Kawasan

Mengenal Angkie Yudistia, Teman Tuli yang Jadi Staf Khusus Presiden

Tidak ada yang menyangka bahwa seorang disabilitas mampu menduduki jabatan di pemerintahan. Angkie Yudistia seorang teman tuli kini diangkat menjadi staf khusus dan juru bicara bidang sosial Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden Jokowi telah mengumumkan daftar staf khusus di Istana Merdeka pada 21 November 2019. Dari tujuh anak muda yang terpilih, salah satunya adalah perempuan sociopreneur dengan keterbatasan ini.

Sejak usia 10 tahun, perempuan kelahiran Medan ini sudah mengalami gangguan pendengaran yang disebabkan konsumsi obat-obatan antibiotik saat menderita Malaria. Dengan keterbatasannya tersebut, hinaan datang dari teman-temannya membuatnya terguncang. Namun ia bangkit dan tetap bersemangat menempuh pendidikan hingga mencapai tingkat pendidikan S2 dengan predikat cumlaude. Walau dengan keterbatasannya yang tidak bisa mendengar, ia mampu menjadi seorang perempuan inspiratif bagi siapa pun tak terkecuali bagi para penyandang disabilitas.

Mengenal Angkie Yudistia, Sosok Difabilitas yang Diangkat Jadi Staf Khusus Presiden

Angkie remaja sempat merasa minder dengan keterbatasannya, tapi dukungan sang ibu menguatkannya sehingga menjadi sosok Angkie yang lebih percaya diri dan berani mengambil beberapa peluang untuk menjadi seorang sosok teman tuli yang sukses. Seperti dilansir laman cnnindonesia.com (22/11/2019) Angkie berhasil menerbitkan buku-buku inspiratif di antaranya, berjudul Perempuan Tuna Rungu Menembus Batas dan Setinggi Langit.

Kedua buku tersebut menyuarakan hak-hak kelompok disabilitas. Selain kemampuannya dalam menulis, Angkie aktif terlibat di berbagai kegiatan sosial dan Yayasan Tuna Rungu Sehijra sejak 2009. Angkie menyadari, kelompok disabilitas harus mendapatkan kesamaan hak dengan warga lain. Dan ini didapat harus dengan diperjuangkan.

[Baca Juga: ThisAble Enterprise Berdayakan Ekonomi Disabilitas Dengan Pelatihan]

Hidup dengan keterbatasan yang ia miliki sebagai seorang teman tuli membuatnya sulit untuk mendapatkan pekerjaan sebagai seorang karyawan kantoran, berkali-kali ia ditolak perusahaan. Berdasarkan pengalamannya itulah, Angkie lalu bergegas bangkit dengan mendirikan sebuah social enterprise yang diberi nama Thisable Enterprise. Thisable Enteprise ini memiliki misi untuk memberdayakan penyandang disabilitas di Indonesia agar dapat masuk ke dalam dunia kerja. Ia menginginkan agar para disabilitas dapat mengembangkan potensi yang dimiliki mereka.

Mengenal Angkie Yudistia, Sosok Difabilitas yang Diangkat Jadi Staf Khusus Presiden

Mengutip kalimat inspirasi Angkie Yudistia dalam akun instagramnya yang diunggah 21 November 2019, "Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih banyak untuk Bapak Presiden Republik Indonesia @jokowi atas kesempatannya memberikan ruang kepada perempuan disabilitas untuk menjadi bagian Staff Khusus Presiden (+ Jubir Presiden bidang sosial)."

[Baca Juga: Roadshow Festival Vokasi Teman Disabilitas Berakhir di Jakarta]

Angkie menambahkan, "Selama ini @thisable.id selalu berusaha membantu Negara dalam aspek pengembangan SDM penyandang disabilitas. Dengan kesempatan hari ini, dengan sepenuh hati saya membantu Bapak Presiden menuju Indonesia inklusif tentunya lebih ramah disabilitas."

"Sekali lagi terima kasih banyak atas respon baik dan positif-nya. Mohon dukungannya selalu sehingga amanah ini dapat dijalankan dengan baik," tutup Angkie menutup unggahannya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.